SMS Transaksi Reversal Dari Bank BRI, Sebagai Kode Transaksi Gagal


SMS transaksi reversal dari bank BRI itu tandanya apa?

Reversal sendiri adalah kode pemberitahuan bahwa transaksi telah gagal dan dana sudah dikembalikan.

Sebagai Nasabah BRI tentunya pernah menerima SMS notifikasi dari bank BRI dengan keterangan reversal, jangan panik karena ini adalah pemberitahuan bahwa dana sudah dikembalikan.

Reversal transaksi BRI

SMS transaksi reversal adalah kode pemberitahuan dari bank BRI yang secara otomatis dikirim ketika Nasabah melakukan transaksi terjadi error dan gagal namun saldo terdebet.

Setelah cek saldo ternyata sudah terdebet dari rekening pengirim, kemudian cek ke rekening tujuan ternyata tidak masuk. Apabila hal ini terjadi maka yang harus dilakukan adalah menunggu beberapa saat, ketika ada masuk notifikasi SMS transaksi reversal, silahkan cek kembali mutasi atau saldo rekening pengirim yang tadi sudah terdebet.

Reversal sendiri menandakan transaksi gagal dan saldo sudah dikembalikan. Ketika Nasabah melakukan transaksi dan mnegalami error itu tidak semua reversal, beberapa error lainnya bisa saja saldo benar-benar terdebet dan berhasil terkirim kerekening tujuan.

Solusi untuk yang mengalami hal-hal error ketika transaksi adalah cek mutasi rekening terlebih dahulu sebelum mengulang transaksi. Pastikan saldo tidak terdebet dengan menunggu beberapa saat mungkin sampai 5-10 menit untuk memastikan transaksi gagal dari rekening pengirim.

Sambil menunggu transaksi yang error tadi gagal atau berhasil, silahkan bisa cek rekening tujuan. Pada beberapa kasus sering terjadi bahwa dana sudah masuk kerekening tujuan namun direkening pengirim belum update.

SMS transaksi reversal tidak selalu diterima ketika ada transaksi gagal saldo dikembalikan, terpenting adalah selalu mengontrol mutasi rekening secara berkala, apalagi apabila banyak melakukan transaksi dengan rekening tersebut, untuk menghindari error ketika transaksi.

Tip-Tip Terkait Transaksi Reversal

Terkadang reversal memerlukan waktu yang lebih lama, berikut tip-tip pada saat transaksi finansial dengan mbanking maupun mesin ATM untuk menghindari dobel transaksi:

  • Baiknya sebelum melakukan transaksi cek saldo terlebih dahulu, ini dilakukan untuk mengetahui saldo sebelum melakukan transaksi
  • Pastikan mengetahui menu yang akan digunakan untuk transaksi, ini memastikan bahwa transaksi bisa dilakukan dengan menu tersebut
  • Pastikan terlebih dahulu apakah mesin ATM tersedia kertas struk, ini baik dilakukan ketika akan melakukan transaksi transfer keorang lain dan orang tersebut membutuhkan bukti transfernya
  • Pastikan rekening tujuan dengan benar baik nomor rekening maupun nama penerima, bisa dilihat pada layar konfirmasi pemnerima
  • Pastikan nominalnya sesuai dengan yang akan dikirim
  • Pastikan pada mendapatkan bukti transaksi atau struk, ketika struk tidak keluar maka pastikan bahwa layar menampilkan pemberitahuan bahwa transaksi sudah berhasil
  • Cek saldo kembali untuk memastikan atau mengetahui saldo akhir setelah transaksi, saldo akhir adalah saldo awal dikurangi jumlah didebet/ditransfer dikurangi biaya apabila ada biaya transaksi.
  • Pastikan kartu ATM sudah diambil dari mesin ATM

Transaksi reversal bukan hanya pada transaksi seperti transfer tetapi pada saat transaksi tarik tunai pun bisa saja terjadi, paling umum adalah ketika mesin tidak dapat mengeluarkan uang, entah itu dikarenakan uang dimesin ATM kosong maupun lainnya yang menyebabkan transaksi tarik tunai gagal dilakukan.

Baca juga: Kode error mesin EDC BRILink untuk Agen

Apabila tarik tunai dimesin ATM gagal uang tidak keluar, pada mutasi rekening akan tetap terdebet dan kemudian beberapa saat akan kredit kembali, namun jangan heran apabila transaksi reversal tersebut akan hilang dimutasi rekening, baik itu debet maupun yang kreditnya dihari berikutnya atau bahkan dalam beberapa saat setelahnya.

Biaya SMS Reversal

Terkait pemberitahuan SMS transaksi reversal via SMS memang ini hanya diterima oleh Nasabah yang mengaktifkan SMS notifikasi BRI, namun tidak menutup kemungkinan akan diterima oleh Nasabah yang menonaktifkannya.

Biaya notifikasi SMS transaksi reversal dari bank BRI itu berlaku menyesuaikan dengan tarif SMS yang berlaku dari operatornya, dengan cara mendebet rekening secara otomatis.

Manfaat SMS Reversal

sms transaksi reversal

Dengan adanya notifikasi yang diterima tentunya bermanfaat bagi Nasabah yang mengalami transaksi dan error, tetapi ketika menerima SMS reversal baiknya tetap mengecek mutasi atau saldo rekening untuk memastikan bahwa memang saldo sudah dikembalikan atau malah sebaliknya transaksi berhasil terdebet dan dananya berhasil terkirim.

Ketika menerima notifikasi SMS transaksi reversal silahkan cek mutasi rekening tujuan untuk memastikan bahwa dana sudah berhasil masuk. Setiap transaksi yang mengalami error dan saldo terdebet, kemudian cek mutasi rekening penerima belum masuk dalam 1×24 jam, maka apabila ini terjadi silahkan buat laporan dikantor BRI atau via call center oleh pengirim bukan penerima.

Seperti itulah kurang lebih penjelasan perihal SMS transaksi reversal yang mungkin beberapa Nasabah BRI pernah menerimanya, ketiks menerima SMS transaksi reversal baiknya cek mutasi dari kedua rekening bersangkutan untuk memastikan dana sudah berhasil terdebet dan masuk kerekening tujuan.


Tinggalkan komentar