Tips Agar Tidak Terjebak Shopping Scams Online


Ayo, siapa yang suka belanja online? Pasti banyak dong dan mungkin Anda salah satunya! Belanja online itu sangat praktis dan hemat waktu. Tapi, kadang kita juga harus waspada karena ada penipuan belanja online yang disebut dengan “shopping scams”.

Nah, kali ini kita akan berbagi beberapa tips agar kamu tidak terjebak dalam shopping scams online.

  1. Pastikan website yang kamu gunakan untuk belanja online adalah website resmi dari toko atau merek yang kamu cari. Jangan mudah tergiur oleh harga yang terlalu murah atau tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.
  2. Selalu cek alamat website yang kamu kunjungi. Pastikan alamat website yang kamu kunjungi adalah alamat website resmi dari toko atau merek yang kamu cari.
  3. Jangan memberikan informasi pribadi seperti nomor kartu kredit atau nomor rekening kepada siapapun. Jika ada website yang meminta informasi pribadi seperti itu, lebih baik jangan memberikan dan cari website lain yang lebih aman.
  4. Jangan terburu-buru dalam melakukan transaksi. Sebelum melakukan transaksi, pastikan kamu sudah membaca dengan seksama tentang produk yang akan dibeli, termasuk deskripsi produk, harga, dan syarat dan ketentuan dari toko atau merek yang kamu cari.
  5. Jangan pernah memberikan kode verifikasi yang diterima via SMS kepada siapapun. Kode verifikasi ini hanya digunakan untuk verifikasi transaksi dan harus dijaga kerahasiaannya.
  6. Jangan pernah mengklik link yang diterima dari pengirim yang tidak dikenal. Link tersebut bisa saja mengarah ke website yang tidak aman.

Ingat, kamu selalu harus waspada dan berhati-hati dalam melakukan belanja online. Jangan sampai kamu menjadi korban dari shopping scam online. Selalu pastikan kamu melakukan transaksi di website yang aman dan terpercaya. Happy shopping!

Related Posts :  Ciri Orang penipu online, via Telpon, WhatsApp, SMS

Ada beberapa ciri-ciri yang perlu diwaspadai ketika melakukan belanja online, agar kamu tidak terjebak dalam shopping scam. Beberapa ciri-ciri tersebut diantaranya:

  1. Harga yang terlalu murah: Jika harga produk yang kamu lihat di website terlalu murah dibandingkan dengan harga produk yang sama di toko atau website lain, itu bisa menjadi tanda bahwa website tersebut adalah website penipuan.
  2. Website yang tidak memiliki nomor kontak atau alamat: Jika website yang kamu kunjungi tidak memiliki nomor kontak atau alamat yang jelas, itu bisa menjadi tanda bahwa website tersebut adalah website penipuan.
  3. Meminta informasi pribadi seperti nomor kartu kredit atau nomor rekening: Jika website yang kamu kunjungi meminta informasi pribadi seperti nomor kartu kredit atau nomor rekening, itu bisa menjadi tanda bahwa website tersebut adalah website penipuan.
  4. Meminta untuk melakukan transfer dana sebelum produk dikirim: Jika website yang kamu kunjungi meminta kamu untuk melakukan transfer dana sebelum produk dikirim, itu bisa menjadi tanda bahwa website tersebut adalah website penipuan.
  5. Grammar dan tata bahasa yang buruk: Jika website yang kamu kunjungi memiliki grammar dan tata bahasa yang buruk, itu bisa menjadi tanda bahwa website tersebut adalah website penipuan.
  6. Menyediakan nomor telepon yang hanya dapat dihubungi melalui aplikasi chatting

Ingat, untuk selalu berhati-hati dan waspada ketika melakukan belanja online. Jangan mudah tergiur oleh harga yang terlalu murah atau tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Selalu pastikan kamu melakukan transaksi di website yang aman dan terpercaya. Happy shopping!

Shopping scam online adalah bentuk penipuan yang dilakukan melalui internet, dimana pelaku mengelabui korbannya untuk membeli produk atau jasa yang tidak ada atau tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Pelaku shopping scam online biasanya menggunakan website atau akun media sosial yang menirukan toko atau merek yang terkenal, dengan menawarkan harga yang sangat murah atau tawaran yang terlalu menarik untuk menjadi kenyataan.

Related Posts :  Cara melaporkan Rekening Penipuan di situs Kominfo

Pelaku shopping scams online dapat mengambil informasi pribadi dan keuangan dari korban dengan mengajukan informasi seperti nomor kartu kredit atau nomor rekening, serta meminta korban untuk melakukan transfer dana sebelum produk dikirim. Setelah menerima dana, pelaku shopping scam online biasanya akan menghilang tanpa memberikan produk atau jasa yang dijanjikan.

Ini adalah jenis penipuan yang sangat berbahaya karena korban dapat kehilangan uang dan informasi pribadi yang sangat sensitif. Oleh karena itu, penting untuk selalu waspada dan berhati-hati ketika melakukan belanja online, dan selalu pastikan kamu melakukan transaksi di website yang aman dan terpercaya.

Tinggalkan komentar