Apa Itu User Journey? Dan Alasan Penting Menggunakannya

Diposting pada

Memiliki sebuah produk sendiri merupakan salah satu pencapaian yang diimpikan bagi sebagian orang. Berbagai jenis produk bisa Anda buat sendiri sesuai keinginan Anda. Namun dalam pembuatannya diperlukan adanya user journey untuk memudahkan Anda. mungkin masih sedikit orang yang mengetahui apa itu user journey.

Apa itu User Journey?

User Journey singkatnya adalah proses langkah-langkah untuk memudahkan pengguna suatu produk. Untuk memahami lebih lengkap silahkan baca ulasan selengkapnya berikut!

apa itu user journey

Pengertian user journey

User journey adalah kumpulan dari langkah-langkah. Langkah yang dimaksudkan ini berfungsi untuk menggambar skenario yang memungkinkan bagaimana pengguna dapat berinteraksi dengan produk yang Anda miliki ataupun bagaimana pengguna saat berinteraksi dengan produk Anda. Langkah seperti ini haruslah Anda lakukan agar dapat memudahkan Anda.

Sebagai contoh, hal ini bisa dilakukan semisal saat Anda akan membuat sebuah produk mengenai pemesanan makanan.

  • 1. Maka langkah awal yang perlu dilakukan adalah pengguna membuka aplikasi tersebut.
  • 2. Kemudian pengguna dapat memilih berbagai jenis makanan yang diinginkan.
  • 3. Setelah melakukan hal tersebut, maka pengguna bisa memesan makanan yang diinginkan.
  • 4. Pengguna juga perlu membayar makanan yang dipesan sebelumnya.
  • 5. Setelah makanan hingga ke tangan pengguna pengguna dan mengecek makanan tersebut sesuai atau tidak dengan pesanan. Maka pengguna perlu membuka aplikasi kembali untuk menyelesaikan pesanan tersebut.
  • 6. Kemudian aplikasi ini bisa ditutup.

Beberapa contoh langkah yang ada di atas merupakan salah satu skenario yang mungkin saja terjadi saat Anda akan membuat sebuah produk. Skenario seperti ini bisa Anda gunakan dengan mudah melalui user journey. Dalam membuat user journey diperlukan pengetahuan yang ukup mengenai produk yang akan Anda gunakan.

Dalam mengetahui seluk beluk mengenai produk yang akan Anda buat menjadikan Anda mengetahui apa saja latar belakang produk Anda. setelah itu Anda juga perlu memahami pengguna yang nantinya akan menggunakan produk Anda. Sehingga Anda akan menemukan interaksi yang tepat anatar pengguna dengan produk Anda.

Fungsi Utama user journey

Fungsi utama dari user journey adalah untuk memudahkan Anda dalam membuat langkah-langkah. Oleh karena itu Anda juga perlu membuat journey yang dapat memudahkan penggunanya. Sehingga pengguna akan tetap menggunakan produk Anda dalam jangka waktu yang lama.

Alasan mengapa user journey itu penting, dikarenakan ini dapat menggambarkan interaksi yang terjadi baik itu dari pengguna produk ataupun Anda sendiir sebagai pemilik produk tersebut. Produk yang baik adalah dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna dan pengguna mendapatkan kemudahan dalam menjalankan aktivitas terkait dengan produk Anda.

Selain itu bagi Anda pemilik produk bisa terus mengembangkan dan juga melakukan perbaikan apabila terjadi suatu kekurangan terhadap produk Anda. Dengan adanya ini juga mampu meggambarkan apa saja kelebihan dan juga kekurangan mengenai produk yang Anda miliki.  Bahkan Anda juga dapat menambahkan fitur tertentu atau tidak.

Adanya user journey memanglah dibutuhkan untuk memudahkan aktivitas Anda. Sebagai pembuat produk tentunya harus mempertimbangkan apa saja kekurangan dan kelebihan yang didapatkan melalui produk yang Anda miliki. Memberikan kemudahan bagi pengguna produk Anda merupakan salah satu prioritas utama yang perlu Anda lakukan.

Segala bidang yang berhubungan dengan pengembangan dan juga pembuatan suatu produk tentunya membutuhkan adanya user journey ini. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari user journey, sehingga sangatlah penting untuk Anda gunakan pada saat ini.

Kesimpulan

Sebelum pada kesimpulan dari pembahasan diatas, baca juga ulasan lainnya yang dikira bisa bermanfaat!

Kesimpulan dari penjelasan singkat diatas tentunya adalah, kita memahami apa pengertian dari user journey dan kemudian kita juga memahami fungsi utama dari user journey ini. Dengan adanya user journey bisa diibaratkan sebuah buku panduan bagi pengguna yan tentunya akan mempermudah penggunaan produk tersebut. Bisa dibayangkan suatu produk tidak ada buku panduannya, maka pengguna juga akan kesulitan dan pada akhirnya akan enggan untuk menggunakan produk tersebut. Sekalipun pemilik produk telah menyediakan customer service yang siap melayani terkait masalahnya, pelanggan akan tetap berpikir dua kali, bahkan akan berpikir kalau ada produk lain yang lebih mudah digunakan menurut dia, buat apa pilih yang susah.

Itulah ulasan mengenai pengertian apa itu user journey. Penggunaannya menjadi salah satu hal yang penting untuk Anda lakukan saat membuat sebuah produk terbaru. Sehingga Anda akan mengetahui bagaimana interaksi pengguna terhadap produk yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *