Rekomendasi Merek RAM Yang Bagus Untuk Komputer Laptop

Diposting pada

Rekomendasi Merek RAM menurut Siajun.com dan cara memasangnya- Random Access Memory atau RAM berfungsi untuk mempercepat kecepatan dari sebuah komputer. Namun, RAM bukan menjadi hal yang utama untuk membuat komputer Anda memiliki performa yang yang cepat. RAM juga bisa untuk membantu pekerjaan dari prosesor di dalam mengolah data. Diketahui semakin besar ukuran dari RAM, maka proses dari komputer juga akan semakin baik. Bagi yang hendak memasang RAM untuk komputer Anda, maka cara memasang ram di komputer perlu Anda ketahui.

RAM yang akan dipasang ada beberapa jenis ukuran, ada yang 2GB, 4GB, 16GB, 32GB, 64GB, dan sebagainya. Lalu untuk jenis-jenis RAM juga sangat beragam, seperti RAM DDR 2, DDR 3, DDR 4, dan yang baru adalah DDR 5.

Rekomendasi Merek RAM Yang Bagus Untuk PC Dan Laptop.

Berikut adalah beberapa rekomendasi RAM yang banyak digunakan dan berkualitas bagus untuk PC maupun laptop Anda.

  • 1. Corsair

Merek ini sudah sangat populer dan berpengalaman di dalam bidang hardware PC. Terutama dalam produk RAM-nya yang bertipe Dominator dan Vengeance. Bahkan merek ini juga menyediakan RAM untuk laptop yang teknologi DDR4 SODIMM  dengan kapasitas dari 2 sampai 16 GB.

  • 2. Kingston

Merek ini juga sudah sangat terkenal di dunia hardware. Produknya yang awet dengan performa terbaik membuatnya banyak dipilih. Bagi Anda yang akan memasang RAM laptop, maka RAM merek Kingston ini sangatlah disarankan.

  • 3. Adata

Merek yang tidak kalah populer adalah Adata. Anda bisa mendapatkan RAM RGB dengan merek Adata yang bermodel XPG Spectrix dan performance RAM non RGB yang bernama Gammix. Sedangkan RAM untuk laptop bernama XPG Hunter.

Cara Memasang RAM Di Komputer.

  1. Cara memasang ram di komputer yang pertama dilakukan adalah melepas koneksi kabel daya dari sistem dan cabut juga kabel panel yang di belakang.
  2. Setelah itu, lepaskan panel samping yang ada di sebelah kiri agar Anda bisa mendapatkan akses yang luas menuju bagian dalam komputer dan menemukan slot dari RAM. Slot tersebut bisanya berada di sebelah prosesor.
  3. Jika RAM sudah ada di sistem Anda, maka keluarkanlah dengan cara menekannya ke atas dan bawah sayap pada ujung slot. Kemudian akan ada stik memori yang keluar dan Anda bisa menariknya secara hati-hati.
  4. Di dalam pemasangan RAM yang baru, Anda bisa menyejajarkan takik yang ada di bagian bawah RAM dengan celah di slot motherboard. Kemudian masukkan RAM dengan mencondongkannya ke bagian depan. Lalu masukkan terlebih dahulu dan dengan hati-hati mendorong bagian bawah ke dalam slot.
  5. Jika dirasa RAM sudah terpasang secara tepat, tekan secara kuat dan rata di bagian atas RAM pada kedua ujungnya hingga terdengar ada suara “klik”. Bagian sayap pada slot pun akan menjepit dan menahan RAM secara aman.
  6. RAM yang sudah terpasang, bisa Anda konfirmasikan bahwa klip sayap sudah terkunci dengan rapat dan RAM terpasang secara kuat. Barulah Anda bisa menutup casing dari komputer. Lalu kabel pun bisa Anda sambungkan.
  7. Untuk pemasangan RAM, direkomendasikan menggunakan RAM dengan DDR4 karena lebih mudah dijumpai di Indonesia. Selain itu juga lebih cocok dengan tipe motherboard saat ini. Jika sudah mendapatkan RAM, Anda bisa mulai mempraktikkan cara memasang ram di komputer tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *