3 tanda oli gardan motor matic harus diganti dan fungsinya


Ciri-ciri atau tanda oli gardan motor matic harus diganti adalah muncul kebisingan dari CVT, karena intensitas penggunaan motor yang tinggi, dan pemakaian sampai jarak tempuh tertentu.

Ganti oli gardan motormu jika melihat tanda-tanda ini

Tidak hanya oli mesin, pengguna motor matic juga harus mengganti oli gardan secara berkala. Cairan ini berperan sebagai pelumas komponen transmisi agar licin sehingga tidak menimbulkan kerusakan ketika terjadi gesekan. Setidaknya, ganti cairan pelumas ini setiap 6-8 bulan sekali atau tergantung jarak yang di tempuh. Berikut adalah tanda-tanda oli gardan motor matic sudah harus diganti.

Tanda – tanda oli gardan motor matic harus diganti.

Berikut adalah tanda – tanda oli gardan motor matic harus ganti:

tanda oli gardan motor matic harus diganti

Jarak tempuh pada odometer

Odometer merupakan alat penunjuk jarak tempuh pada suatu kendaraan. Umumnya, penggantian oil gardan dilakukan setiap kali kendaraan menempuh jarak 6000-8000 km. Dengan melihat alat odometer, Anda akan mengetahui berapa jarak yang ditempuh motor matic Anda dan kapan harus menggant oli gardan.

Kebisingan dari suara boks CVT

Kebanyakan pengendara sudah paham mengenai keharusan mengganti oli mesin secara rutin. Namun sayangnya, mereka sering lupa mengganti oli gardan. Padahal, oli gardan memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu untuk melumasi dan melancarkan kinerja gear ratio pada sistem transmisi otomatis. Pengabaian ini tentu akan merusak gear ratio yang dapat menimbulkan suara bising dari bagian CVT. Kebisingan yang ditimbulkan cukup mengganggu saat berkendara.

Suara berisik tersebut timbul akibat dari gesekan komponen gear ratio karena gesekan yang terjadi akibat kekentalan pelumas berkurang. Sebaiknya, segera lakukan penggantian oli gardan begitu muncul suara berisik. Jika terlalu lama dibiarkan, hal ini akan menyebabkan kerusakan makin parah. Imbasnya, Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Intensitas pemakaian motor matic yang tinggi

Umumnya, jadwal penggantian oli gardan telah tercantum dengan jelas di dalam buku panduan servis saat pembelian. Tidak hanya penggantian oli, tetapi juga berbagai komponen mesin motor lainnya. Jadwal tersebut berlaku bagi penggunaan motor yang wajar dengan jarak tempuh normal, misalnya untuk menunjang mobilitas harian.

Namun, jika intensitas pemakaian motor melebihi rata-rata, penggantian pelumas sebaiknya dilakukan lebih cepat. Misalnya, kendaraan yang digunakan untuk jasa angkut barang atau  penumpang pastinya butuh penggantian pelumas lebih sering dan cepat.

Baca juga: Motor Matic Getar Tarikan Awal Pada Saat Melaju di RPM Rendah

Adapun fungsi oli gardan pada motor matic adalah sebagai berikut.

  • Melapisi seluruh komponen transmisi otomatis untuk mencegah terjadinya overheat akibat gesekanyang akan menimbulkan kerusakan
  • Membuat gerak transmisi atau perpindahan kecepatan lebih lancar sehingga kinerja lebih bagus dan motor akan lebih awet
  • Menghindari kerusakan gear transmisi yang akan memperbesar gesekan dan menghasilkan suara bising setiap kali berkendara

Efek negatif yang timbul jika terlambat mengganti oli gardan.

  • Muncul suara kasar dari mesin motor 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebisingan yang berasal dari CVT menandakan oli gardan harus egera diganti. Suara berisik tersebut bisa jadi disebabkan karena kerusakan pada sistem transmisi karena penurunan kekentalan oli akibat gesekan tanpa pelumas. Kondisi ini tentu dapat mengikis komponen logam pada sistem transmisi jika terus dibiarkan.

  • Muncul getaran pada saat kendaraan dipakai

Oli yang sudah tidak berfungsi maksimal membuat tipbang gardan tidak mampu lagi menahan beban dari motor. Akibatnya, body motor dan setang akan bergetar saat dikendarai, bahkan di jalan yang halus dan rata. Saat berada pada turunan, body motor akan bergetar lebih kencang.

  • Kerusakan pada bearing gardan

Oli gardan yang tidak juga diganti akan merusak komponen bearing gardan. Bearing gardan yang letaknya menempel pada bak CVT berfungsi menyelaraskan putaran mesin dan puli bagian depan. Kerusakan tersebut harus diganti dengan komponen yang baru.

Langkah-langkah penggantian oli gardan secara mandiri.

Berikut adalah langkah – langkah singkat cara ganti oli gardan, lengkapnya bisa di cek pada post tutorial ganti oli gardan:

  • Apabila melakukan sendiri di rumah siapkan oli gardan yang baru terlebih dahulu, oli bisa dibeli di toko sperpart atau bisa juga di dealer resminya, sebelum membeli pastikan Anda tahu tanda – tanda oli gardan motor matic yang asli supaya tidak salah beli, sekarang banyak barang tiruan dipasaran, apalagi ketika membeli oli disembarang tempat.
  • Letakkan motor di area yang luas dan datar untuk mempermudah gerakan
  • Turunkan dua standar motor
  • Letakkan wadah di bawah baut yang terletak di dekat bagian CVT untuk menampung oli lama
  • Buka baut untuk menguras oli lama, tunggu hingga keluar semua
  • Miringkan motor untuk mengecek apakah oli sudah benar-benar terkuras habis
  • Jika sudah tidak tersisa, tutup lubang pembuangan dengan rapat
  • Buka baut bagian pengisi, tuangkan oli baru dengan bantuan corong agar lebih mudah
  • Pastikan oli baru sudah tertuang semua dengan cara menekan botol atau membiarkannya beberapa saat
  • Tutup baut pengisi dengan rapat

Demikian ulasan mengenai tanda oli gardan pada motor matic yang sudah harus diganti. Tanda – tanda oli gardan motor matic yang sudah harus diganti seperti disebutkan diatas memang bagi kebanyakan pengguna terkadang diabaikan atau tidak disadari, padahal ini tentunya sangat berimbas pada masa pakai part pada gardan itu sendiri. Disiplin mengganti pelumas sesuai dengan ketentuan tentunya akan membuat kendaraan Anda lebih awet.


Tinggalkan komentar