Mengenal 13 Software yang Harus Ada Di Komputer

Saat masih baru dibeli, PC biasanya dalam keadaan kosong. Artinya belum ada perangkat lunak apapun bahkan ada juga yang tanpa sistem operasi, seperti Windows atau Linux. Setelah itu, Anda sebagai pemilik dan pengguna baru akan menginstall software yang harus ada di komputer sesuai dengan kebutuhan.

Lantas, seperti apa pengertian software? Apa saja jenis-jenis software? Dan apa saja software yang harus ada di komputer? Yuk baca ulasan lengkap di bawah ini.

Pengertian Software

Software merupakan suatu program komputer yang menjadi jembatan antara pengguna dengan hardware. Selain itu, bisa juga didefinisikan sebagai aplikasi yang tersusun dari sekumpulan kode-kode dari bahasa pemrograman.

Pengertian lainnya menyebutkan bahwa software adalah sumber data yang diprogram, diformat dan disimpan secara digital atau tidak terwujud. Akan tetapi, bisa dioperasikan oleh penggunanya melalui  perangkat komputer.

Software sendiri dibuat oleh seorang programmer menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Kemudian dikompilasi menjadi sebuah kode yang bisa dikenali oleh hardware. Perangkat lunak tersebut dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, misalnya mengolah gambar, membuat dokumen, editing foto dan sebagainya.

Fungsi Software

Software berperan untuk membantu pengoperasian sistem pada komputer. Selain itu software juga mempunyai fungsi-fungsi khusus, antara lain:

  • Menajemen perangkat keras untuk bekerja secara simultan.
  • Menjadi penghubung antara perangkat lunak dengan hardware.
  • Sebagai penyampai setiap perintah software lain sehingga mampu diterima oleh hardware.
  • Mengidentifikasi program.

Jenis Jenis Software dan Fungsinya

Untuk membantu pekerjaan memang diharuskan melengkapi PC dengan perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan. Kira-kira apa saja, simak uraiannya di bawah ini.

  1. Google Chrome – Di era serba internat seperti saat ini, bisa dipastikan jika semua komputer dilengkapi dengan software pendukungnya. Browser namanya dan memiliki arti sebagai sumber mencari informasi dan tempat untuk bersosialisasi. Ada banyak pilihan browser seperti Mozilla firefox, Google Chrome, Opera dan Microsoft Edge. Ketiga perangkat lunak tersebut sudah mencukupi sebagai salah satu pilihan software wajib di komputer. Performanya juga sangat cepat dan user friendly. Akan tetapi, Anda sangat disarankan untuk memilih Google Chrome, karena merupakan browser yang saat ini banyak digunakan di PC. Memiliki fungsi untuk menjelajah berbagai web seperti kebutuhan mengirim email, search engine, layanan media sosial dan sebagainya. Selain itu, Google Chrome juga bisa digunakan sebagai pemutar musik dan video dari bermacam-macam format. Bahkan, ternyata bisa digunakan untuk membuka file Text maupun PDF. Adapun kegunaan yang terakhir adalah sebagai perangkat untuk melihat File System.
  2. Internet Download Manager – Untuk mempermudah Anda dalam mendownload berbagai file seperti video, film, gambar dan sebagainya pasti membutuhkan software yang satu ini. Menggunakan IDM memungkinkan mengunduh apapun dengan jauh lebih cepat. Bahkan hingga 10 kali lebih cepat dan praktis. Hebatnya lagi, ketika proses download berhenti ditengah jalan seperti karena kuota habis atau jaringan internet terputus. Tenang saja, Anda tetap bisa melanjutkan lagi. Lebih menariknya lagi, IDM juga dilengkapi dengan plug-in untuk mengunduh video Youtube secara langsung melalui browser.
  3. Spotify – Pasti beberapa di antara Anda bekerja kurang seru tanpa mendengarkan musik. Dan akan lebih seru lagi jika mendengarkannya melalui streaming, seperti Spotify. Software satu ini bisa diinstal di smartphone maupun komputer. Spotify merupakan layanan streaming gratis tetapi legal karena menyediakan hak digital menejemen yang dilindungi oleh konten dari label rekamannya. Di software tersebut, Anda bisa menemukan jutaan lagu-lagu baru bahkan belum tersedia di situs download browser. Untuk bisa mendengarkan musik di Spotify, Anda hanya membutuhkan bantuan jaringan internet. Jika Anda membeli Premium di software ini, maka dapat memutar lagu tanpa iklan dan shuffle. Layanan perangkat lunak ini begitu menarik, jadi jangan lupa mengunduhnya.
  4. WinRAR – Salah satu software yang sangat bermanfaat bagi pengguna komputer adalah WinRAR. Perangkat lunak ini bisa digunakan untuk mengkompres kumpulan file menjadi sebuah file RAR atau ZIP. Selain itu, juga berfungsi sebagai extractor. Maksud dari extractor tersebut adalah untuk membuka berbagai file berformat RAR, ZIP, 7z, ISO, JAR dan sebagainya. WinRAR juga memiliki fungsi begitu lengkap yang membantu dalam melakukan pekerjaan, sehingga wajib didownload di PC Anda.
  5.  Microsoft Office – Software lainnya yang wajib ada di komputer adalah Microsoft Office. Alasannya karena perangkat lunak ini menyediakan aplikasi perkantoran dengan lengkap dan memang sengaja dirancang agar bisa digunakan di OS Windows maupun Mac OS X. Microsoft Windows pasti sudah akrab dengan Anda seperti Ms. Word, Ms. Exel, Ms. PowerPont dan sebagainya. Software jenis ini berfungsi untuk mengerjakan tugas-tugas kantor, seperti menyiapkan materi presentasi, membuat dokumen surat menyurat dan sebagainya.
  6. GOM Player – Bagi Anda yang suka menonton film disarankan untuk mendownload GOM Player di komputer. Software ini mampu memutar video lebih cepat dengan format file apa saja. Selain itu, juga dilengkapi dengan berbagai fitur. Menariknya lagi bisa digunakan untuk streaming video dari internet.
  7. CCleaner – Agar performa dan kinerja komputer tetap berjalan dengan baik, maka Anda harus sering melakukan perawatan terhadap PC tersebut. Terutama untuk membersihkan file-file sampah seperti tempory files, cache dan sebagainya. Keberadaan file-file sampah tersebut bisa membuat performa komputer menjadi lemot. Untuk itu, perlu dibersihkan dengan menggunakan software Ccleaner. PC akan menjadi lebih ringan kinerjanya dan juga lebih cepat ketika digunakan.
  8. Foxit Reader – Format file dokumen yang saat ini sering digunakan adalah PDF. Alasannya karena memiliki ukuran jauh lebih kecil, sehingga bisa mempercepat proses pengiriman melalui e-mail. Salah satu software khusus yang bisa digunakan untuk membantu adalah Foxit Reader. Software tersebut memiliki ukuran jauh lebih kecil dan cenderung ringan ketika dijalankan. Foxit Reader tidak kalah jika dibandingkan dengan Adobe Reader. Maka dari itu, jangan lupa untuk mendownload perangkat lunak ini di komputer Anda.
  9. Adobe Photoshop – Software lain yang harus ada di komputer adalah Adobe Photoshop. Perangkat lunak satu ini digunakan untuk mengolah dan mengedit gambar maupun foto. Kemampuannya sudah tidak diragukan lagi, bahkan bisa membuatnya menjadi semakin bagus dan indah. Adobe Photoshop juga bisa digunakan untuk membuat desain sederhana untuk berbagai keperluan.  Bagi Anda yang hobi mengedit gambar atau foto sangat disarankan mendownload software ini.
  10. Google Drive – Sekarang ini, media penyimpanan seperti Cloud sudah semakin populer karena bisa menyimpan berbagai file. Seperti foto, video atau dokumen tanpa takut kehilangannya ketika hardisk rusak. Alasannya, data-data tersebut tersimpan rapi dalam server. Karena itulah Anda bisa mengakses kapan saja dan dimanapun, asalkan terhubung dengan jaringan internet. Salah satu layanan Cloud terbaik yang dapat digunakan adalah Google Drive. Software ini memiliki kapasitas sangat besar dan gratis. Caranya hanya dengan menggunakan akun Google.
  11. Format Factory – Sotware Format Factory bisa digunakan untuk mengubah format dari berbagai file seperti audio, video dan gambar. Prosesnya sangat mudah dan juga cepat. Selain itu, Anda dapat mengatur kualitas dari data keluaran yang diubah.
  12. Antivirus Avast – Untuk melindungi komputer Anda dari serangan virus, maka perlu mendownload antivirus seperti Avast. Software ini sangat ringan dan tidak memberatkan kinerja PC, sehingga sangat cocok untuk dipilih.
  13. Game PC – Software terakhir yang wajib ada dalam PC adalah game. Meski game bukan masuk kategori software seperti sebelumnya, namun ini sifatnya penting guna menghilangkan suntuk saat bekerja atau menghabiskan waktu luang. Ada banyak game yang bisa diinstall dalam PC, terlebih PC dengan kapasitas tinggi, tentu game-game berat semisal GTA 5 bisa menjadi rekomendasi terbaik. Tapi bila PC yang dimiliki berkapasitas ringan, game seperti Minicraft bisa jadi pilihan terbaik.

Sebenarnya masih banyak jenis perangkat lunak yang bisa didownload pada PC. Akan tetapi software yang harus ada di komputer di atas adalah yang paling dibutuhkan.

So, itulah beberapa software yang wajib diinstall dalam PC. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu dan menjadikan kamu makin produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *