Tempat-Tempat Wisata Di Bogor

Kota Bogor yang masuk dalam wilayah Jawa Barat merupakan kota yang tergabung dalam wilayah megapolitan Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi).

Karena inilah Bogor masih bisa diakses dengan jarak dan waktu tempuh yang tidak lama, baik melalui transportasi pribadi maupun transportasi umum seperti kereta KRL (commuter line).

Namun untuk menghemat waktu lebih baik menggunakan commuter line karena perjalanannya yang bebas hambatan ketimbang harus berhadapan dengan kemacetan ketika menggunakan transportasi pribadi.

Kota ini dikenal sebagai kota hujan dikarenakan intensitas hujan yang lebih sering dibandingkan dengan kota lainnya. Selain itu, Bogor memiliki hawa yang sejuk dikarenakan berada di ketinggian hingga 330 meter di atas permukaan laut.

Berikut beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika sedang berlibur di Bogor:

  1. Kebun Raya Bogor – Jika ingin belajar tentang sejarah sekaligus melihat pemandangan hijau yang menyegarkan mata, maka Kebun Raya Bogor bisa menjadi tempat yang pas untuk mendapatkan semuanya. Anda bisa menemukan Danau Gunting, museum zoologi berisi koleksi satwa yang telah diawetkan, Monumen Raffles, dan beberapa tempat bersejarah lainnya. Meskipun terdapat beberapa hal-hal yang berbau mistis, namun ini tidak menyurutkan wisatawan untuk datang ke tempat ini.
  2. Curug Cibaliung – Air terjun tersembunyi ini tidaklah telalu tinggi, namun begitu deras dan terlihat jernih. Jernihnya air membuat sungai muara dari Curug Cibaliung terlihat berwarna hijau toska, warna ini sangat terlihat jika sudah memasuki musim panas. Untuk mencapai tempat ini, Anda diharuskan untuk trekking terlebih dahulu kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Ketika sedang trekking, Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah sehingga mampu melupakan sejenak kepenatan di ibukota.
  3. Kebun Raya Cibodas – Tempat ini menyediakan berbagai macam pepohonan dan tumbuhan, mulai dari yang tua hingga yang muda. Ada taman lumut, air terjun, rumah kaca, bahkan ada pohon sakura yang tumbuh begitu subur dan mekar dua kali dalam setahun. Ini dikarenakan iklimnya sangat cocok bagi bunga sakura untuk mekar hingga dua kali, berbeda dengan Jepang yang hanya mekar 1 kali dalam setahun di musim semi.
  4. Little Venice Kota Bunga – Tempat wisata yang dulunya merupakan penginapan ini menawarkan suasana mirip dengan suasana Eropa, lebih tepatnya kota Venice yang berada di Italia karena Anda bisa menyusuri sungai sambil melihat pemandangan rumah berarsitektur Eropa di setiap sisi sungai. Selain itu banyak wahana lainnya yang siap menghibur Anda ketika sedang berada di sana.
  5. Taman Safari Indonesia – Tempat konservasi satwa-satwa langka ini juga dibuat untuk wisata alam bersama keluarga, sekaligus sebagai sarana edukasi. Satwa-satwa bisa bergerak bebas karena mereka ditempatkan di lingkungan yang mirip dengan habitat aslinya. Pengunjung bisa melihat dan berinteraksi dengan hewan-hewan dari dekat baik menggunakan mobil pribadi ataupun bus khusus. Meskipun diperbolehkan berinteraksi, tetapi tidak diperbolehkan jika sedang melewati hewan buas.
  6. Istana Bogor – Istana yang merupakan tempat tinggal presiden ini boleh dikunjungi dengan syarat ketua rombongan membuat surat permohonan izin untuk mengunjungi istana. Untuk masyarakat umum yang ingin berkunjung, tidak perlu membuat surat kunjungan dan langsung mendaftar di ISTURA.
  7. Rumah Pohon & Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol – Rumah pohon yang dibangun di sebuah pohon yang besar yang terletak di tebing dengan jurang yang dalam. Dari gerbang Curug Ciherang dibuat jembatan kayu untuk dapat sampai ke rumah pohon. Meskipun begitu, di tengah perjalanan Anda bisa berfoto dengan latar jurang dan pepohonan yang tumbuh tinggi.
  8. Jungle Land Theme Park – Jika ingin liburan yang menantang, ada Jungle Land Theme Park yang memiliki berbagai macam wahana yang siap memacu adrenalin. Terkadang banyak wisatawan sering tertukar dengan Jungle Water Park karena nama yang hampir mirip.
  9. Fly Indonesia Paragliding – Bagi yang mau mencoba olahraga ekstrim, Fly Indonesia Paragliding akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Olahraga ekstrim ini akan dipandu oleh yang sudah berpengalaman di bidangnya mengingat Anda akan terbang bersama instruktur dari ketinggian 1.300 meter di atas laut dan mendarat di tempat yang telah ditentukan. Meskipun begitu, Anda bisa melihat pemandangan yang begitu indah layaknya seekor burung yang sedang terbang.
  10. Cimory Riverside – Cimory Riverside menjadi tempat berlibur sekaligus bisa meminum susu segar ataupun produk olahan susu lainnya. Selain itu Anda bisa sambil melihat proses pemerasan susu sapi. Selain itu terdapat pemandangan alam yang cantik dan bisa dijadikan sebagai spot foto. Ada restoran untuk mengisi tenaga ketika sudah puas menjelajah seluruh tempat ini.
  11. Wisata Penangkaran Rusa Cariu – Melihat berbagai jenis rusa sambil menikmati pemandangan yang begitu indah menjadi nilai lebih bagi tempat wisata ini. Tidak hanya sekedar melihat, Anda juga diperbolehkan untuk memberi makan dan bermain dengan rusa-rusa ini.
  12. Danau Quarry – Danau Quarry bukanlah danau alami, namun terbentuk karena galian tambang yang sudah lama dibiarkan. Hujan yang terus-menerus membuat galian ini menampung air hujan dan jadilah danau ini. Air danau yang berwarna kehijauan dan keindahan tebing bebatuan menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk sekedar berfoto di danau ini. Di balik keindahannya, pengunjung diimbau untuk berhati-hari ketika sedang berada di danau ini karena Danau Quarry memiliki kedalaman hingga 23 meter.
  13. Pura Parahyangan – Sebagai tempat ibadah untuk penganut agama Hindu, tempat ini juga terbuka bagi penganut agama lainnya, meskipun begitu ada beberapa peraturan tertulis yang dipasang sebelum di setiap pintu masuk pura karena fungsinya sebagai tempat beribadah. Anda diminta untuk tetap bersikap tenang dan sopan ketika ada orang yang sedang beribadah di pura ini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan di sekitar pura yang begitu menyejukkan mata.
  14. Pasar Ah Poong – Wisata kuliner yang unik di Bogor ini menyajikan tempat makan dengan konsep outdoor dan menggabungkan keindahan pemandangan Sungai Cikeas. Tempat makan di sini menyajikan berbagai aneka makanan yang bisa dipilih sesuai keinginan. Sambil menunggu. Tersedia taman yang diperuntukkan untuk anak-anak atau bisa menaiki perahu sampan yang terbuat dari kayu dan Anda akan dibawa mengitari Sungai Cikeas untuk menikmati indahnya suasana Pasar Ah Poong serta bisa membeli sayur dan buah-buahan yang dijual oleh kapal kayu lainnya.
  15. Taman Bunga Nusantara – Taman ini memiliki banyak sekali berbagai macam taman mulai dari Taman Air yang memperlihatkan tumbuhan-tumbuhan air dari berbagai negara, kemudia ada Taman Mawar yang memiliki berbagai jenis mawar, Taman Labirin, Taman Bali yang memiliki tumbuhan-tumbuhan tropis dengan suasana Bali, Taman Perancis yang begitu rapi, Taman Palem dengan berbagai macam aneka palem, Taman Jepang dengan suasana khas Jepang, hingga area rumah kaca yang diperuntukkan untuk tumbuhan-tumbuhan yang tidak bisa tumbuh subur di Indonesia.

Itulah beberapa tempat wisata di kota Bogor yang bisa dikunjungi, selain yang disebutkan diatas masih banyak lagi tempat yang lainnya tentunya tidak kalah menarik untuk dikunjungi di kota Bogor.

Gravatar Image
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *