Speedometer Mati Kode Mil Menyala, Kenali Penyebab Dan Cara Atasinya

Diposting pada

Speedometer mati pada Vario 125 dan vario 150– Speedometer merupakan salah satu bagian penting dalam kendaraan bermotor. Selain menunjukkan kecepatan motor, ada beberapa lampu indikator yang menandakan kondisi motor itu sendiri. Nah, kali ini kita akan membahas cara atasi speedometer mati tapi lampu mil menyala. 

Lampu mil adalah lampu indikator yang berwarna kuning pada sisi kiri speedometer motor PGM-FI. Untuk motor Vario, posisi lampu mil ada di sisi kiri atas. Lampu mil ini berfungsi untuk mendeteksi kerusakan pada motor kamu. 

Jadi, kalau lampu mil pada speedometer berkedip-kedip, tandanya ada yang tidak beres dengan motormu. Tiap kerusakan biasanya memiliki kode tersendiri. 

Penyebab Speedometer Mati;

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan speedometer mati. Untuk mengetahui kasus pastinya, kamu harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. 

speedometer mati
  1. Putus kabel : Salah satu penyebab speedometer mati adalah putus kabel. Pada motor Vario, kabel ini terletak di bagian belakang boks filter. Penyebab kabel putus pun beragam. Mulai dari gesekan antara kabel dan plastik boks filter hingga kemakan usia. Kabel speed terdiri dari tiga warna. Jadi, pastikan kamu memeriksa ketiganya secara teliti. Saat memeriksanya, tarik bagian kabel untuk mengetahui apakah serabutnya putus atau tidak. Jika masalah utama terdapat pada putusnya kabel, kamu hanya perlu menyambungkannya kembali. Tapi ingat, sambungkan kabel sesuai dengan warnanya.
  2. Soket kotor atau kurang masuk : Sebelum mencari cara atasi speedometer mati, kamu perlu mengecek apakah soket speed terpasang dengan benar atau tidak. Sebab soket yang kurang masuk juga bisa membuat speedometer mati. Selain itu, soket yang kotor juga jadi penyebab matinya speedometer. 
  3. Sensor speed rusak : Penyebab yang ketiga adalah rusaknya sensor speed. Sensor speed ini terletak di dekat soket sensor. Kamu bisa memeriksanya untuk mengetahui apakah sensor speed berfungsi atau tidak. Untuk mengetahui penyebab pastinya, kamu perlu melakukan pengecekan secara bergantian. Jika kabel yang putus telah disambung dan speedometer menyala, artinya masalah utama hanya terletak di situ. Tapi, jika speedometer masih tidak menyala, kamu perlu mengecek bagian soket dan sensor speednya. 

Cara Membaca Lampu Mil;

Atasi speedometer mati akan lebih mudah kalau kamu tahu cara membaca lampu mil. Caranya, kamu tinggal menghitung berapa kedipan lampu mil tersebut. Ada dua jenis kedipan pada lampu mil yang perlu kamu tahu, yakni satu kedipan panjang dan satu kedipan pendek. 

Nah, satu kedipan panjang dari lampu mil ini setara dengan sepuluh kedipan pendek. Biasanya durasi kedipan panjang ini tidak memiliki jeda selama 1,3 detik. Sedangkan kedipan pendek menyala dengan sangat cepat. 

Untuk mengetahui jumlahnya, kamu tinggal menjumlah keseluruhan kedipan pada lampu mil. Jika lampu mil memiliki satu kali kedipan panjang dan satu kali kedipan pendek, artinya jumlahnya adalah 11 kedipan. Gimana, cukup mudah kan cara menghitungnya?

Pada saat kode mil menyala, ECU berarti sedang mendeteksi adanya kerusakan pada sistem FI di motormu. Sebab itu, kamu harus memahami cara menghitung kode mil seperti di atas sebelum cari cara atasi speedometer mati. 

Reset untuk Menghapus Kode History Lampu Mil;

Karen lampu mil bertugas memberikan info kerusakan pada motor, maka kamu perlu meresetnya jika masalah sudah teratasi. Dengan mereset kode history, lampu mil akan menyala seperti sedia kala, tidak berkedip-kedip lagi. 

Kalau kode historinya tidak kamu hapus, lampu mil akan tetap berkedip-kedip meskipun komponen pada motor sudah beres semua. 

Cara Aman Atasi Speedometer Mati;

Meskipun kamu bisa membaca kode yang terdapat pada lampu mil, tapi kamu tetap harus membawanya ke bengkel. Apalagi kalau kamu bukan seseorang yang andal di bidang otomotif. Cara atasi speedometer mati di bengkel adalah langkah paling aman dan paling efisien. 

Pastikan bengkel yang kamu pilih adalah bengkel profesional ya, supaya motormu bisa teratasi dengan benar. Kamu bisa service motor ke bengkel resmi atau bengkel langgananmu yang terpercaya.  Nah, itulah ulasan tentang cara atasi speedometer mati tapi lampu mil menyala. Dengan membaca kode pada lampu mil, kamu bisa mengetahui permasalahannya secara lebih cepat, simak vidionya untuk lebih detilnya, tanya-tanya silahkan dikolom komentar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *