Reviews Truepush WordPress, unlimited web push notifications


Anda seorang blogger atau web developer tentu tahu, setidak pernah melihat atau mendengar push notification tool yang satu ini, Truepush WordPress sebagai salah satu tool push notification yang disediakan secara gratis dan yang pastinya unlimited, selain versi gratis Anda yang memiliki dana lebih bisa menggunakan versi premium.

Tentang push notification tool Truepush

Truepush adalah layanan push notification tool tempat Anda dapat mengirim pemberitahuan push web tanpa batas bagi pengunjung blog atau web Anda. Software push notification tool ini memiliki proses integrasi sederhana dan berfungsi untuk desktop dan perangkat seluler. Anda dapat mengakses semua fitur lanjutan seperti segmentasi, RSS triggers, analisis realtime, dan pemicu otomatis secara gratis.

Alat push notification gratis ini mendukung semua browser seperti Firefox, Chrome, Microsoft Edge, Opera dan Safari. Kirim secara otomatis setiap update di blog atau website ke pengunjung Anda dengan push notification tool yang relevan dan tepat waktu.

Baca juga:

Paket gratis tersedia untuk situs web atau blog hingga mencapai 30 ribu+ subcriber. Setelah melewati ambang batas, Anda bisa bergabung dengan rencana pengembangan lebih lanjut seharga $29/bulan atau bagi Anda bisa juga dengan sistem monetitasi, ketika web atau blog Anda di monetitasi maka Anda tidak perlu membayar langganan secara langsung, dengan monetisasi maka web atau blog Anda tetap bisa menggunakan push notification dari Truepush ini walaupun sudah melewati batas maksimal subcribers website Anda.

Reviews Truepush WordPress
Reviews Truepush WordPress

Reviews Truepush WordPress

Sedikit ulasan Truepush WordPress WordPress kali ini adalah pengalaman saya sendiri selama menggunakan Truepush WordPress pada blog ini. Sebelumnya pernah juga menggunakan Onesignal, Truepush sendiri memiliki integrasi yang sangat mudah dilakukan sekalipun oleh pemula.

Reviews Truepush WordPress
sw.js untuk diupload di directory website / Script dipasang pada HTML website.

Truepush memiliki dua cara integrasi, bagi pengguna WordPress bisa menggunakan plugin ataupun melalui kode integrasi secara manual, untuk integrasi secara manual pengguna harus menyisipkan script atau kode integrasi pada HTML, kemudian supaya Truepush bisa berpungsi maka selanjutnya Anda harus download service worker file “sw.js dan upload pada directory website melalui cpanel, ini tentunya Anda harus memiliki akses cpanel untuk menyisipkan service worker file “sw.js Truepush ini.

Related Posts :  Kamu Perlu Tahu, apa saja Jenis-jenis Software Adobe dan Kegunaannya

Pada cara kedua Anda cukup akses WordPress Anda melalui dashboard kemudian instal plugin Truepush WordPress. Anda atur pengaturannya pada plugin, pengaturannya cukup simpel yang diperlukan hanya tinggal copy paste APP ID dan API TOKEN dari halaman dashboard Truepush WordPress Anda dan jangan lupa simpan pengaturan.

Setelah semua pengaturan pada website sudah berhasil disimpan, langkah selanjutnya Anda lakukan pengaturan pada dashboard Truepush. Masukan RSS FEED pada pengaturan RSS to PUSH, dan atur juga nama website kemudian interval pengiriman notifikasinya. Sampai disini Anda sudah bisa menikmati layanan Truepush WorPress pada website atau blog Anda. Cara kedua ini bisa menjadi pilihan bagi pemula atau tidak memiliki akses cpanel, dimana tidak perlu lagi akses cpanel untuk upload sw.js.

Reviews Truepush WordPress
1. untuk edit tampilan push. 2. API key / APP Id untuk integrasikan dengan plugin.

Pada pengaturan tampilan push notification Truepush sendiri bisa diatur dengan beberapa pilihan, untuk yang versi free tentunya akan menampilkan Powered by Truepush itu sendiri, solusinya gunakan saja tampilan yang default browser saja.

Ada beberapa tampilan Truepush yang bisa dipilih, browser default, bell, optin bar, box, box+, default+, dan bisa juga custome sendiri. Browser default lebih saya suka, namun tentunya kembali terserah selera masing-masing.

Reviews Truepush WordPress
Pilihan tampilan push pada browser.

Kemudian bagi website yang menggunakan halaman AMP, Truepush sendiri sudah support untuk dipasang dihalaman AMP, cara pemasangannya cukup mudah, tidak jauh beda dengan cara pertama diatas, karena halaman AMP itu berbeda jadi kode untuk integrasinya juga berbeda. Untuk bisa menggunakan Truepush pada halaman AMP diperlukan akses cpanel, apabila menggunakan plugin saat saya coba ternyata push tidak tampil di halaman AMP.

Truepush memiliki laporan yang realtime pada dashboard, laporan tersebut terdiri dari status campaign terkirim atau belum kepada subriber, selain itu pengguna juga bisa melihat jumlah yang berhasil menerima notifikasi dan juga yang melihatnya, selain itu pengguna juga bisa mengetahui jumlah klik pada notifikasi tersebut.

Reviews Truepush WordPress
Laporan relatime Truepush

Setelah mengetahui sedikit cara dan fitur Truepush WordPress diatas selanjutnya sedikit saya ungkap dari kinerja Truepush ini dalam memberikan layanannya. Truepush sendiri selama saya menggunakannya memiliki kinerja yang baik, apabila melihat dari halaman laporan Truepush, push notification terkirim tepat waktu sesuai dengan waktu yang sudah atur sebelumnya.

Related Posts :  Contoh spanduk dan brosur Agen BRILink

Sedikit kembali pada style push yang bisa dipilih diatas, ini tentunya kembali kepada kriteria pengunjung, pada blog saya sendiri lebih bagus menggunakan style default browser daripada yang lainnya. Tentu ini mungkin akan berbeda apabila diterapkan pada blog atau website Anda.

Kemudian ini yang menjadi pertanyaan dari pemilik website atau blog yang mengutamakan kecepatan, dimana mereka akan pilih-pilih dalam menggunakan layanan yang akan berpengaruh pada kecepatan atau loading website.

Bagaimana pengaruh terhadap loading website?

Bagi pemilik website atau blog yang mengutamakan kecepatan pada website atau blognya tentunya akan mempertimbangkan beban yang disebabkan dari Truepush ini, untuk saya sendiri tidak ada masalah dengan kecepatan, terutama karena saya sendiri integrasi Truepush menggunakan cara pertama untuk mengurangi penggunaan plugin.

Apabila melihat dari screenshot diatas bahwa blog ini sudah melewati maksimal subcriber, apakah saya harus membayar biaya langganan ketika ingin memiliki atau menambahkan subcriber lebih dari limit? Jawabannya tentu “benar”.

Berapa saya harus membayar layanan Truepush?

Pertanyaan ini mungkin muncul karena disebutkan diatas bahwa apabila melebihi maksimal subcriber akan dikenakan biaya bulanan, saya sendiri tidak membayar biaya bulanan yang dibayarkan secara langsung, tetapi blog saya ini sudah dimonetisasi oleh Truepush secara otomatis ketika sudah mencapai ambang subcriber, apabila blog sudah di monetisasi maka akan ada push notif berisi iklan yang dikirim kepada subriber blog tersebut.

Begitupun Anda, ketika website Anda sudah menggunakan layanan Truepush dan sudah melebihi limit subcriber, maka website Anda akan tetap merima subcriber baru, namun website Anda akan otomatis di monetisasi, status monetisasi bisa dilihat pada halaman dashboard akun Truepush website tersebut. Dengan monetisasi maka website akan tetap menerima subcriber baru meskipun sudah melebihi limit, subcriber tidak dibatasi atau unlimited secara gratis selamanya.

Mungkin itulah sedikit reviews Truepush WordPress, pada akhirnya kembali pada kenyamanan Anda sebagai pemilik website, awalnya saya pernah menggunakan Onsignal namun pada akhirnya pilihan kenyamanan jatuh pada Truepush WordPress, bagaimana dengan Anda?.

Tinggalkan komentar