Tips Beli Cooling Pad Untuk Laptop, Ini Yang Perlu Diperhatikan

  • Whatsapp

Tips beli cooling pad – Kebanyakan orang yang memiliki laptop pasti menimbang untuk beli cooling pad. Alas laptop dengan ekstra kipas ini memang berguna menjaga suhu laptop selama bermain game ataupun bekerja. Ukuran kecil pada laptop sering membuat fungsi pendingin di dalamnya gagal bekerja baik. Karena itu dukungan dari cooling pad untuk laptop dapat dinilai penting.

Karena perannya penting, Anda tidak boleh sembarangan membeli cooling pad. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk beli. Berikut adalah hal – hal penting tersebut:

Bacaan Lainnya
tips beli cooling pad

Ukuran dari Cooling Pad.

Pastikan ukuran cooling pad dengan laptop Anda compatible. Beberapa cooling pad memiliki clip untuk dipakai dengan berbagai ukuran. Clip ini bisa mengunci notebook kecil sampai laptop gaming yang besar secara pas. Tapi tidak semua cooling pad memiliki fitur ini.

Beberapa cooling pad hanya bisa digunakan khusus untuk ukuran tertentu. Jika ukuran tidak pas, cooling pad tidak akan terpasang nyaman. Hal seperti ini membuat laptop di atasnya tidak bisa terpasang nyaman. Jika laptop bergerak bebas di atas cooling pad, tentu Anda juga susah menggunakannya.

Kekuatan Kipas.

Hal berikutnya yang penting diperhatikan adalah kekuatan kipas. Dalam hal ini banyak orang terjebak dengan jumlah kipas yang ada di cooling pad. Hal yang lebih penting daripada jumlah kipas adalah kekuatan dari kipas tersebut.

Kipas yang banyak tapi RPM-nya rendah tentu menghasilkan aliran udara yang lemah juga. Untuk tahu tentang hal ini, cek spec dari cooling pad untuk laptop yang ingin dibeli. Jika ada informasi RPM yang jelas, Anda baru beli barang tersebut.

Alur Udara Pada Laptop.

Terkadang ada laptop yang tidak bisa dibantu proses cooling-nya dengan pad. Hal ini terutama pada desain laptop dengan alur udara yang tidak biasa. Beberapa laptop mengambil udara dari bawah laptop dan membuangnya ke sisi – sisi laptop. Untuk model ini, pad dapat membantu aliran udara pendingin di laptop tersebut.

Tapi ada juga laptop dengan air intake dan air exhaust di bawah laptop. Jika memakai pad pada laptop seperti ini, udara panas dari exhaust akan ditekan oleh kipas. Hasinya aliran udara tidak lancar dan membuat laptop tetap tidak dingin. Untuk tipe laptop ini, Anda disarankan menggunakan pad yang lebih spesifik mengakomodasinya.

Kenyamanan Menggunakan Cooling Pad.

Kenyamanan menggunakan cooling pad juga menjadi hal utama. Laptop adalah alat portable dan bebas digunakan. Mulai dari dipangku atau digunakan di atas tempat tidur bisa menjadi preferensi penggunaan. Untuk mendukung penggunaan portable ini, Anda harus cari cooling pad yang memiliki fitur portable juga.

Fitur yang Ditawarkan.

Hal terakhir yang penting dipikirkan adalah fitur. Beberapa cooling pad memiliki fitur pengaturan kecepatan kipas, tambahan USB port, control arah aliran udara dan masih banyak lagi. Tergantung kebutuhan Anda, pastikan fitur – fitur ini bermanfaat untuk laptop yang digunakan.

Sekian bahasan tips beli cooling pad, penting harus diperhatikan sebelum beli cooling pad untuk laptop. Mudah – mudahan bahasan di atas bisa berguna bagi Anda sekalian. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *