Tips Sederhana Untuk Mendinginkan Prosesor Kepanasan

Diposting pada

Prosesor kepanasan karena lama digunakan? Ini tips sederhana untuk nendinginkannya.

Prosesor diibaratkan sebagai otaknya komputer. Jika prosesor dibiarkan terus bekerja, maka lama-kelamaan prosesor akan menjadi panas. Oleh karena itu, Anda membutuhkan tips mendinginkan prosesor. Hal yang kerap dialami oleh sebagian besar orang ketika prosesor komputernya panas, maka bisa membuat komputer secara tiba-tiba restart sendiri hingga terjadi hang.

Penyebab  Prosesor Panas.

Ada berbagai kondisi yang bisa menyebabkan prossor menjadi panas. Panasnya prosesor komputer mampu merusuk seluruh sistem di komputer Anda bahkan juga menyerang software. Penyebabnya bisa karena overlocking komputer, yakni penambahan kecepatan prosesor.

Lalu penggunaan komputer yang lebih dari 24 jam tanpa berhenti sembari menjalankan beberapa aplikasi yang berat seperti musik, video, maupun game. Kemudian juga bisa karena kipas prosesor yang tersumbat, sehingga pendinginan di dalamnya tidak berjalan secara baik. Serta karena adanya virus komputer dari aplikasi atau software yang berekstensi.

Tips Mendinginkan Prosesor Komputer.

Untuk mengatasi prosesor komputer yang panas, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda ketahui.

Pastikan jika Anda meletakkan casing di posisi yang mendapatkan sirkulasi udara secara baik. Hindari untuk memosisikan casing di tempat yang tertutup, sehingga tidak bisa untuk membuang panas dari dalam. Akibatnya, panas akan terkumpul di badan prosesor.

Susun Kabel Di Dalam Casing Secara Rapi.

Penting bagi Anda agar menyusun kabel di dalam casing komputer hingga benar-benar rapi. Jika kabel tidak tertata secara rapi, maka bisa mengenai baling-baling kipas prosesor. Kemudian jangan lupa untuk selalu memeriksanya secara detail dan pastikan kembali bahwa kabel sudah rapi.

Menggunakan Thermal Paste Yang Berkualitas.

Thermal paste sendiri merupakan media yang menyalurkan panas berlebih dari badan prosesor ke badan heatsink pendingin prosesor. Dengan begitu, hal ini bisa meningkatkan efektivitas penurunan suhu dari prosesor. Selain itu juga memiliki fungsi untuk meminimalkan terjadinya percikan api dari panas yang terlalu berlebih.

Oleh karena itu, usahakan agar Anda menggunakan thermal paste yang berkualitas. Jika tidak, maka fungsinya pun tidak bisa berjalan secara optimal.

Membuka Penutup Casing Komputer.

Tips mendinginkan komputer selanjutnya adalah dengan membuka penutup casing di komputer Anda. Jika Anda melepasnya, maka panas menjadi lebih mudah untuk dibuang dari dalam casing dan tidak menumpuk begitu saja di dalamnya.

Memberi Tambahan Kipas Untuk Pembuang Udara.

Kemudian Anda juga bisa dengan memberi tambahan kipas yang nantinya akan menghisap udara panas di dalam casing agar bisa keluar. Untuk peletakannya adalah dengan cara terbalik. Dengan begitu, pastikan agar Anda menghindari beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari panasnya prosesor komputer Anda.

Beberapa tips mendinginkan komputer tersebut diatas bisa Anda terapkan untuk membantu agar komputer tetap dalam kondisi yang dingin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *