Tips Memilih Power Supply yang Pas Dalam Membangun PC

Diposting pada

Berikut adalah tips memilih power supply untuk PC rakitan, bisa jadi referensi sebelum memutuskan untuk membeli power supply sesuai kebutuhan.

Ingin bangun PC sendiri? Bingung untuk memilih power supply? Mari bahas tips – tips yang dapat membantu Anda soal ini di artikel berikut ini:

Berikut yang perlu diperhatikan sebelum membeli.

Kapasitas Lebih Tinggi Tidak Selalu Lebih Baik.

Banyak orang beranggapan bahwa PSU yang besar kapasitasnya pasti lebih baik untuk operasi PC. Memang untuk PC dengan spec tinggi, kapasitas listrik yang tinggi diperlukan. Tapi hal ini tidak selalu benar. PC tidak selalu bekerja 100% setiap digunakan. Bagi Anda yang bekerja menggunakan MS Word, performa PC tentu tidak seberat saat bermain game grafis tinggi.

Jika hanya focus pada penyediaan kapasitas tinggi, Anda sendiri yang rugi. PSU daya besar biasanya berharga mahal. Daripada keluar uang percuma, lebih baik gunakan PSU calculator dan hitung berapa listrik yang diperlukan PC Anda. Calculator ini akan menghitung besaran daya yang diperlukan tergantung parts (motherboard, GPU, CPU, dst) yang Anda gunakan.

Rating Efisiensi Power Supply Harus Diperhatikan.

Efisiensi PSU juga harus diperhatikan. Beberapa power supply bagus akan mampu memaksimalkan energy yang diserap untuk keperluan operasi PC. Daya yang rendah tapi tetap memberi tenaga akan lebih baik karena tidak menghasilkan suhu tinggi.

Sebagai rekomendasi, Anda cari power supply dengan logo sertifikasi “80 plus”. Tanda ini berarti PSU memiliki efisiensi 80% dengan 20% daya yang hilang akan menjadi panas. Perlu diperhatikan rating efisiensi yang lebih tinggi tetap ada tapi harganya akan lebih mahal.

Pilih Model PSU Ukuran Besar.

Banyak orang menganggap ukuran PSU yang besar pasti menyusahkan. Walaupun tampak jelek dan sulit diinstal, Anda akan lebih baik menggunakannya. Alasannya adalah daya tahan dan kekuatan. PSU yang besar biasanya memiliki internal dengan parts lebih advance.

Parts ini bisa memaksimalkan kinerja PSU dan bahkan mengurangi panas karena ukurannya cukup dipasang kipas besar. Terkadang fitur noise cancelling dan airflow membuat PSU besar lebih populer. Dari segi harga, banyak pilihan lebih murah jika ambil PSU ukuran besar ini.

Pertimbangkan Masalah Kabel dengan Seksama.

Saat memilih power supply, Anda juga harus perhatikan kabelnya. Beberapa PSU ada yang berkabel permanen dan ada juga yang kebelnya bisa dilepas. Tipe yang bisa dilepas biasanya lebih mudah diinstall dan dirapikan. Tapi harga pasti lebih mahal. Untuk yang berkabel permanen, Anda mungkin butuh usaha lebih untuk memasangnya agar rapi.

Sekian bahasan tips memilih power supply untuk PC Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga bahasannya berguna bagi Anda!

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *