Tanda Keuangan Keluarga Tidak Sehat, Nomor 3 Paling Penting


Tanda-tanda keuangan keluarga tidak sehat saya kira ini wajib diketahui untuk bisa meminimalisir diawal. Keuangan keluarga tidak sehat tentunya jangan sampai terjadi dan harus berusaha untuk menghindarinya, ini adalah penyakit. Terkadang dengan tidak sadar atau tidak menyadarinya penyakit itu mulai menghampiri pada keluarga kita.

Untuk anda yang sudah berkeluarga, keuangan memang perlu diperhatikan demi keberlangsungan hidup kedepannya. Sebagai antisipasi, maka berikut ini kami bagikan beberapa tanda keuangan keluarga tidak sehat yang perlu anda ketahui.

Mengetahui kondisi keuangan memang penting hukumnya, karena jika anda lengah sangat berbahaya untuk nantinya. Terlebih jika anak-anak anda sudah mulai masuk dunia pendidikan, maka anda perlu menyiapkannya secara baik.

5 Tanda Keuangan Keluarga Tidak Sehat

Tanda Keuangan Keluarga Tidak Sehat
Tanda Keuangan Keluarga Tidak Sehat

Setidaknya ada 5 tanda keuangan keluarga tidak sehat yang perlu anda ketahui, dan kami akan menjelaskan secara detail mengenai poin-poinya. Selengkapnya simak di bawah ini :

  1. Memiliki Tanggungan Hutang Lebih dari 25% Penghasilan

Tanda keuangan keluarga tidak sehat yang pertama kali ini adalah, anda memiliki tanggungan hutang dengan jumlah lebih dari 25% penghasilan bulanan anda.  Parahnya lagi, jika hutang tersebut ternyata digunakan untuk memiliki barang-barang yang tidak begitu diperlukan, hanya demi gengsi.

Jika kondisi ini anda alam, maka perlu mencari solusi bagaimana cara menekan angka 25% tersebut agar semakin mengecil. Jika angsuran tidak bisa diturunkan, maka anda perlu meningkatkan penghasilan bulanan.

  1. Jumlah Saldo Tabungan Belum 3x Lipat Nominalnya dari Pengeluaran Bulanan

Cobalah untuk memeriksa isi rekening tabungan anda, dan periksa apakah nominal yang ada jumlahnya sudah 3x lebih besar dari pengeluaran bulanan rutin anda. Jika belum, maka itu termasuk tanda keuangan keluarga tidak sehat.

Related Posts :  Petunjuk EDC (INGENICO IWL 220)

Tabungan yang dimaksud ini benar-benar murni tabungan, uang sudah sengaja anda sisihkan untuk ditabung, bukan menjadi saldo pokok. Misalnya dalam sebulan memiliki pengeluaran tetap 3 juta, maka minimal tabungan yang anda miliki berjumlah 9 juta.

  1. Tidak Punya Dana Pensiun

Jika ditanya, tentu banyak orang yang ingin menghabiskan masa tuanya dengan bersantai di rumah. Namun faktanya, banyak orang yang sudah di usia senjanya tetap harus banting tulang untuk memberikan nafkah keluarga.

Berkaca dari hal tersebut, mungkin anda baru terfikirkan untuk memiliki dana pensiun. Tentu hal ini perlu anda siapkan mulai sekarang, sehingga anda bisa menikmati masa tua dengan tenang tanpa perlu kerja keras lagi. Karena tidak bisa dipungkiri, jika usia tidak bisa berbohong untuk melakukan pekerjaan yang berat.

  1. Tidak Punya Proteksi Keungan

Tanda keuangan keluarga tidak sehat selanjutnya adalah tidak memiliki proteksi keuangan. Proteksi keuangan yang di maksud disini adalah seperti asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Namun beberapa orang juga bisa mengkaitkannya dengan investasi, dengan begini maka bisa memproteksi keuangan anda dalam beberapa tahun kedepan. Beberapa contoh investasi yang bisa diambil mulai dari investasi emas, properti, kontrakan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya proteksi keuangan ini, maka anda pun juga bisa hidup lebih tenang di masa tua karena tak perlu bekerja keras lagi.

  1. Tidak Bebas Utang Konsumtif

Dan tanda keuangan keluarga tidak sehat yang terakhir kali ini adalah, anda masih terikat utang konsumtif. Permasalahan ini haruslah anda selesaikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Investasi memang menjadi proteksi keuangan yang sangat baik, namun jika anda masih memiliki tanggungan hutang konsumtif, dan tidak segera dihentikan, maka semua itu pun sia-sia. Pasalnya keuntungan yang anda peroleh ini akan dimanfaatkan untuk menutup hutang  tersebut.

Related Posts :  Limit Transaksi di Agen BRILINK

Nah cukup sekian dulu ulasan dari kami kali ini tentang tanda keuangan keluarga tidak sehat, semoga bermanfaat dan bisa jadi bahan pertimbangan anda nantinya.

Tinggalkan komentar