Starter Motor Aerox Mati, Kenali Apa Penyebabnya?

Diposting pada

Apa Penyebab Starter Motor Aerox Mati?

Masalah starter tentu bisa membuat kendaraan tidak bisa dipakai. Saat starter Aerox mati, Anda tidak bisa pakai motor matic ini sama sekali. Kerusakan ini bisa banyak penyebabnya. Untuk memastikan bisa mengidentifikasi benar, mari gunakan referensi dari video Jangeby Channel.

Dalam video perbaikan matic Aerox di channel ini, Anda bisa saksikan bahwa motor ini tidak menunjukan indikator apapun. Saat motor rusak, biasanya ada tanda kode tertentu di panel speedometer sebagai tanda. Tapi jika tidak ada tanda, apa yang harus dilakukan?

Cari Penyebab Lampu Kode Tidak Menyala

Starter Motor Aerox Mati

Saat lampu kode tidak menyala, tapi starter juga mati. Biasanya hal ini merujuk pada kode 12. Jika kode dibiarkan dan tidak segera ditangani, indikator eror bisa hilang. Apabila sampai tahap ini, perbaikan akan lebih sulit.

Mengapa demikian? Karena para montir tidak bisa langsung tahu apa masalah motor. Jika kode 12 masih menyala, montir bisa langsung tahu apa masalahnya dan menyelesaikan. Tapi jika sudah ahli dan tahu bahwa masalah starter selalu karena kode 12, perbaikan bisa langsung dilakukan.

Apa Arti Kode 12?

Saat kode ini muncul, pasti ada masalah pada sistem smart motor generator. Soket yang ada di situ bisa putus, konslet ataupun terhambat masalah lainnya. Berbeda dengan motor biasa, Aerox sudah menggunakan sistem yang lebih lunak dari segi hardware.

Karena itu, area ini sangat sensitif dan lebih rentan bermasalah. Jika tidak di cek rutin, kode 12 bisa terjadi. Biasanya box putih soket dibungkus dengan pelindung. Pastikan cek apakah pelindung ini masih bagus untuk mengetahui ada kerusakan.

Jika tidak ada kerusakan tapi kode 12, pastikan bongkar pelindung tersebut untuk melihat situasi di dalamnya. Untuk mengetahui apakah proses kode 12 bisa dilakukan, Anda harus buka area sistem SMG-nya.

Agar bisa starter, box putih pada SMG harus digoyang dan diputar pada posisi yang tepat. Anda bisa akses box putih ini jika membuka spull pada motor. Biasanya jika posisinya sudah benar, motor bisa dinyalakan normal.

Tapi tentu Anda tidak mungkin harus buka parts SMG hanya untuk bisa menyalakannya. Karena itu, Anda perlu melakukan pengecekan menyeluruh. Apakah koneksi hanya kendor, atau kerusakan parah sampai terbakar? Hal ini hanya bisa dilihat jika dibongkar.

Beberapa Kasus yang Menyebabkan Sambungan SMG Bermasalah

Penyebab kerusakan pada soket sambungan SMG bisa diidentifikasi menjadi beberapa kasus seperti:

  • Arus yang tidak seimbang dari aki. Saat besaran arus besar dibawa oleh aki tapi tidak digunakan, masalah bisa muncul. Arus yang besar ini bahkan bisa sampai membakar box putih pada SMG.
  • Hal lain bisa terjadi saat kecelakaan. Walaupun bagiannya tetap utuh, benturan yang keras teta bisa berpengaruh. Untuk penyebab dari kecelakaan, biasanya box putih lepas dari sambungan dan bergeser tidak pas.
  • Masalah lain bisa terjadi karena air atau kotoran masuk ke area sensitif SMG. Box putih yang kotor dan basah bisa menyebabkan konslet dan membakar sistem tersebut.

Cara Menangani Kondisi Kode 12

Untuk memperbaiki starter aerox mati dan kondisi kode 12, berikut adalah proses yang bisa Anda lakukan:

  • Pastikan kondisi kerusakan pada soket putih SMG. Tergantung dari kerusakan penanganan akan berbeda.
  • Jika masalah ternyata hanya koneksi kendor atau tidak pas, Anda cukup kencangkan kembali.
  • Jika masalah berupa kabel yang bermasalah, Anda harus ganti kabel koneksi.
  • Apabila masalah ternyata soket terbakar atau meleleh, Anda harus ganti semua parts di bagian tersebut.
  • Setelah soket diganti atau diperbaiki, Anda tes ulang apakah starter bisa menyala. Pastikan juga kondisi kode 12 tidak muncul lagi pada layar panel.

Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Kasus Khusus

Kode 12 memang bisa terjadi karena masalah starter. Tapi terkadang ada masalah lain yang bisa sebabkan Aerox mati staternya. Masalah starter tanpa melibatkan box putih di SMG bisa disebabkan karena ada masalah di sirkuit sekitar stang.

Untuk indikator, Anda bisa coba cek relay kaki lima yang ada di bagian depan tempat duduk motor Aerox. Jika saat starter dinyalakan ada bunyi berdecit pada sirkuit, artinya area stang tidak ada masalah elektronik.

Sebaliknya jika tidak ada suara sama sekali walaupun starter sudah dinyalakan, ini artinya sirkuit di stang ada masalah. Jangan sampai salah tangkap. Anda sudah mahal ganti box putih SMG tapi ternyata yang masalah jaringan starter yang ada di stang.

Semua ini bisa dilihat lebih jelas pada tutorial video dari Jangeby Channel ini. Bagaimana? Cukup simple bukan. Mudah – mudahan bahasan perbaikan starter Aerox mati ini bisa membantu Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *