Tips Pilih GPU Gaming yang Pas Sesuai Budget Minimal

Diposting pada

Tips pilih GPU Gaming, untuk gaming kebutuhan GPU adalah hal yang sangat penting. Sayangnya, banyak orang yang ingin upgrade ataupun build PC bingung untuk memilih. Masalah budget, pilihan yang terlalu banyak dan kebutuhan spec adalah yang sering membuat pusing. Untuk membantu Anda soal ini, mari bahas tips pilih GPU yang pas sesuai budget berikut ini!

Usahakan Budget GPU Adalah yang Paling Utama Saat Bangun PC.

Tips Pilih GPU Gaming

Saat ingin membangun PC, pastikan jangan potong budget untuk GPU. Untuk gaming, GPU posisinya lebih diatas CPU. Tentu Anda jangan potong jauh budget untuk CPU terlalu jauh, tapi usahakan GPU tetap nomor satu.

Untuk contoh, Anda bisa coba gunakan Ryzen 5 2600 CPU yang ramah kantong tapi memilih Nvidia RTX 3060-Ti atau Nvidia RTX 3070 yang terbaru. Pilihan ini merupakan kombinasi yang sudah cukup powerfull dengan budget sekitar 8 jutaan total.

Mahal Bukan Berarti Cocok.

Banyak orang yang mengejar spec gaming pasti ingin GPU terbaik. Tapi hal ini membuat budget yang dibutuhkan makin banyak. Contoh saja pilihan Nvidia RTX 3090-Ti. Pilihan ini merupakan yang paling premium di tahun 2021 ini. Tapi banyak orang mengatakan Anda jangan beli ini jika tidak perlu.

Power dari GPU ini memang bagus, tapi kebutuhan ini terlalu berlebihan. Banyak orang mengatakan kekuatan ini cocok untuk gaming, tapi di sisi lain kemampuan grafis tersebut lebih cocok untuk industri desain graphic.

Kebutuhan membuat 3D model untuk film Animasi ataupun developing game tentu membutuhkan grafik yang lebih tinggi daripada sekedar gaming. Untuk sekedar PC gaming, Anda lebih baik pilih yang lebih rasional di level Nvidia RTX 3070 atau 3080.

Sesuaikan dengan Game yang Dimainkan.

Tips pilih GPU Gaming yang pas berikutnya adalah melihat game yang Anda mainkan. Bagi banyak orang, mereka tidak memainkan game yang terlalu berat. Contoh saja orang yang suka main indie game dan retro. Untuk gamer PC jenis ini, GPU spec tinggi yang mahal tidak terlalu penting.  Daripada boros membeli GPU mahal, lebih baik pilih versi budget yang tetap mendukung jenis gaming yang dimainkan.

Perhatikan Kecocokan dengan Hardware Lain.

Bagi yang ingin beli GPU baru untuk upgrade, pastikan memilih berdasarkan kecocokan hardware. Tidak semua motherboard bisa mengakomodasi jenis GPU tertentu. Hal ini berlaku terutama untuk GPU Nvidia terbaru yang digadang – gadang bagus.

Selain mother board, pastikan juga Anda bisa menikmati tampilan hasil kekuatan GPU tersebut. Jika monitor yang Anda gunakan memiliki fitur terbatas dari segi refresh rate dan penyesuaian dengan GPU, Anda tetap akan rugi. Percuma beli GPU mahal tapi pakai layar murah yang tidak bisa menampilkan grafik PC dengan maksimal.

Sekian bahasan tips pilih GPU yang pas dengan kebutuhan gaming dan budget Anda. Mudah – mudahan bahasan di atas sudah membantu Anda menentukan pilihan sebelum beli. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *