Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

20 Tempat Wisata Di Jakarta Mungkin Salah Satunya Adalah Pavorit Anda

3 min read

Beberapa tempat wisata di Jakarta yang sering dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara

Jakarta yang selalu diidentikan dengan macet, banjir, dan lain-lain, juga punya beberapa tempat wisata yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi ibukota negara ini. Mengingat kota ini merupakan kota yang selalu sibuk dan tidak pernah sunyi, tempat wisata hadir untuk melepas segala penat setelah beraktivitas di ibukota.

Beberapa tempat wisata di Jakarta yang sering dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara bisa dilihat di bawah ini.

1. Monumen Nasional (Monas)

Tugu yang merupakan ikon dari ibukota ini berlokasi di Gambir, Jakarta Pusat serta memiliki tinggi 132 meter dan pahatan emas berbentuk api di atasnya. Terdapat diorama yang menceritakan perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan untuk mendapatkan kemerdekaan.

Terdapat halaman yang sangat luas dan bisa digunakan untuk beraktivitas fisik.

2. Ice Skating Sky Rink

Area ice skating yang berlokasi di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat ini siap memberikan suasana liburan yang berbeda, bermain skating dengan suasana yang cukup dingin. Jika saat ke sini tidak membawa perlengkapan, di sini telah menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan nantinya, mulai dari sarung tangan hingga kaus kaki, kecuali jaket. Oleh karena itu usahakan bawa jaket agar tidak kedinginan ketika bermain nantinya.

3. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol yang berlokasi di Pademangan, Jakarta Utara, memiliki beberapa atraksi hiburan dengan daya tariknya masing-masing.

RELATED :  Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Dataran Dieng

Ada Dunia Fantasi (Dufan) yang menyajikan permainan-permainan pemacu adrenalin, kemudian ada Sea World yang menyajikan biota-biota bawah laut di akuarium khusus, selain itu ada Atlantis Water Adventure yang merupakan water park dengan wahana yang juga memacu adrenalin, dan beberapa-beberapa atraksi lainnya yang juga tidak kalah menarik seperti Pantai Ancol, Ocean Eco Park, dan lain-lain.

4. Wisata Alam Angke Kapuk

Berlokasi di Angke Kapuk yang masuk dalam wilayah utara Jakarta, di sini Anda akan merasakan rindangnya hutan mangrove, bahkan bisa menggunakan perahu untuk menikmati seluruh kawasan hutan mangrove. Cocok untuk melepas penat dari hiruk-pikuk perkotaan.

5. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan menyajikan lebih dari 2.000 ekor satwa dari berbagai macam spesies dan 50.000 koleksi tumbuhan yang bisa dilihat ketika menyusuri hutan tropis mini.

6. Kota Tua Jakarta

Kota Tua menjadi wilayah yang wajib dikunjungi karena menawarkan suasana Jakarta tempo dulu yang bisa dilihat melalui bangunan peninggalan Belanda yang masih kokoh berdiri hingga saat ini.

Ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di Kota Tua, mulai dari Museum Fatahillah Jakarta yang memiliki banyak koleksi peninggalan sejarah, seperti benda purba zaman pra sejarah hingga benda peninggalan.

Kemudian ada Museum Wayang Jakarta yang menampilkan koleksi wayang, boneka, gamelan hingga topeng yang berasal dari Indonesia dan juga negara lainnya seperti Thailand, Vietnam, India, Tiongkok, Vientam, Suriname, dan Kolombia.

Selain itu ada Museum Bank Indonesia yang merupakan peninggalan De Javasche dan memberikan informasi-informasi perjalanan dunia perbankan di Indonesia, serta tempat-tempat bersejarah lainnya seperti Stasiun Kereta Api Kota, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Seni Rupa dan Keramik, hingga Museum Bahari Jakarta.

7. Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid terbesar di Asia Tenggara yang berada di Jalan Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat memiliki gaya arsitektur yang megah dan indah. Mesjid ini dibangun sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia. Masjid ini juga bisa digunakan bagi umat yang mau beribadah.

RELATED :  Mau Wisata Ke Bali, Kunjungi Salah Satu dari 10 Destinasi Ini Yuk!

8. Gereja Katedral Jakarta

Tempat ibadah yang berlokasi tidak jauh dari Masjid Istiqlal ini juga memiliki gaya arsitektur neo-gotik yang indah nan unik. Gereja ini biasanya digunakan bagi umat yang hendak beribadah dan menjadi lokasi yang sering digunakan untuk prewedding.

9. Bianglala J-Sky

Wahana bianglala terbaru bernama J-Sky ini berlokasi di AEON Mall yang berada di wilayah Cakung, Jakarta Timur. Dengan tinggi sekitar 69 meter dan diameter 50 meter, Anda bisa melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian melalui gondolanya yang berjumlah 32 buah.

10. Taman Mini Indonesia indah (TMII)

Tempat wisata keluarga yang berada di Cipayung, Jakarta Timur ini memiliki banysak sekali wahana-wahana yang cocok untuk keluarga dan banyak sekali wahana-wahana yang edukatif untuk anak-anak. Gedung teater IMAX yang berbentuk seperti keong menjadi ikon TMII.

11. Kepulauan Seribu

Ingin merasakan pantai dengan suasana yang begitu indah, Kepulaun Seribu yang terdiri dari beberapa pulau menawarkan pasir putih dan laut yang jernih berwarna biru. Beberapa pulau yang bisa dikunjungi yakni Pulau Tidung, Pulau Macan, Pulau Bidadari, dan masih banyak lagi.

12. Kampoeng Cina Jakarta

Kampoeng Cina yang merupakan bagian dari Kampoeng Wisata menawarkan bangunan unik dengan gaya arsitektur Cina. Terdapat berbagai macam tenant yang menjual barang-barang khas Cina, tempat makan, dan jika ada perayaan tertentu biasanya ada bazaar dan atraksi barongsai.

13. Rumah si Pitung Jakarta

Rumah ini terkenal sebagai rumah saudagar kaya yang direbut oleh Pitung, tokoh asli Betawi yang selalu membela rakyat miskin yang menderita pada masa penjajahan Belanda. Banyak sekali perabotan kuno, patung dengan pakaian khas Betawi, serta lampu gantung kuno di atas meja yang akan membawa Anda ke nuansa jaman dahulu.

RELATED :  Mau Bepergian? Simak Tips Packing Terlengkap Ini!

14. Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang merupakan pusat perbelanjaan yang menawarkan segala aneka ragam pakaian berkualitas ekspor dengan harga yang cukup murah. Pakaian yang dijual berbagai macam, mulai dari koleksi pakaian lelaki dan perempuan, baju muslim, baju anak, tas-tas, hingga sepatu. 

15. Kuliner Malam Pecenongan

Jika ingin berburu kuliner di malam hari, Anda bisa menuju ke Jalan Pecenongan di area Sawah Besar, Jakarta Pusat. Jalan Pecenongan mulai terlihat aktivitasnya dari sore hingga malam dan menyediakan berbagai macam aneka makanan, mulai dari kios martabak, warung padang, nasi uduk, dan lain-lain, yang harganya juga bervariasi mulai dari harga kaki lima, hingga harga restoran.

16. Setu Babakan

Berlokasi di Srengseng, Jakata Selatan, Setu Babakan yang awalnya merupakan danau dengan fungsinya sebagai tempat resapan air, kini menjadi pusat perkampungan budaya Betawi mulai dari kesenian, kuliner, hingga upacara adat, yang dibuat untuk mempertahankan sekaligus menjadi rekreasi edukatif tradisi budaya Betawi.

17. Wisata Jakarta Aquarium

Tempat konservasi satwa hasil kerjasama dengan Taman Safari dan KLCC ini menampilkan keanekaragaman satwa air dan darat yang ada di Indonesia. Berbagai atraksi seperti Otter Tunnel, Touch pool, Seatrekking, hingga menyelam bersama ikan hiu yang akan dipandu oleh instruktur pengalaman dan penyelam yang memiliki sertifikat selam.

18. Museum Joang ‘45 Jakarta

Museum Joang ’45 menyajikan koleksi benda-benda bersejarah Indonesia, seperti koleksi foto, hingga lukisan tentang perjuangan bangsa melawan penjajah. Museum Joang ’45 juga menyediakan wahana edukatif seperti Bioskop Joang ’45 yang memutar film-film dokumenter, foto studio dengan kostum pejuang, ruang bermain anak, perpustakaan, hingga toko souvenir.

19. Kelenteng Jin De Yuan

Kelenteng yang dibangun pada tahun 1650 di Kawasan Pecinan Lama, Glodok menawarkan bangunan yang identik dengan budaya Cina dan Konghucu serta merupakan tempat ibadah bagi umat Konghucu.

20. Museum Gajah

Museum Gajah menyimpan berbagai macam koleksi peninggalan sejarah mulai mahkota asli dari para raja-raja di Indonesia terdahulu, prasasti, tembikar, pakaian, kerajinan keramik, hingga senjata. Patung gajah berukuran besar menjadi ikon Museum Gajah yang berada di halaman depan museum ini.

Itulah 20 destinasi tempat wisata yang ada di di Jakarta yang bisa Anda kunjungi, dan masih banyak lagi yang tidak disebutkan disini yang tentunya tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×