Tutorial Instal Ulang Laptop Lenovo

Tutorial Instal Ulang Laptop Lenovo

Banyak sekali pengguna Windows khususnya untuk laptop Lenovo yang masih tidak mengerti cara atau tutorial instal ulang laptop-nya. Tentu saja, instalasi ini bukanlah perkara yang mudah, seperti halnya instal program pada umumnya. Bahkan mungkin saja ada diantara Anda yang takut mencoba, sebab resiko rusaknya laptop lebih tinggi atau memang tidak berani mencobanya.

Mulai dari sekarang, buang jauh – jauh pikiran tersebut. Sebab, melalui artikel ini kami akan kasih tahu Anda yang ingin belajar instal ulang laptop Lenovo sendiri. Yang pastinya juga disertai dengan langkah – langkah yang lebih detail agar Anda tidak kebingungan.

Tutorial Instal Ulang Laptop Lenovo

Untuk instal ulang laptop Lenovo Anda bisa melakukannya dengan cara masuk ke Bios atau Basic Input Output System. Ini adalah program khusus yang dibuat untuk melihat konfigurasi hardware yang terpasang di laptop Lenovo Anda. Tak hanya merek Lenovo saja, tetapi semua jenis laptop bisa di instal ulang lewat Bios.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur Boot Loader. Tujuannya, agar saat laptop Lenovo Anda dihidupkan maka perangkat yang pertama kalinya dipindai adalah media untuk instal ulang.
  • Dalam Bios ini Anda bahkan juga bisa atur waktu, tanggal, dan penambahan password untuk harddisk dan Bios. Tetapi yang jadi masalahnya, laptop saat ini untuk masuk menu Bios berbeda – beda, sehingga banyak yang kebingungan pada saat akan masuk ke menu Bios.
  • Tetapi demikian, biasanya laptop saat ini untuk bisa masuk ke menu Bios pakai tombol “F2” atau “F3”, maupun menggunakan tombol “Delete”.

Namun faktanya hal itu juga bisa berbeda, tergantung dengan produsen laptop yang membuatnya, seperti halnya pada laptop Lenovo bertipe G405. Anda bisa masuk ke menu Bios dengan cara berbeda. Untuk mengetahui langkah – langkah mudahnya, silakan simak pada ulasan berikut ini.

  • Untuk bisa masuk ke menu Bios di laptop Lenovo G405 ini misalnya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menggunakan tombol Fn + F2 secara bersamaan saat menghidupkan laptop Anda.
  • Sementara itu untuk Anda pengguna laptop Lenovo dengan tipe yang lain, seperti Lenovo ThinkPad, maka Anda bisa masuk ke menu Bios dengan tombol Fn + F1.
  • Lalu untuk yang menggunakan laptop Lenovo IdeaPad, maka Anda bisa menggunakan tombol F1 untuk bisa masuk ke menu Bios.
  • Anda nanti akan langsung dibawa ke menu Bios dan masuk ke Boot Loader guna mengatur hardware yang dipakai untuk media instalasi. Dimana instalasi pertama ini dibaca ketika laptop booting, sehingga Anda bisa masuk ke proses instalasi.
  • Ketika pertama kalinya Anda masuk ke menu Bios, Anda akan langsung disuguhi tab pertama, yakni Tab Informasi yang di dalamnya berisikan mengenai laptop Lenovo G405 Anda.
  • Kemudian untuk bisa masuk ke Boot Loader, pindahkan saja Tab Informasi ke Tab Boot Loader. Misalnya saja dengan cara menekan arah kanan di keyboard. Lalu pilihlah hardware yang akan digunakan seperti CD atau DVD.
  • Jika Anda akan instal ulang dengan pakai Flashdisk, maka Anda bisa menekan tombol Fn + F5, atau pun tombol Fn + F6. Kemudian pilihlah Flashdisk yang Anda gunakan.
  • Apabila sudah dipilih, silakan Anda tekan tombol Fn + F10 untuk menyimpan semua pengaturan yang sudah Anda buat. Lalu Anda bisa meneruskan proses instal ulang laptop Lenovo Anda.

Nah, itulah tutorial instal ulang laptop Lenovo yang bisa kami informasikan. Oh iya, penting juga untuk Anda tahu bahwa sebelum Anda mengikuti tutorial di atas, segala kerusakan yang terjadi akibat menjalankan tutorial tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda sendiri pastinya. Jadi, silakan lakukan dengan hati – hati.

Gravatar Image
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *