Seberapa Penting Toner dalam Rutinitas Skincare?


Perlukah kita menyertakan toner dalam rutinitas perawatan wajah harian? Ketahui dahulu tahap skincare dasar dan fungsinya untuk mendapatkan jawabannya.

Perawatan wajah tentu menjadi bagian rutinitas buat kamu yang peduli pada kesehatan dan kecantikan kulit. Saat ini, perawatan berlapis yang terdiri dari beberapa tahap banyak digaungkan oleh industri kecantikan. Toner diklaim sebagai salah satu produk skincare yang wajib disertakan. Sebelum mengaplikasikan banyak produk perawatan ke wajah, pelajari dahulu apa manfaatnya untuk kulitmu.

3 Produk Dasar Perawatan Wajah

Apakah benar skincare berlapis betul-betul direkomendasikan? Menurut informasi yang dirangkum dari Hello Sehat, pada dasarnya perawatan wajah yang esensial hanya terdiri dari 3 langkah. Apakah produk kecantikan ini termasuk  yang diperlukan dalam 3 langkah skincare tersebut?

  1. Pencuci muka

Pencuci muka yang baik haruslah lembut dan ringan agar bisa membersihkan wajah tanpa membuatnya kering dan teriritasi. Aplikasikan produk ini dengan benar agar bekerja maksimal mengangkat kotoran dan minyak. Gosok hingga berbusa di telapak tangan lalu oleskan merata pada wajah. Jangan terburu-buru, pijat lembut kulitmu dengan gerakan memutar. Bilas hingga bersih. Cara yang benar akan membuat wajah terasa lembut, segar, dan tampak cerah.

  1. Pelembap

Seperti namanya, pelembap atau moisturizer berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Segera oleskan pelembap setelah kamu mencuci muka. Produk ini masuk dalam daftar wajib rutinitas skincare karena bisa menjaga kondisi kulit. Jangan skip moisturizer jika kulitmu berminyak. Pilih produk bertekstur ringan yang mudah menyerap.

  1. Tabir surya

Terakhir, pakai tabir surya atau sunscreen. Dilansir dari Female Daily, dosis tabir surya yang diperlukan untuk perlindungan maksimal adalah seperempat sendok teh atau sepanjang 2 jari untuk wajah dan leher. Agar pelindung bekerja dengan baik, jangan langsung beraktivitas di luar setelah pemakaian. Tunggu sekitar 15 menit. Jangan lupa untuk aplikasi ulang setiap 3-4 jam.

Related Posts :  Susu Kolostrum Untuk Syaraf Kejepit, Kenapa Harus Susu Kolostrum?

Lalu, bagaimana dengan toner? Masih pentingkah untuk disertakan dalam tahap skincare meski tidak ada dalam daftar produk perawatan dasar? Simak uraian berikut untuk pertimbangan lebih lanjut!

Ingin Pakai Toner? Kenali Dahulu Manfaatnya

Dilansir dari laman Alodokter, toner mendatangkan manfaat untuk wajah. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Membuat wajah lebih bersih

Toner bisa membantu mengangkat kotoran dan minyak yang tidak hilang saat mencuci wajah. Kulitmu pun akan tampak lebih cerah.

  • Mengangkat sel kulit mati dan melembapkan kulit

Jenis acid berfungsi untuk eksfoliasi wajah. Toner ini membersihkan secara mendalam sehingga bisa mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori tersumbat. Setelah tahap eksfoliasi, kamu sebaiknya memakai toner yang berfungsi melembapkan atau hydrating toner supaya kulit terhindar dari kekeringan dan iritasi.

  • Mengontrol jerawat

Karena bisa membersihkan pori-pori tersumbat dari kotoran dan minyak, jenis acid juga bisa mengontrol jerawat dan mengurangi komedo. Jadi, layak dipertimbangkan untuk kamu yang memiliki kondisi kulit berminyak dan mudah berjerawat. Beberapa orang juga memanfaatkan toner untuk mengontrol jerawat sesaat sebelum menstruasi agar tidak terlalu meradang.

Dalam tahap perawatan wajah, toner digunakan setelah mencuci muka dan sebelum memakai pelembap. Caranya dengan menuangkan pada kapas lalu ditepuk-tepuk ke wajah hingga menyerap. Produk yang sesuai disertai dengan pemakaian yang tepat akan meningkatkan kesehatan kulit wajah sehingga tampak dari luar.

Jadi, Perlukah Pakai Toner?

Kamu harus benar-benar mengenali kondisi kulitmu sebelum memutuskan untuk memakai toner atau tidak. Jika kulitmu tidak bermasalah dan cukup dirawat dengan 3 tahap dasar, kamu bisa skip produk ini dalam rutinitasmu. Jika kamu merasa kulitmu butuh step perawatan tambahan, kamu bisa coba menyertakannyadalam ritual skincare-mu. Perawatan tambahan dengan produk ini biasanya diperlukan untuk mengatasi kondisi minyak berlebih dan mudah berjerawat.

Related Posts :  Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Lebih Dekat, Kini Bisa Di Agen BRILink

Jangan lupa untuk melakukan riset sebelum memilih produk, terutama jika kulitmu sensitif. Hindari memakai produk yang menjanjikan perubahan dalam waktu singkat. Sabar dan konsisten adalah kunci dalam melakukan perawatan wajah. Jangan lupa untuk hentikan pemakaian jika terjadi kemerahan atau iritasi hebat. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit agar lebih yakin. Semoga membantu, ya!

Referensi:

toner wajah

Tinggalkan komentar