Rekening BRI Diblokir Bank, Cari Tahu Alasannya!

Rekening BRI diblokir bank secara tiba-tiba, ada yang pernah mengalami? Bagi yang pernah mengalami tentunya akan merasa kaget. Apabila rekening diblokir maka tentu saja semua akses akun bank yang dimiliki tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Hal ini akan berbeda dengan jika kartu ATM terblokir, disable, atau pun BRI internet banking terblokir.

# Kenapa rekening BRI diblokir?

# Alasan pertama

Ketika rekening diblokir oleh bank alasan paling umum mungkin adalah karena rekening tersebut fiktif, tidak adanya transaksi maupun tidak adanya saldo tersimpan sampai sekian waktu yang ditentukan oleh bank penerbit. Apabila ini terjadi sangat jarang pemilik yang menghiraukan karena pemiliknya pun tidak lagi membutuhkannya lagi. Seandainya ingin memiliki buku tabungan kembali maka mereka lebih memilih membuatnya yang baru.

Bacaan Lainnya

# ALasan kedua

Kemudian ada satu alasan yang jangan sampai terjadi, yaitu, rekening dilaporkan orang lain beserta bukti karena ditenggarai digunakan untuk penipuan, dalam hal ini rekening digunakan untuk menampung uang hasil penipuan. Ketika hal ini terjadi, apabila sebagai pemilik rekening tidak merasa melakukan maka bisa saja rekening tersebut digunakan oleh orang lain. Untuk kasus seperti ini biasanya dilakukan oleh orang yang kenal dengan pemiliki rekening, namun tidak menutup kenungkinan hal ini dilakukan oleh orang yang tidak dikenal yang memang sengaja ingin melakukan kejahatan terhadap seseorang.

# Contoh kasus

Sebagai contoh kasus seperti ini sering terjadi pada agen-agen bank, kenapa?

Karena agen bank tentunya terkait dengan transaksi tarik dan setor uang melalui bank, jadi secara logikanya transfer dan tarik sudah menjadi hal lumrah di agen bank. Ketika hal itu terjadi maka si pelaku akan ambil kesempatan dengan bermacam cara dan alasan. Si pelaku akan berpura-pura meminjam rekening agen bank incarannya, sebenarnya bukan incaran bisa saja sipelaku melakukan kegiatannya secara acak, dimana ada kesempatan disitulah dia beraksi. Modus ini disebut bank sebagai walk in customers (WIC).

# Hati-hati modus walk in customers

Dalam modus ini pelaku adalah berpura-pura sebagai nasabah (Walk In Customers), dalam contoh kasus ini adalah agen BRILink.

Pelaku biasanya menginformasikan bahwa terdapat saudara atau teman bisa juga keluarga ada yang akan mengirim uang kepada pelaku, namun pelaku beralasan tidak memiliki nomor rekening bank dan atau tidak memiliki nomor rekening BRI. Kemudian pelaku meminta bantuan kepada agen untuk meminjam nomor rekeningnya.

Kemudian setelah rekening diberikan oleh agen BRILink maka akan dikirimkan pelaku kepada targetnya, target akan mengirimkan uangnya kepada pelaku melalui transfer bank kerekening agen BRILink. Setelah uang masuk ke rekening AgenBRILink, transaksi akan berjalan seperti biasa, dimana AgenBRILink akan memberikan uang tunai kepada pelaku.

Beberapa waktu kemudian, tiba-tiba rekening AgenBRILink tidak bisa digunakan transaksi (diblokir). Mungkin agen akan menanyakan langsung ke bank terkait kendalanya. Maka bank akan menjelaskan terkait kendalanya, bahwa rekening diblokir oleh KP BRI dengan remark indikasi penipuan beserta nomor pengaduan nasabah.

Pemblokiran ini dilakukan karena rekening AgenBRILink tersebut terindikasi sebagai rekening yang digunakan untuk penampungan hasil penipuan.

Nah, diatas sedikit ulasan terkait rekening BRI diblokir secara tiba-tiba. Ada dua alasan salah satunya diblokir karena ulah penipu yang menggunakan rekening yang kita miliki untuk menerima uang hasil penipuan. Darimana bank BRI tahu bahwa rekening kita digunakan untuk menerima uang hasil kejahatan? Tentunya bank BRI mendapat laporan dari yang tertipu dengan adanya bukti dan data lainnya yang lengkap sehingga bank memutuskan untuk memblokir rekening tersebut.

Untuk para agen BRILink atau agen bank lainnya, dingatkan kembali untuk lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi terutama pada nasabah WIC (Walk In Customers), banyaknya kasus terkena modus ini tentunya akan sangat merugikan bagi pemilik rekening.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *