Cara Buat Akun Email Gratis Dan Ulasan Layanan Gratisnya

Diposting pada

Email merupakan salah satu alat komunikasi paling populer. Nah, ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuat akun email. Apalagi kalau bukan tentang tata cara buat email gratis, hal lainnya adalah kemudahan dalam mengaksesnya, bisa secara mobile via aplikasi pada smartphone, dan juga via web browser tentunya, keamanan juga menjadi faktor paling utama harus dipertimbangan. 

Tidak hanya berguna untuk urusan komunikasi, email adalah alat yang ampuh untuk tujuan pemasaran juga. Pada artikel kali ini, kita akan membahas semua hal yang perlu kamu tahu tentang email dari A-Z.

Pengertian email.

Secara umum, ada dua jenis layanan email. Yang pertama adalah webmail, dengan Yahoo! dan Gmail sebagai dua pemain utama.

Yang kedua adalah klien email, yang dipopulerkan oleh Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird. Mari kita lihat perbedaan antara keduanya.

Email web.

Webmail adalah sistem email online yang memungkinkan pengguna membuat akun email gratis. Ini memungkinkan pengguna untuk mengirim email dan mengelola buku alamat mereka. Selama kamu memiliki koneksi internet, kamu dapat mengakses akun lewat perangkat dan browser apa pun.

Email jenis ini sangat ideal untuk pengguna umum atau perusahaan kecil, mengingat sebagian besar layanan webmail tersedia secara gratis. Kendati demikian, beberapa provider mungkin menampilkan iklan sebagai kompensasi.

Kelemahan webmail gratis terletak pada penyimpanannya yang terbatas. Ini akan membuat kamu tidak bebas dalam mengirim file berukuran besar. Selain itu, kamu perlu berhati-hati dengan data simpananmu. Setelah terhapus dari sistem, tidak ada aplikasi yang dapat membantumu mengambilnya lagi.

Klien email.

Klien email adalah perangkat lunak pada komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengelola email mereka. Kamu dapat menyiapkan domain email baru atau menautkan akun yang ada melalui alamat POP3 atau IMAP.

Meskipun mendukung pengiriman file yang lebih besar, konfigurasi klien email mungkin tidak ramah bagi pemula. Melakukan perbaruan terhadap perangkat lunaknya pun tidak secepat webmail. Selain itu, kamu juga masih berisiko kehilangan sebagian data  jika ada masalah dengan perangkat keras atau sistem Anda. Bedanya, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu mengambil data yang hilang. Yang paling menonjol adalah Ontrack.

Penyedia Email gratis.

Kali ini kami akan membahas beberapa penyedia webmail gratis yang paling aman dan reliable. Berikut ini adalah beberapa contoh-contohnya:

Email gratis Gmail.

Gmail tidak diragukan lagi sebagai salah satu penyedia email gratis terbaik. Penyedia jasa email Ini menawarkan penyimpanan gratis 15GB dan user interface yang fleksibel. Sehingga pengguna dapat memilih antara interface konvensional maupun yang menggunakan AJAX.

Karena layanan ini berasal dari Google, kamu dapat mengintegrasikan email dengan berbagai layanan lainnya seperti Google Hangout (obrolan dan video call), Google Suite (berbagi file lanjutan), dan Google Kalender.

Gmail juga akan menjadi pilihan yang tepat bagi YouTuber. Email ini memungkinkan kamu untuk mengakses dan mengelola akun Youtube dengan mudah. Selain itu, Gmail memiliki fitur filter yang hebat. Fitur ini dapat mengelompokkan email berdasarkan kriteria seperti kata-kata dan jenis folder.

Email gratis Outlook.

Outlook yang berasal dari Microsoft merupakan versi Hotmail yang baru. Email yang satu ini telah mendapatkan lonjakan pengikut signifikan akhir-akhir ini. Outlook bahkan berhasil melompat dari posisi ke-5 ke posisi ke-3 di pangsa pasar. Salah satu alasannya mungkin karena berbagai fitur tambahannya.

Dengan outlook, kamu dapat menggunakan add-in Evernote untuk mengonversi email Anda menjadi file buku catatan. Kamu juga dapat melakukan recovery email yang telah terhapus dengan add-in Pemulihan Email.

Sayangnya, penempatan iklan pada outlook kadang terlalu banyak memakan ruang. Kamu dapat menghindari hal ini dengan membayar kurang lebih 300 ribu rupiah untuk mendapatkan interface yang bebas iklan.

Email gratis Protonmail.

Penyedia email gratis sering memindai email untuk menemukan kata kunci yang relevan bagi penempatan iklan. ProtonMail tidak melakukan hal ini.

Kamu dapat mengenkripsi email terlebih dahulu sebelum mengirimnya. Bahkan jika penerima juga merupakan akun ProtonMail, enkripsi akan berlaku secara otomatis.

Penerima akan menerima email terenkripsi melalui tautan yang dilindungi kata sandi. Setiap email terenkripsi akan secara otomatis kadaluarsa setelah 28 hari, atau lebih cepat, tergantung pada pengaturan yang kamu buat.

ProtonMail merupakan pilihan terbaik dalam hal perlindungan privasi. Meskipun paket gratis hanya menawarkan penyimpanan gratis 500MB, kamu dapat melakukan upgrade premium untuk mendapatkan lebih banyak ruang. Biayanya berkisar antara 40 ribu hingga 50 ribu per bulan.

Email gratis Mail.com.

Layanan email gratis ini dapat mengelola email sama seperti yang dilakukan penyedia lainnya. Perbedaan utamanya adalah fakta bahwa email ini menyediakan opsi untuk menggunakan nama domain khusus dan karenanya membuat email bisnis gratis.

Sebagai ganti [email protected], kamu dapat menggunakan [email protected] atau [email protected] Faktanya, ada 200 opsi gratis untuk Anda pilih.

Fitur ini berguna bagi siapa saja yang ingin memiliki nama domain yang lebih spesifik. Sayangnya, mail.com hanya menawarkan penyimpanan gratis 2GB.

Sayang sekali untuk Indonesia tidak bisa melakukan pendaftaran email pada penyedia layanan email mail.com ini, karena untuk pengguna layanannya dibatasi hanya untuk negara-negara tertentu saja, seperti:

Germany:GMX.NET
Austria:GMX.AT
Switzerland:GMX.CH

Email gratis Yahoo Mail.

Yahoo Mail mungkin menjadi yang kedua setelah Gmail dalam hal popularitas. Tapi, Yahoo sebenarnya jauh lebih unggul dalam hal alokasi penyimpanan gratis (1TB). Fitur inilah yang membuat Gmail tampak kecil dengan hanya 15GB.

Mendaftar juga berarti kamu dapat mengakses layanan yang berhubungan dengan Yahoo seperti berita dan kalender.

Selain itu, Yahoo! Mail menawarkan fitur pencarian untuk memfilter tidak hanya email tetapi juga lampiran. Jika kamu sering menggunakan email untuk mengirim file, Yahoo! Mail adalah pilihan terbaik. Namun, pastikan setiap email tidak boleh lebih besar dari 25MB.

Email gratis Yandex.

Yandex merupakan raksasa teknologi asal Rusia. Karena itu, kamu dapat mengharapkan fitur-fitur hebat keluar dari layanan emailnya.

Dengan Yandex kamu akan mendapatkan penyimpanan tak terbatas yaitu 10GB secara default, tetapi sistem akan menambah 1GB lagi setiap kali penyimpanan kamu kurang dari 200MB.

Setiap email tidak boleh lebih dari 30MB. Namun, jika melebihi batas, Yandex akan mengupload file Anda ke penyimpanan cloud, tempat penerima dapat mendownload lampiran tersebut.

Fitur built-in bebas spam yang disebut Dr. Web, menyaring dan menghapus email yang tidak perlu.

Anda juga dapat menyesuaikan email kamu dengan tema dan kartu elektronik gratis.

Jika Anda sedang mencari cara untuk membuat email kamu lebih mengesankan, gunakan template header email yang dirancang secara profesional untuk membantu konten Anda menonjol. Sesuaikan template agar sesuai dengan merek dan gayamu, dan saksikan bagaimana email kamu akan mulai menghasilkan lebih banyak pembukaan dan klik. Selain itu, kamu juga tidak akan menemukan iklan pada Yandex.

Kekurangan Masing-Masing Penyedia Email.

Tentu saja masing-masing layanan penyedia email memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Berikut ini adalah kekurangan masing masing:

  • Kekurangan email gratis Gmail – tempat penyimpanan yang terbatas kecuali kamu berlangganan secara premium.
  • Kekurangan email gratis Outlook – kamu akan mendapatkan banyak iklan jika menggunakan servisnya secara gratis.
  • Kekurangan email gratis Protonmail – tempat penyimpanan yang sangat minim, hanya 500MB saja untuk versi gratisnya.
  • Kekurangan email gratis Mail.com – storage hanya mencapai 2 GB saja, sangat minim untuk sebuah email bisnis, bukan hanya itu mail.com penggunaannya terbatas hanya untuk negara-negera tertentu saja, pada saat melakukan pendaftaran akan mendeteksi IP yang digunakan, apabila diluar dari negara-negara yang ditentukan tidak bisa menggunakan email gratis dari mail.com ini.
  • Kekurangan email gratis Yahoo Mail – menayangkan banyak iklan dengan penempatan yang mungkin mengganggu.
  • Kekurangan email gratis Yandex – hampir tidak ada kekurangan dalam layanan penyedia email ini.

Kelebihan masing-masing layanan penyedia email.

Selain membahas kekurangan, kali ini kita juga akan membahas kelebihan dari penyedia email di atas.

Kelebihan layanan email gratis Gmail.

  • Gmail memberikan notifikasi yang membantu kamu untuk menindaklanjuti dan menanggapi pesan.
  • Kamu dapat melihat lampiran, menunda pesan, dan membuka lampiran tanpa membuka email.
  • Kamu dapat bergabung dengan chat atau video call Hangouts Meet dengan orang lain dari kotak masuk Anda.
  • Gmail memblokir email phishing secara otomatis
  • Dengan satu akun Gmail terhubung dengan seluruh layanan Google

Kelebihan layanan email gratis Outlook.

  • Email ini menawarkan keamanan tingkat perusahaan.
  • Outlook memiliki kalender bawaan yang memungkinkan kamu menjadwalkan dan mengelola rapat atau acara.
  • Kamu dapat melihat informasi tentang kontak saat mengarahkan kursor ke namanya.
  • Email ini memberikan cara mudah untuk menemukan orang, dan pesan, dokumen dalam email.

Kelebihan layanan email gratis Protonmail.

  • Tidak ada informasi pribadi yang diperlukan untuk membuat akun email.
  • Kamu dapat mengakses proton pada perangkat apa pun tanpa menginstal perangkat lunak.
  • Mengirim dan menerima email aman dengan enkripsi ujung ke ujung.
  • ProtonMail optimal dalam membantu kamu mengatur pembacaan dengan lebih baik, serta mengirim email.

Kelebihan layanan email gratis Mail.com.

  • Email ini menyediakan penyimpanan email tak terbatas.
  • Mail.com memiliki alat antivirus yang melindungi email kamu dari virus.
  • Email ini memberikan cara yang nyaman untuk mengakses Mail kamu melalui smartphone.

Kelebihan layanan email gratis Yahoo Mail.

  • Yahoo Mail memungkinkanmu menyesuaikan kotak masuk dengan memilih tema.
  • Pengguna dapat mencari email dengan kata kunci, tanggal, atau kontak.
  • Email Ini menawarkanmu untuk menggunakan GIF animasi agar dapat menunjukkan perasaan.
  • Aplikasi seluler Yahoo Mail memudahkanmu untuk mengelola email saat bepergian.
  • Dengan satu akun email yahoo mail bisa terhubung dengan beberapa akun email di layanan lain seperti Gmail, Outlook dan lain-lain

Kelebihan layanan email gratis Yandex.

  • Email ini memungkinkan kamu untuk menempatkan pesan pada timer sehingga dapat menulisnya terlebih dahulu dan mengirimkannya pada waktu yang tepat.
  • Yandex memeriksa semua Mail dari virus dan menyimpan pesan mencurigakan ke dalam folder spam.
  • Melindungi dari spam dan penipuan.
  • Email ini memungkinkanmu untuk mengakses semua layanan Yandex dengan satu akun.
  • Mail Yandex juga bisa terhubung dengan akun email lainnya seperti Gmail dan Outlook, seperti halnya Yahoo mail setelah disingkronasi maka email yang masuk ke akun Gmail atau Outlook akan diteruskan ke mail Yandex, jadi buka email Gmail atau Outlook cukup dengan satu Akun Yandex.

Panduan Dan Tata Cara Membuat Email.

Sekarang, mari kita pelajari bersama tentang bagaimana membuat email pada masing-masing layanan.

Sebelumnya baca: Cara buat akun Gmail tanpa nomor HP.

Cara buat email di Gmail dari Google.

Silahkan ikuti tutorial cara buat email Gmail ini sambil mempraktekannya secara langsung silahkan kunjungi link ini, mohon maaf pada tutorial tidak menyertakan gambarnya.

  1. Kunjungi halaman pembuatan email google
  2. Masukkan nama kamu
  3. Selanjutnya, isi dengan username yang kamu inginkan.
  4. Masukkan password email yang sulit ditebak.
  5. Untuk keamanan kamu dapat mengaktifkan autentikasi khusus untuk akun Gmail Anda.
  6. Selanjutnya, pilih Next.
  7. Secara opsional, kamu dapat memasukkan nomor ponsel maupun alamat email alternatif untuk verifikasi dan otorisasi akun. Google menggunakan informasi ini untuk memungkinkanmu memulihkan kata sandi yang hilang.
  8. Masukkan tanggal lahir dan jenis kelaminmu (semua bidang wajib diisi).
  9. Baca term of service-nya dan klik setujui. Email kamu sudah selesai dibuat!

Cara buat email di Outlook.

  1. Buka browser web, masuk ke layar pendaftaran Outlook.com, dan pilih Buat akun gratis.
  2. Pilih panah tarik-turun di ujung kanan bidang nama pengguna untuk mengubah domain dari default outlook.com menjadi hotmail.com. Lakukan ini jika kamu lebih suka alamat Hotmail. Kemudian pilih Next.
  3. Masukkan kata sandi, lalu pilih Berikutnya.
  4. Masukkan nama depan dan belakang di kolom yang tersedia, lalu pilih Berikutnya.
  5. Pilih Negara dan wilayah kamu, masukkan Tanggal Lahirmu, lalu pilih Berikutnya.
  6. Masukkan karakter dari gambar CAPTCHA, lalu pilih Berikutnya.
  7. Outlook akan menyiapkan akun dan menampilkan layar selamat datang.
  8. Kamu sekarang dapat membuka akun Outlook.com baru di web atau menyiapkannya untuk akses di program email di komputer dan perangkat seluler.

Cara buat email di Protonmail.

  1. Buka browser web dan buka halaman pendaftaran ProtonMail.
  2. Pilih Daftar> Gratis> Pilih Paket Gratis. Atau, pilih paket akun ProtonMail premium untuk mendapatkan lebih banyak penyimpanan, filter, dan fitur lainnya, dan untuk mendukung pengembangan ProtonMail.
  3. Di layar Buat Akun, buka bagian Nama pengguna dan domain, lalu masukkan nama pengguna yang ingin kamu gunakan untuk alamat email ProtonMail.
  4. Pada bagian Kata Sandi, masukkan kata sandi yang ingin kamu gunakan dan ketik ulang untuk mengkonfirmasi. Ini adalah kata sandi yang akan kamu gunakan untuk masuk ke akun ProtonMail Anda.
  5. Secara opsional, di bagian Email pemulihan (opsional), masukkan salah satu alamat email alternatif. Jika kamu memerlukan bantuan untuk mengingat nama akun atau kata sandi, ini adalah alamat di mana ProtonMail akan menghubungi.
  6. Pilih Buat Akun.

Cara buat email di Mail.com.

Seperti disebutkan diatas bahwa mail.com tidak atau belum bisa digunakan untuk di Indonesia, silahkan untuk membuat email di mail.com kunjungi situs resminya mail.com.

  1. Klik pada Tombol Daftar Gratis
  2. Masukkan semua bidang wajib (Nama Depan, Nama Belakang, Jenis Kelamin, dll.)
  3. Ketik Alamat Email yang kamu inginkan dari 200 domain yang tersedia.
  4. Pilih Kata Sandi yang aman (minimal 8 karakter, campuran huruf, angka, huruf kecil dan besar, dan menggunakan karakter khusus)
  5. Pilih Pertanyaan Keamanan dan ketik Jawaban kamu
  6. Verifikasi pendaftaran dengan mengetikkan angka di gambar captcha
  7. Klik “Terima” – Tombol di bawahnya

Cara buat email di Yahoo Mail.

  1. Kunjungi halaman Daftar Yahoo.
  2. Isi formulir dengan nama depan dan belakang, nama pengguna yang ingin kamu gunakan untuk alamat email Yahoo baru, kata sandi, nomor telepon, tanggal lahir, dan jenis kelamin.
  3. Klik Lanjutkan.
  4. Pilih Kirimi saya Kunci Akun atau Telepon saya dengan kode verifikasi untuk mengonfirmasi bahwa kamu pemilik telepon yang terkait dengan nomor telepon itu.
  5. Masukkan kunci untuk memverifikasi bahwa kamu memiliki akses ke telepon itu, lalu pilih Verifikasi.
  6. Pilih lanjutkan
  7. Kamu akan diarahkan ke beranda Yahoo. Untuk mengakses Yahoo Mail, pilih Mail (terletak di sudut kanan atas halaman), atau buka mail.yahoo.com.

Cara buat email di Yandex.

  1. Buka halaman registrasi.
  2. Masukkan nama depan dan nama belakang.
  3. Buat atau pilih nama pengguna unik, yang akan kamu gunakan untuk masuk ke Mail dan layanan Yandex lainnya.
  4. Buat dan ingat kata sandi untuk mengakses akun kamu. Kata sandi harus aman untuk mencegah pengguna jahat mengakses data pribadi.
  5. Berikan nomor ponsel. Kamu dapat menggunakan nomor ini untuk memulihkan kata sandi dan mendapatkan pemberitahuan, serta nama pengguna alternatif. Ini dapat dilakukan lewat halaman Nomor ponsel. Jika kamu tidak ingin memasukkan nomor telepon, klik Saya tidak memiliki telepon, pilih pertanyaan keamanan dan masukkan jawaban Anda. Detail ini diperlukan untuk pemulihan kata sandi.
  6. Masukkan karakter yang kamu lihat pada gambar (ini untuk melindungi dari pendaftaran otomatis).
  7. Pastikan kamu memilih kotak centang untuk mengonfirmasi bahwa kamu menerima persyaratan Perjanjian Pengguna dan mengizinkan data pribadi untuk diproses.
  8. Klik Daftar.

Akhir kata.

Ini adalah daftar lengkap tata cara buat email gratis. Semoga dapat membantu kamu menentukan pilihan layanan penyedia email yang cocok dengan kebutuhanmu.

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *