Tips Rencana Finansial Untuk Jangka Panjang


Untuk finansial di masa depan yang lebih baik diperlukan perencanaan yang matang dari sekarang, berikut beberapa tips rencana finansial untuk jangka panjang yang mungkin bisa menjadikan suatu masukan yang akan menjadikan perencanaan finansial Anda berhasil dimasa depan.

Setiap orang memang perlu menyiapkan recana finansial, terlebih masih di usia muda seperti ini. Namun tidak banyak orang yang paham bagaimana melakukannya, maka dari itu kita akan bagikan tips rencana finansial yang bisa anda lakukan nanti.

Memiliki perencanaan keuangan jangka panjang memang sangat bermanfaat, karena dana yang anda siapkan tersebut bisa dimanfaatkan saat usia senja. Sehingga anda bisa benar-benar menikmati hidup tanpa harus terus bekerja keras.

7 Tips Rencana Finansial Jangka Panjang

tips rencana finansial
Rencana finansial jangka panjang

Untuk anda yang ingin menyiapkan dana pensiun, maka kali ini akan kami bagikan 7 tips rencana finansial yang bisa anda coba jalani. Apa saja itu? Langsung simak selengkapnya di bawah ini :

  1. Catat Semua Pedapatan Bulanan Anda

Tips rencana finansial yang pertama kali ini adalah mencatat seluruh pendapatan anda dalam satu bulan. Dengan memiliki catatan bulanan ini, maka anda bisa mengatur alokasi dana untuk kebutuhan setiap bulannya jadi lebih gampang.

Pastikan juga pendapatan tersebut sudah di potong dengan pembayaran tetap bulanan anda, seperti pajak, asuransi, dan lain-lain.

  1. Bikin Anggaran Belanja Rutinan

Dalam setiap bulan, pasti anda memiliki anggaran belanja rutin dan tak bisa diganggu gugat, terlebih untuk anda yang sudah berumah tangga. Disini anda harus bisa mengatur alokasi pengeluaran bulanan untuk membuat rencana finansial jangka panjang.

Tulis seluruh kebutuhan pokok anda yang pasti keluar setiap bulannya, dan jangan lupa mencatat cicilan serta uang jajan juga. Dengan begini anda bisa tahu, apakah pengeluaran bulanan anda sebanding dengan penghasilan bulanan tadi.

  1. Tentukan Prioritas Keuangan
Related Posts :  Tips Mencapai Finansial Freedom Terbaik Untuk Dicoba 

Setelah menuliskan pengeluaran dan pendapatan bulanan, tips rencana finansial jangka panjang selanjutnya adalah menentikan mana yang jadi prioritas keuangan. Contoh sederhananya begini, misal anda dan pasangan ingin memprioritaskan unutk KPR, tabungan pendidikan anak, tabungan darurat, dan lain sebagainya.

Dengan begini, anda bisa memutuska kira-kira berapa anggaran yang disisihkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tentu ini sangat bermanfaat untuk kedepannya, karena semua pembiayaan sudah di atur sejak awal.

  1. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat ini wajib dimiliki oleh semua orang, meskipun nominalnya tidak begitu besar, yang past  keberadaanya sangat bermanfaat jika ada masalah mendesak kelak. Idealnya dana darurat ini disiapkan untuk 3 – 6 bulan kedepan dengan alokasi sekitar 5% hingga 10% dari total pendapatan bulanan.

Jika kebetulan dana darurat ini belum diperlukan, maka anda bisa terus meningkatkan nominalnya, bukan malah menggunakannya untuk bersenang-senang.

  1. Minimalisir Rasio Hutang

Memiliki suatu barang yang di inginkan memang menyenangkan sekali, bahkan banyak orang sampai rela berhutang untuk menggapainya dengan dalih pengeluaran masih aman. Sebenarnya ini merupakan tips rencana finansial yang salah, karena itu bukan kebutuhan melainkan keinginan.

Jika anda benar-benar butuh barang tersebut, anda bisa mulai mengatur rancangan anggaran dana untuk membelinya. Bukan dengan cara berhutang, karena itu dikhawatirkan bakal jdi kebiasaan buruk nanti.

  1. Pisah Tabungan dengan Dana Investasi

Poin ini juga sangat penting, pastikan anda memiliki beberapa rekening untuk memisahkan dana yang anda miliki. Jangan pernah mencampur tabungan, dana investasi, serta pengeluaran, karena yang ada umumnya kegagalan mencapai financial freedom yang di inginkan.

  1. Lakukan Audit Pengeluaran Berkala

Dan tips rencana finansial terakhir adalah melakukan audit pengeluaran keluarga secara berkala. Hal ini untuk memantau proses perencanaan keuangan yang sebelumnya anda terapkan, apakah optimal atau tidak.

Related Posts :  Aplikasi Travel Offline Untuk Mempermudah Perjalanan Wisata

Anda bisa melakukan audit setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali, dan jika masih belum optimal maka bisa direvisi sesuai kebutuhan.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang tips rencana finansial yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar