Tutorial Hijab Segi Empat, 4 Model Patut Dicoba Biar Tidak Bosan

Diposting pada

Bagi Perempuan Muslimah yang bosan dengan cara pemakaian hijab yang itu-itu saja, simak tip tutorial hijab segi empat berikut Ini:

tutorial hijab segi empat

Hijab merupakan identitas dan kehormatan seorang Muslimah. Karena lekat dengan kehidupan sehari-hari, hijab telah menjadi identitas sekaligus salah satu fashion item yang menarik untuk ditelusuri. Terlebih lagi mengingat perkembangan fashion terkini yang telah semakin luas dan menyentuh segala golongan.

Nah untuk kamu yang ingin tampil menawan dengan hijab, ada beberapa pilihan tutorial hijab segi empat yang bisa kamu coba. Tutorial hijab segi empat yang akan diuraikan berikut ini menggambarkan beberapa style hijab yang tengah populer dan banyak digandrungi oleh para hijabers loh.

Hijab segi empat telah lama menjadi jenis hijab yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Bentuk hijab yang satu ini sangat sederhana, praktis, dan mudah, serta dianggap dapat menyesuaikan dengan berbagai bentuk wajah. Karena keunggulannya tersebut hijab segi empat adalah jenis hijab yang wajib dimiliki. Meskipun demikian, masih banyak yang mengeluhkan mengenai penggunaan jenis hijab segi empat ini, karena sifatnya yang tidak begitu fleksibel untuk diubah menjadi berbagai macam model yang menarik. Namun dalam hal ini, kamu tidak perlu khawatir karena berikut adalah beberapa tutorial hijab segi empat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing.

1.  Tutorial hijab segi empat untuk tampilan ke kantor

Hijab segi empat telah menjadi pilihan banyak instansi yang ingin menyeragamkan karyawannya. Nah jika kamu bingung mengenai pemakaian hijab segi empat ini untuk ke kantor, kamu bisa mencoba model yang pertama ini. Bentuknya yang rapih dan kuat, mampu membuat kamu terlihat lebih profesional dan independen. Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri ketika harus bertemu dengan klien atau bos, dan mendapatkan posisi sebagai karyawan terbaik tentu sudah bukan hal yang mustahil lagi.

tutorial hijab segi empat
Gambar 1: Hijab segi empat untuk ke kantor (Sumber: Instagram.com/dwihandaanda/)

Untuk cara pemakaiannya pun terbilang sangatlah mudah. Pertama-tama, kamu bisa menggunakan ciput terlebih dahulu, kemudian kenakan hijab segi empat sebagaimana biasanya, yakni dengan memberikan pentul pada bagian bawah dagu. Pada tahapan pertama ini, pastikan kedua sisi sama panjang. Setelah itu, silangkan kedua sisi tersebut berlawanan, dan tarik ke bagian belakang leher. Terakhir, kamu perlu mengikatkan kedua sisi tadi dan masukkannya ke bagian dalam hijab segi empat. Kamu juga bisa memilih untuk membiarkan simpul ikatan tadi di bagian luar hijab untuk tampilan semi-formal. Bagaimana, mudah bukan?

2.  Tutorial hijab segi empat syar’i menutupi dada

Banyak yang beranggapan bahwa hanya jenis hijab pashmina yang dapat digunakan untuk memperoleh tampilan yang lebih syar’i. Hal ini tentu tidak benar karena pilihan hijab syar’i yang menutupi dada bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai dengan hijab segi empat. Saat ini hijab segi empat ukuran besar telah banyak tersedia, dan oleh karenanya bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin tampil lebih syar’i.

tutorial hijab segi empat
Gambar 2 : Hijab segi empat syar’i (Sumber: Instagram.com/laudyacynthiabella/)

Lantas bagaimana caranya menggunakan hijab segi empat untuk model yang lebih syar’i? Mula-mula pakailah hijab segi empat dengan ukuran besar yang telah kamu miliki, kemudian pastikan satu sisi memiliki panjang yang lebih dibanding sisi satunya. Setelah itu, tarik bagian yang lebih panjang tadi ke sisi seberangnya, lebih tepatnya pada bagian bahu. Kenakan bros atau jarum pentul di bagian tersebut, dan voilla! Tampilan hijab syar’i menutupi dada telah kamu dapatkan!

3.  Tutorial hijab segi empat dengan simpul

Jika kamu bosan dengan penggunaan hijab yang itu-itu saja, maka tutorial hijab segi empat yang satu ini wajib banget untuk dicoba, yaitu dengan menambahkan simpul di bagian depan atau di sisi kiri leher. Tidak hanya itu saja, model dengan simpul ini juga akan semakin mempermanis tampilan gaya sehari-hari kamu loh. Untuk mencoba tutorial ketiga ini, kamu membutuhkan hijab segi empat dengan bahan voal, satin, atau paris. Nah langsung saja kita lompat ke tutorialnya ya!

tutorial hijab segi empat
Gambar 3 : Hijab segi empat dengan simpul (Sumber: Instagram.com/megaiskanti/

Pertama-tama, kenakan hijab segi empat yang telah disediakan seperti biasa. Jika kamu ingin membuat simpul pada bagian depan leher, kamu bisa menyamakan kedua sisi dari hijab yang telah dikenakan. Namun, jika simpul ini ingin ditempatkan pada sisi kiri/kanan, maka panjangkan salah satu sisi dari hijab. Setelah itu, ambil sisi yang lebih panjang kemudian putar melingkari leher hingga kembali pada tempat yang kamu inginkan. Kemudian satukan kedua sisi hijab tadi dengan cara diikatkan menjadi satu.

4.  Tutorial hijab segi empat dengan aksesoris

Meskipun hijab pashmina sangat populer untuk penggunaan pada acara-acara tertentu, namun beberapa orang mungkin lebih prefer menggunakan hijab segi empat saat menghadiri acara tersebut. Nah dalam hal ini, menambahkan item berupa aksesoris pada tampilan hijab ini tentu tidak ada salahnya bukan? Justru tambahan aksesoris inilah yang akan mempercantik look kamu nantinya.

tutorial hijab segi empat
Gambar 4 : Hijab segi empat dengan aksesoris (Sumber: Review.bukalapak.com)

Untuk caranya sendiri tergolong cukup mudah. Pertama-tama, kamu hanya perlu mengenakan hijab segi empat yang telah disiapkan seperti biasanya, yakni dengan merekatkannya menggunakan pentul atau peniti, dengan kondisi satu sisinya lebih panjang. Setelah itu, tariklah sisi yang lebih panjang ke arah sisi satunya lagi, kemudian lingkarkan hingga bagian tersebut kembali ke arah depan lagi. Setelah itu, rapihkan hijab bagian depan tersebut dengan menggunakan peniti, atau bros. Untuk tambahan aksesorisnya, kamu bisa menyematkan jepitan lucu yang kini tengah populer dan banyak digunakan. Jepitkan aksesoris tersebut ke salah satu sisi hijab bagian depan, sebagaimana kamu mengenakannya di rambut. Dan dengan begitu, kamu sudah mendapatkan look yang manis, elegan dan menawan, sekaligus stylish dan kekinian. Tertarik mencoba?

Nah itulah dia beberapa tutorial hijab segi empat yang tidak bisa kamu lewatkan. Masing-masing model hijab segi empat di atas sejatinya bisa kamu sesuaikan untuk berbagai kesempatan, baik untuk kebutuhan formal, semi formal ataupun informal sekalipun. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir harus mengenakan hijab segi empat dengan model yang sama secara terus-menerus, ataupun khawatir akan kehabisan ide dalam menggunakan hijab segi empat favorit! Untuk kamu yang tidak terbiasa menggunakan hijab segi empat namun ingin tetap mencoba tutorial di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan pemilihan hijab segi empat terbaik. Hal ini penting mengingat banyaknya pilihan di pasaran yang mungkin akan membuat kamu sedikit kebingungan. Adapun beberapa hal yang wajib diperhatikan adalah jenis hijab segi empat-nya, apakah model syar’i yang berukuran besar, model rawis, dan lain sebagainya. Selain itu, pilihlah warna-warna yang akan cocok di kulit kamu, dan pertimbangkan pula motif-motif yang tidak begitu ramai, namun juga tidak terlalu polos. Terakhir, perhatikan kualitas bahan yang digunakan, karena akan sangat menentukan pengalaman dan kenyamananmu selama menggunakannya.

(Penulis: Febiola Tambunan)

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *