Tips melunasi hutang secara cermat, hindari menunda – nunda bayar hutang

Kali ini akan memberikan tips untuk melunasi hutang, kenapa saya berani kasih tips untuk melunasi hutang? Karena seperti kalau misalkan kemarin-kemarin itu saya masih punya hutang dan alhamdulillahnya atas izin Allah, ada jalan sehingga saya bisa melunasi hutang.

Dengan saya berikhtiar berusaha terus, atas izin Allah, Allah kasih Jalan akhirnya hutangku lunas. Untuk anda juga yang masih berusaha untuk melunasi hutangnya semangat terus tetap juga untuk selalu berdoa kepada Tuhan itu yang jangan sampai dilupakan agar diberi jalan untuk bisa melunasi hutang.

Dislaimer: Saya bukan ahli dalam keuangan atau seorang Financial disini saya cuman seorang Agen BRILink yang ingin berbagi pengalaman keuangan di rumah tangga.

Saya juga ingin berbagi pengalaman tentang gimana sih cara melunasi hutang karena menurut pengalaman hutang itu sangat mempengaruhi anggaran rumah tangga, bagi anda di sini yang mau tahu untuk tips melunasi hutang baca baik-baik sampai tuntas ya’

Tips melunasi hutang

Tips melunasi hutang

Niat dan tekad yang kuat

Tips pertama itu adalah niat dan tekad yang kuat, dalam segala hal kita itu harus didasari niat dan tekad yang kuat, apabila tidak maka sesuatu hal apapun seperti halnya bayar hutang ini, harus di garis bawahi hutang itu dibawa sampai mati dan harus dipertanggungjawabkan di akhirat kelak, untuk yang punya hutang tidak boleh berfikir untuk tidak melunasi hutang, kalau misalkan anda lupa maka yang harus anda lakukan adalah coba untuk mengingatkan ke siapapun yang dirasa anda memiliki hutang kepadanya.

Cicil hutang dengan konsisten ketika mendapatkan penghasilan

Hutang apabila kalau misalkan kita bayarnya langsung secara keseluruhan pastinya akan berat, makanya kita harus mencicil dengan konsisten berapapun kita memiliki uang, jangan pernah berfikir karena uangnya masih sedikit bayar hutangnya nunggu uangnya ngumpul dulu baru dibayarkan, jangan pernah menunda – nunda untuk membayar hutang.

Pendapatan tidak selalu dari gaji, ketika mendapat penghasilan dari manapun mungkin juga ada dikasih dari tetangga atau dikasih dari saudara atau bisa saja dari anak, misalkan anaknya udah besar – besar udah punya penghasilan sendiri selalu sisihkan untuk bayar hutang misal pisahkan 20% sampai 30% dari pendapatan untuk mencicil hutang, kalau misalkan kita masih punya hutang apalagi hutang besar kita jangan dulu mikir untuk nabung kita harus fokus untuk melunasi hutang, misal persentase anggaran 20% untuk menabung kita ganti dulu untuk mencicil hutang ini.

Jangan menambah hutang (gali lobang tutup lobang)

Usahakan jangan menambah hutang baru selama kita masih punya hutang, jangan sampai kita nambah hutang yang baru karena itu tidak akan selesai selesai, jangan membayar hutang dengan berhutang atau istilahnya itu gali Lobang tutup lobang itu enggak akan nyelesain masalah.

Gali lobang tutup lobang bukan solusi, untuk bayar hutang terus kita pinjam lagi ini akan membuat hutang bertumpuk dan pada akhirnya tidak akan selesai – selesai.

Sebisa mungkin tekan pengeluaran yang tidak penting

Tekan pengeluaran, tekan pengeluaran disini adalah kita putuskan dulu untuk kewajiban dan kebutuhan pokok, contohnya pengeluaran yang tetap misalkan bayar listrik iuran RT Mungkin untuk bayar air bayar sampah itu kan sebagai pengeluaran tetap.

Terus kalau misalkan kita punya tagihan internet untuk menjalankan usaha gitu yang harus dibayar dan memang kita butuh untuk keseharian kita juga, kita harus bayar kan terlebih dahulu jangan sampai membuat usaha terhambat. Nah, itu kita fokus ke kewajiban dulu dan kebutuhan pokok, kenapa saya bilang kebutuhan pokok karena kadang ada yang kebutuhan sekunder atau yang nggak pokok, mungkin belanja bulanan kita bisa beli yang penting penting nya saja, jadi kalau misalkan bulan ini biasanya mungkin beli minyak yang berapa liter kita turunin dihemat atau kurangi.

Mungkin pas belanja bulanan kita biasanya ngambil cemilan ini minuman itu coba itu untuk distop dulu selama kita ingin proses melunasi hutang, karena lumayan kan kita beli cemilan harganya 5.000 10.000 dikali berapa itu bisa untuk mencicil hutang, jadi untuk hal-hal yang sifatnya kayak bersenang-senang hangout mungkin main sama temen apa lagi liburan kita, itu kita stop dulu aja, pokoknya di sini harus fokus dulu untuk melunasi hutang

Cari kerja sampingan untuk menambah penghasilan

Cobalah cari – cari usaha atau kerja sampingan untuk menambah penghasilan, penghasilan tambahan adalah hal yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan, dengan ini secara otomatis dari penghasilan tambahan bisa disisihkan untuk membayar atau mencicil hutang.

Terus berdo’a.

Selalu brdo’a kepada Allah agar dimudahkan itu penting banget, segala sesuatunya itu bukan datang begitu saja, ada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kita hanya berusaha yang menentukan hasil dan tidaknya itu kehendak Allah, kalau kita enggak atau tidak mendekatkan diri kepada Allah jadi kayaknya sia-sia saja kalau kita jauh dari Allah.

Ketika hutang sudah lunas jangan menghutang lagi

Ketika hutang sudah lunas usahakan jangan menghutang lagi apalagi kita tidak memiliki penghasilan yang tetap, boleh saja menghutang namun harus benar – benar diperhitungkan untuk membayarnya, usahakan kita bisa membayar tepat waktu, apabila bayarnya dengan mencicil maka usahakan kita bisa membayar dari sebagian penghasilan tetap kita, bukan dari penghasilan sampingan yang tidak menentu.

Baca juga: 5 cara nabung yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Cukup sekian tips melunasi hutang dengan cermat, masih banyak tips – tips cara melunasi hutang yang bisa dilakukan selain yang dipaparkan diatas, yang terpenting adalah ketika memiliki hutang bulatkan niat dalam hati untuk membayar secepatnya walau sekemampuan dari penghasilan yang didapatkan berapapun, jangan pernah menunda – nunda untuk membayar hutang, ketika hanya ada seribu bayarkan uang seribu tersebut.