4 Tips Memilih Pinjaman Online, Perhatikan Jangan Tergoda Bunga Rendah


Berikut adalah tips memilih pinjaman online yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan, tips ini dipersembahkan oleh Agen BRILink Sindanghayu.

Pinjaman online sekarang ini sudah banyak sekali pilihannya, saking banyaknya sangat sulit untuk membedakan mana pinjaman online yang resmi dan mana pinjaman online yang tidak resmi.

Pinjaman online resmi tentunya perusahaan pinjaman online tersebut terdaftar atau dibawah pengawasan lembaga terkait pemerintah, dan yang tidak resmi sendiri adalah perusahaan yang tidak mendaftarkan perusahaannya pada lembaga khusus pemerintah yang mengawasi dalam hal ini adalah otoritas jasa keuangan (OJK).

Tips memilih pinjaman online

Tips Memilih Pinjaman Online

Beberapa tips memilih pinjaman online ketika seseorang terpaksa harus menggunakan perusahaan pinjaman online untuk mendapatkan uang, dengan cara meminjam untuk menutupi kebutuhan mendadaknya.

Hal pertama tentu sudah jelas, bahwa ketika akan memilih pinjaman online, pastikan perusahaan pinjaman online tersebut terdaftar dan diawasi oleh OJK, ini adalah hal mutlak.

Kemudian ketika pilihan perusahaan pinjaman online tersebut semuanya sudah terdaftar di OJK dan lembaga lainnya yang menaungi maka yang harus diperhatikan selanjutnya adalah beberapa hal berikut:

  1. Durasi pinjaman (tenor)
  2. Bunga pinjaman
  3. Biaya admin
  4. Biaya keterlambatan bayar (denda)

Durasi pinjaman (Tenor Pinjaman)

Durasi pinjaman sekarang sudah banyak sekali pilihan waktu atau tenor pinjaman yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, mau yang mingguan atau bulanan itu sudah tersedia, namun untuk pinjaman online ini secara umum menghitungnya harian.

Ketika memilih durasi pinjaman pastikan bahwa Anda sanggup membayar dalam jangka waktu yang dipilih tersebut. Apabila Anda adalah seorang karyawan atau pegawai yang digaji tetap, baiknya jatuh tempo pembayaran pinjaman tidak jauh atau terlalu dekat sesudah gajian untuk menghindari kendala ketika gajian tidak tepat waktu.

Hitung bunga pinjaman

Hitung bunga pinjaman sebelum memutuskan meminjam dengan teliti, apabila perlu silahkan cari referensi atau ulasan terkait bunga pinjaman yang dibebankan oleh perusahaan pinjaman online yang dipilih, sekarang sudah banyak informasi yang bisa didapat dari media sosial seperti youtube maupun blog, usahakan jangan dari satu sumber.

Related Posts :  Aplikasi Ceria Produk Pinjaman Digital Online Dari Bank BRI

Ketahui dan hitung biaya admin (pokok bahasan)

Hitung biaya admin yang dibebankan oleh perusahaan pinjaman online yang dipilih tersebut, ini yang menjadi pokok bahasan kali ini, kenapa? Karena biaya admin sering sekali tidak disadari dan tidak terhitungkan oleh calon peminjam, biaya admin ini biasanya dipotong langsung ketika pinjaman dicairkan kerekening peminjam.

Kenapa biaya admin terkadang tidak terhitungkan oleh calon peminjam?

Karena sepengalaman saya biaya admin pinjaman online ini “terkesan ditutupi” oleh perusahaan pinjaman online, bisa kita lihat pada dekripsi misalkan pada aplikasi pinjaman online di playstore, dari beberapa aplikasi pinjaman online yang saya coba itu tidak disebutkan atau tidak diberikan contoh perhitungan pinjaman setelah dipotong biaya admin, hanya perhitungan bunga saja yang diperhitungkan.

Padahal biaya admin inilah yang menjadi beban terbesar bagi seorang pengguna pinjaman online, kita kasih contoh disini satu saja dari banyak aplikasi pinjaman online, yaitu Rupiah Cepat-Pinjaman Dana, pada dekripsi aplikasi ini bisa kita lihat tidak dijelaskan berapa biaya adminnya, yang dijelaskan adalah contoh perhitungan dari jumlah pinjaman sebelum dipotong biaya admin.

Kemudian ketika proses pinjamannya pun pengguna tidak melihat pada rincian ada potongan biaya admin, ketika sudah tanda tangan digital dan dana dicairkan barulah peminjam tahu berapa biaya adminnya, karena biaya admin langsung dipotong dari pokok pinjaman.

Jelas – jelas biaya admin ini yang sangat membebani para pengguna pinjaman online, memang ini sudah diatur tetapi harusnya dijelaskan secara terbuka juga pada rincian pinjaman perihal biaya admin ini, jangan ketika setelah melakukan pengajuan dan tanda tangan digital (terikat perjanjian) barulah biaya admin ini diperlihatkan besaran persentasenya.

Pada umumnya biaya admin dari aplikais pinjaman online ini adalah 10% dari total uang yang dipinjam, sebagai contoh, saya sendiri meminjam uang di aplikasi Rupiah Pintar itu 1 juta untuk 2 priode pembayaran (30 hari), kemudian uang yang saya terima adalah hanya 900 ribu, dan total uang yang harus saya kembalikan itu adalah berikut admin dan juga bunga, yaitu 1 juta delapan ribu lagi promo pada saat itu.

Related Posts :  Cara bayar SPaylater Shopee Melalui BRIMO

Kalau dilihat sepintas memang bunganya sangat kecil sekali hanya 8 ribu, kalau perhitungannya tidak ada biaya admin, tetapi yang harus dipahami dan diketahui bahwa pinjaman online itu ada biaya admin yang rata – rata itu 10%, dipotong langsung pada saat pencairan dilakukan, dan pemotongan biaya admin ini terkesannya ditutupi karena hanya akan diketahui setelah tanda tangan perjanjian dan dana dicairkan kerekening.

Ironis memang, disaat seseorang membutuhkan uang cepat dan terpaksa harus meminjam dari aplikasi pinjaman online ini, maka seseorang tersebut akan dibebani biaya admin yang sangat besar, coba bisa dibayangkan ketika meminjam dengan jumlah besar, misalkan meminjam dengan nominal 6 juta dan dengan biaya admin 10% maka biaya adminnya sama dengan 600 ribu.

Untuk yang terpaksa meminjam uang diaplikasi pinjaman online (PINJOL), yang benar – benar harus diperhatikan adalah biaya adminnya, jangan tergoda dengan bunga yang rendah dikarenakan lagi promo, lihatnya dibalik itu ada biaya admin yang dibebankan.

Biaya keterlambatan (Denda)

Kemudian selain daripada biaya admin yang harus diperhatikan sebelum memutuskan pinjam uang di PINJOL, biaya keterlambatan bayar atau denda pun harus jadi pertimbangan, karena orang tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi didepan, bisa saja peminjam telat membayar dikarenakan sesuatu hal yang memang tidak terduga sebelumnya.

Pinjaman online memang sangat membantu sekali bagi yang membutuhkan dana cepat, banyak aplikasi pinjaman online yang mengklaim bisa mecairkan dana pinjaman yang diajukan dalam hitungan menit setelah pengajuan diterima, tentunya ini sangat wow sekali.

Namun dibalik itu hati – hati dalam memilih pinjaman online, karena bisa saja keperluan dana mendadak sekarang bisa tertutupi kedepannya sipeminjam akan pusing darimana harus membayarnya, karena bukan hanya pokok pinjaman saja yang harus dikembalikan, tetapi ada bunga dan biaya admin tentunya harus diperhitungkan juga.

Jangan sampai untuk bayar pinjaman online satu hasil dari meminjam dari pinjaman online kedua. Bijaklah dalam menggunakan pinjaman online (PINJOL), disaat mendesak pun baiknya tidak untuk pinjaman online.

Tinggalkan komentar