Tutorial Menambah RAM Laptop Paling Mudah

Ketika membeli sebuah laptop, salah satu spesifikasi laptop yang paling banyak diperhatikan orang – orang adalah memori RAM. RAM memang menjadi salah satu bagian dari laptop yang memiliki berbagai macam fungsi.

Salah satu fungsinya adalah sebagai ruang simpan sementara ketika pemrosesan data sedang berlangsung. Karena itu banyak orang memilih laptop dengan RAM yang besar. Hanya saja semakin besar suatu RAM laptop maka harganya juga akan semakin tinggi.

Lantas, jika laptop yang kita miliki bukan laptop dengan memori RAM besar, adakah cara yang bisa dilakukan untuk menambah RAM? Berikut kami berikan informasi selengkapnya untuk Anda tentang tutorial menambah RAM laptop yang paling mudah Anda coba. Check these out!

Tutorial Menambah RAM Laptop Paling Mudah

Ada beberapa langkah yang Anda bisa terapkan dalam tutorial menambah RAM laptop. Berikut tutorial menambah RAM laptop yang Anda harus lakukan diantaranya :

Langkah 1

Hal pertama yang Anda perlu lakukan tentu saja dengan Anda membeli RAM. Anda bisa membeli RAM baru atau RAM bekas. Yang menjadi masalah juga adalah Anda harus bisa membeli RAM yang tepat supaya cocok di laptop Anda.

Langkah 2

Jika Anda sudah membeli memori RAM, maka waktunya Anda bongkar laptop Anda. Terus terang saja memang pada umumnya cara membongkar laptop berbeda – beda. Juga tergantung atas jenis laptop apa yang Anda gunakan.

Akan tetapi kalau hanya untuk memori RAM, cara membongkarnya mudah. Pastinya, ada baiknya Anda baca panduan yang tepat.

Langkah 3

Jika Anda sudah mendapatkan panduan membongkar laptop yang tepat, maka Anda perlu mulai bongkar laptop sampai menemukan slot memori RAM.

Jika Anda belum tahu seperti apa slot memori RAMnya, maka Anda bisa segera cari dulu di internet karena akan ada banyak gambar memori RAM yang bisa menjadi panduan Anda dalam memilihnya.

Langkah 4

Kalau sudah ketemu, Anda bisa mulai pasang RAM dengan posisi miring sambil Anda tekan masuk. Pastikan bahwa semua bagian logam PIN masuk ke dalam slot RAM dan pastikan juga tidak keras atau tidak terdapat bagian lain yang mengganjal.

Langkah 5

Lanjutkan proses pasang memori RAM dengan Anda tekan bagian RAM ke kunci RAM. Pastikan bahwa kedua kunci RAM tersebut mengeluarkan bunyi klik dan terpasang dengan baik. Kemudian kembali lagi pastikan juga tidak keras atau tidak ada bagian yang mengalami ganjalan.

Langkah 6

Kalau sudah, Anda perlu rakit laptop kembali. Nyalakan dan gunakan seperti biasa. Anda telah menyelesaikan cara menambah RAM dengan mudah bukan melalui beberapa langkah tutorial yang kami bagikan diatas?

Namun tidak selamanya tutorial yang Anda lakukan diatas berjalan mulus. Beberapa saat juga bisa mengalami gangguan atau hambatan. Salah satu hambatan atau gangguan yang seringkali terjadi dan dialami ketika menambah RAM laptop yaitu Blue Screen of Death.

Terus terang masalah tersebut adalah masalah yang cukup kompleks karena memang penyebab BSOD terjadi sangat beragam. Salah satunya adalah karena penambahan atau proses penggantian RAM yang dilakukan. Jadi jika memang Anda menemukan masalah tersebut, beberapa cara yang Anda bisa lakukan diantaranya :

  • Bongkar dan pasang secara perlahan, pastikan semuanya terpasang dengan baik
  • Lepaskan memori RAM dan coba di laptop yang lain. Pastikan memori RAM berjalan dengan baik
  • Lepaskan memori RAM dan coba bersihkan bagian pin memori RAM dengan penghapus. Utamanya bagi Anda yang menggunakan memori RAM dalam kondisi bekas.

Itulah tutorial menambah RAM laptop yang paling mudah untuk Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Gravatar Image
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *