Tips Atasi Laptop Mudah Mati yang Bisa Anda Coba

Ketika laptop digunakan produktif tiba –  tiba saja mati, hal tersebut memang menjadi suatu aspek yang benar – benar menyebalkan. Terlebih kalau laptop tiba – tiba mati di tengah deadline yang sedang dikerjakan. Wow, gubrak pastinya!

Kondisi laptop yang semacam itu tentu tidak boleh dibiarkan berlama – lama. Karena kalau Anda biarkan berlama – lama tentu saja semua deadline dan pekerjaan Anda akan bermasalah semuanya.

Untuk mengatasinya, ada beberapa tips atasi laptop mudah mati yang Anda bisa terapkan. Informasi selengkapnya dapat Anda simak berikut ini!

Tips Atasi Laptop Mudah Mati yang Bisa Anda Coba

Tips atasi laptop mati karena overheat (panas)

Laptop yang cepat panas dapat menjadi penyebab laptop mati sendiri. Gejala awal dimulai ketika laptop mulai restart secara tiba – tiba.

Laptop yang cepat panas sendiri sebenarnya terjadi karena diakibatkan oleh adanya aktivitas pengguna yang memanfaatkan pada tempat yang ringan seperti halnya kasur, bantal atau karpet dengan bulu – bulu.

Cara penggunaan sebuah laptop semacam itu sebenarnya berpotensi menjadikan sirkulasi udara baik yang keluar atau masuk sehingga udara panas yang terdapat didalam laptop tidak bisa keluar dan juga tetap berada di dalam yang menjadi penyebab perangkat hardware laptop turut panas.

Cara dalam mengatasinya pun sangat mudah. Anda harus membiasakan diri untuk menggunakan laptop dengan cara yang baik dan benar. Pastikan alasan yang digunakan rata dank eras sehingga tidak akan mengganggu adanya sirkulasi keluar masuknya udara.

Tips atasi laptop mati tiba – tiba karena RAM yang bermasalah

Walau RAM berada didalam laptop, akan tetapi tidak menutup kemungkinan debu bisa masuk dan mengotori memori RAM. Kotoran pada memori RAM dapat menghambat kinerja laptop bahkan juga dapat membuat laptop hang atau mati secara tiba – tiba.

Tips atasi laptop yang mati tiba – tiba karena memori RAM yang bermasalah adalah dengan secara rutin membersihkan bagian dalam laptop secara berkala. Secara khusus untuk memori RAM, gunakan penghapus atau tisu kering untuk membantu dalam membersihkan debu dari kuningan yang terdapat di bagian atas.

Selain itu dalam membantu mengurangi dampak masuknya debu ke dalam laptop, jangan Anda gunakan laptop di tempat yang berpotensi banyak debu bertebaran.

Mengatasi laptop mati karena pasta processor yang kering

Pasta processor memiliki fungsi untuk menghambat panas processor menuju ke bagian heatsink. Jadi jika pasta atau Thermal Processor mengering, maka bisa jadi panas akan sampai ke heatsink. Hal ini pastinya sangat berpengaruh pada processor karena dapat merusak komponen penting didalamnya.

Hal tersebut berakibat menjadikan laptop sering mati sendiri atau bahkan harus mengganti prosesor karena masalah tersebut. Sebagai cara mengatasinya, Anda bisa mengganti atau membeli Thermal Pasta kemudian mengoleskan secara merata di bagian kipas processornya.

Mengatasi laptop yang mati tiba – tiba karena mainboard yang bermasalah

Mainboard yang bermasalah dapat dialami karena laptop yang sudah berumur. Selain itu bisa karena aktivitas multitasking yang terlalu menguras kinerja laptop setiap harinya.

Mainboard laptop lama sebenarnya memiliki spesifikasi yang komponen dalamannya tidak begitu update sehingga akan banyak aplikasi dan game yang akan memberatkan sehingga dapat menguras tenaga komponen yang bersangkutan.

Laptop dengan mainboard versi paling lama yang digabungkan dengan aplikasi modern yang menuntut spesifikasi membuat laptop akan sering mengalami crash bahkan mati sendiri.

Mengatasinya harus dengan Anda lakukan upgrade komponen yang ada dengan didukung perangkat baru yang sesuai kebutuhan. Itulah beberapa tips atasi laptop mudah mati yang Anda bisa coba. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Gravatar Image
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *