Tutorial Cara Mengecek Lampu Sen Yang Padam

Diposting pada

Tutorial Cara Mengecek Lampu Sen Yang Padam – Pernahkah teman-teman mengalami lampu sen pada sepeda motor mati tiba-tiba? Hal ini tentu berbahaya sekali apabila dibiarkan berkepanjangan. Kali ini, Jangeby channel akan membahas bagaimana cara mengecek lampu sen yang padam.

Pernahkah teman-teman mengalami lampu sen pada sepeda motor mati tiba-tiba? Hal ini tentu berbahaya sekali apabila dibiarkan berkepanjangan. Kali ini, Jangeby channel akan membahas bagaimana cara mengecek lampu sen yang padam.

Biasanya jika saklar sen yang rusak gejala yang muncul adalah matinya salah satu lampu sen. Lampu kanan mati sedangkan sen kiri tetap menyala, atau singkatnya padamnya tidak berbarengan. Sedangkan, jika padam bersamaan seperti contoh kasus yang terjadi pada sepeda motor Soul GT ini, biasanya permasalahan terletak pada flashernya. Berikut urutan cara pengecekannya:

1. Cobalah meletakkan kontak sepeda motor pada posisi ON lalu tarik saklarnya. Apabila keduanya tidak menyala, bisa disimpulkan bahwa gangguan terletak pada fasher ampu sen.

A picture containing motorcycle, indoor, bicycle, black  Description automatically generated

2. Untuk mencari flasher sepeda motor kita cukup membuka tempong depan sepeda motor. Pada sepeda motor soul GT, tempong depan bisa langsung ditarik. Flasher dapat di temukan di tengah-tengah.

A picture containing sitting, red, table, helmet  Description automatically generated

3. Membuka flasher dapat dilakukan dengan mencongkelnya perlahan. Setelah kita buka flashernya, kita harus melakukan jumper soket flasher untuk mengecek lebih lanjut permasalahan padamnya lampu.

A picture containing cake, table, sitting, black  Description automatically generated

4. Nyalakan kembali sepeda motor dengan menggeser kontak ke posisi ON. Jumper dapat dilakukan menggunakan kabel biasa maupun tang. Jika saat di jumper lampu sen menyala, maka dapat dipastikan bahwa kerusakan terjadi pada flasher. Tetapi, jika saat arus disambungkan dan lampu sen tetap tidak mau menyala, maka kerusakan terjadi pada putusnya kabel yang menyambung pada flasher.

A picture containing indoor, person, cake, sitting  Description automatically generated

Pada contoh kasus, flasher diganti dengan flasher merek CR7. Kenapa menggunakan CR7? Karena dengan CR7 kita dapat menyetel cepat-lambatnya nyala lampu sen. Cara memasangnya mudah, tinggal colok saja dan lampu sen langsung menyala. Di bagian bawah flasher, teman-teman dapat menemukan setelan flasher CR7. Dengan menggunakan obeng min, teman-teman dapat menyetel cepat lambatnya lampu sen. Masukkan obeng dan putar sambil menyalakan lampu sen untuk mengeset frekuensi nyala-matinya.

Jadi teman-teman ketika lampu sen padam ada tiga hal yang perlu dicek yaitu, tombol sen, flasher, atau kabel sambungan flasher. Setelah permasalahan diidentifikasi maka pergantian komponen perlu dilakukan untuk menyalakan kembali lampu sen. Sekian, tutorial cara pengecekan lampu sen yang padam ditulis berdasarkan video dari Jangeby Channel.

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *