Mesin Fotocopy Kyocera M2040DN Proses Instalasi Pertama Kali

Diposting pada

Mesin fotocopy Kyocera M2040DN sangat popular dipasaran Indonesia. Stelah sebelumnya melakukan unboxing selanjutnya inilah langkah instalasi untuk pengoperasian pertama kali mesin fotocopy yang satu ini.


Mesin fotocopy adalah salah satu piranti penting yang ada di kantor. Tidak hanya di kantor saja, mesin fotocopy juga dibutuhkan di rumah dan dapat digunakan untuk berbisnis. Ada cukup banyak mesin fotocopy yang beredar di pasaran. Mulai dari yang berukuran besar hingga berukuran minimalis. Salah satu mesin fotocopy modern yang bisa memenuhi kebutuhan Anda adalah Mesin Fotocopy Kyocera M2040DN.

Mesin fotocopy ini adalah printer multifungsi hitam dan putih yang memiliki bentuk minimalis dan fitur-fitur canggih. Selain minimalis dan canggih, mesin ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Kyocera M2040DN dirancang agar lebih mudah untuk digunakan, menghasilkan kualitas cetak yang luar biasa, dapat diandalkan, TCO rendah, dan kemampuan pemindaian serta pencetakan yang tajam.

Kecepatan pencetakan mesin ini mencapai 42ppm. Fitur keamanan yang dibekalkan pada mesin ini sudah cukup canggih dengan tambahan aksebilitas USB walk-up yang nyaman. Baca artikel ini untuk informasi selanjutnya!

Spesifikasi Mesin Fotocopy Kyocera M2040DN

Sebelum melakukan instalasi dan operator training pada mesin ini, Anda perlu tahu spesifikasi lengkap yang dimiliki oleh mesin fotocopy Kyocera Ecosys M2040DN ini. Jenis kertas yang digunakan pada mesin ini adalah kertas umum B&W multifungsi untuk format kertas A4. Teknologi yang digunakan pada mesin ini adalah laser Kyocera Ecosys.

Kecepatan cetak mesin Kyocera M2040dn

Mesin ini mampu memproses 40 halaman kertas A4 per menitnya dengan resolusi 300 dpi, 600 dpi, dan 1200 dpi. Sebelum digunakan, mesin ini perlu dipanaskan terlebih dahulu. Pemanasan mesin ini hanya membutuhkan waktu sekitar 17 detik saja. Untuk cetakan pertama, mesin membutuhkan waktu sekitar 6,4 detik. Sedangkan untuk penyalinan pertama diperkirakan membutuhkan waktu 6,4 detik atau kurang.

Mesin fotocopy Kyocera M2040DN

Konsumsi daya listrik mesin fotocopy Kyocera M2040dn

Mesin ini memiliki dimensi ukuran 417 x 412 x 437 mm, sedangkan berat mesinnya mencapai 19 Kg. Untuk konsumsi daya listrik, Anda tidak perlu khawatir akan boros karena mesin ini cukup hemat daya dibanding mesin fotocopy lain. Pada saat menyalin dan mencetak, mesin ini mengkonsumsi daya sebesar 660 Watt, mode siap menggunakan 21 Watt dan mode tidur hanya memakan 1 Watt daya saja.

Sebagai contoh disatu tempat usaha saya sendiri, saya memakai KWH 1300 (istilahnya 3 paket) itu masih cukup besar bisa ditambah untuk menyalakan secara bersamaan 1 unit Komputer, printer dengan merk Epson tipe L1800, Epson L1455, dan satu buah mesin laminating termasuk lampu kisaran 20 watt.

Standar keamanan yang digunakan adalah TUV atau GS. Produk mesin ini sudah diproduksi sesuai dengan kualitas dan standar ISO 9001 serta standar lingkungan ISO 14001. Memori yang digunakan memiliki dua ukuran yakni standar 512 MB dan maksimal 1.536 MB.

Pencetakan, Pemindaian dan Salinan Kyocera M2040DN

Dari segi pencetakan, mesin ini sudah dibekali dengan prosesor berkapasitas 800 MHz. Bahasa control yang digunakan adalah PRESCRIBE Ile. Ada berbagai jenis font yang digunakan pada mesin ini yang diantaranya adalah 93 font yang dapat diskalakan untuk PCL6 dan KPDL3, 8 font untuk Windows Vista dan 1 font Bitmap.

Terdapat 45 barcode dengan pembuatan checksum otomatis dan dukungan barcode dua dimensi PDF 417 di bawah PRESCRIBE. Semus sistem operasi di Windows saat ini dapat diberlakukan pada mesin ini.

Perihal pemindaian, mesin ini menggunakan format kompresi berupa MMR atau JPEG. Tipe file yang bisa digunakan adalah TIFF, PDF and PDF or A-1, high compression PDF, encrypted PDF, JPEG, dan XPS. Mesin ini mampu mengenali berbagai jenis dokumen, mulai dari teks dan foto, teks biasa, foto, teks tipis, dan teks untuk OCR.

Mesin fotocopy Kyocera M2040DN

Ukuran pindai maksimal yang dicapai oleh mesin ini adalah A4 pada plat dan Legal pada DP. Mesin ini dapat digunakan untuk scan dokumen dengan resolusi 300 dpi x 300 dpi, 200 dpi x 200 dpi, 200 dpi x 100 dpi, 600 dpi x 600 dpi, 200dpi x 400 dpi, dan 400 dpi x 400 dpi. Kecepatan pindai yang dapat dilakukan oleh mesin ini dapat mencapai 40 ipm tergantung pada jenis kertas dan dokumen yang digunakan.

Untuk salinan, mesin ini dapat digunakan pada A4 dan Legal. Mode pencahayaan dapat dilakukan secara manual dengan 9 langkah. Rentang zoom pada mesin ini bisa mencapai 400% dalam kelipatan 1%. Mesin ini mampu melakukan penyesuaian dokumen, mulai dari teks dan foto, teks saja, foto saja, maupun peta. Kualitas cetak dari mesin ini mencapai resolusi yakni 1200.

Cara Instalasi dan Operator Training Mesin Kyocera Ecosys M2040DN

Sebelum digunakan, Anda perlu melakukan instalasi dan operator training terlebih dahulu pada mesin fotocopy Kyocera M2040DN. Perlu diketahui bahwa mesin fotocopy ini dapat disambungkan dengan lebih dari satu perangkat komputer. Berikut tutorial instalasi dan operator training Kyocera Ecosys M2040DN yang perlu Anda ketahui :

Cara setting Mesin Kyocera Ecosys M2040DN pertama kali

  1. Pasang tempat toner dengan benar

    Pertama, tepatkan tanda panah yang berada di bagian toner hingga sejajar dengan tanda panah yang ada di hadapannya.

  2. Pemasangan kertas

    Pasangkan kertas terlebih dahulu pada bagian bawah mesin toner. Bisa menggunakan kertas folio maupun A4.

  3. Menghidupkan mesin

    Setelah kabel power tersambung dengan listrik hidupkan tombol power agar mesin menyala. Tunggu proses loading selesai lalu klik opsi office.

  4. Set up your machine now

    Tunggu kemunculan perintah ‘Set up your machine now’ lalu pilih opsi Yes.

  5. Atur settingan waktu

    Atur settingan waktu terlebih dahulu, pilih opsi ’07:00 Bangkok’, kemudian atur tanggal, bulan, dan tahun.

  6. Proses Adding Tone

    Setelah itu, mesin akan melakukan proses Adding Toner yang memakan waktu sekitar 15 menitan. Jika proses Adding Toner selesai, mesin akan memunculkan tampilan ‘Ready to Copy’.

  7. Ubah ukuran kertas default

    Ukuran default adalah settingan pada saat mesin dinyalakan atau di reset. Ubah ukuran kertas sesuai dengan yang Anda gunakan. Klik tombol System Menu kemudian pilih Common Settings. Setelah muncul tampilan layar baru, pilih Orig./Paper Set. Selanjutnya pilih opsi Def. Orig. Size lalu pilih Folio (saya sarankan gunakan Officio untuk dokumen dengan pengaturan margin dibawah 0.5″ untuk menghindari hasil terpotong). Kembali pada opsi Orig./Paper Set lalu cari pilihan Cassette 1 Set, klik Cassette 1 Size kemudian pilih Folio, disarankan Officio. Klik Exit untuk berlanjut ke pengaturan selanjutnya. Tunggu tampilan layar kembali seperti semula kemudian klik tombol Reset dua kali. Settingan telah berhasil diubah ke Folio atau Officio.

  8. Ubah ukuran kertas dokumen

    Berbeda dengan diatas, untuk mengubah ukuran menyesuaikan dengan ukuran dokumen yang akan dicopy kita gunakan menu Function Menu pilih Original Size Pilih ukuran sesuai dokumen yang mau di copy misalkan KTP gunakan A6, ukuran dokumen akan terlihat pada layar berada disebelah kiri.

  9. Ubah ukuran kertas di Kaset atau MP Tray

    Untuk mengubah ukuran kertas pada Kaset atau MP Tray kita gunakan Menu Function>Paper Selection>pilih ukuran kertas sesuai yang terpasang pada Kaset atau MP Tray misalkan saya pilih Officio. Hasil pengaturan ini bisa dilihat ada disebelah kanan pada layar.

  10. Uji coba

    Untuk mengujinya, Anda bisa langsung mencoba menggunakan mesin fotocopy ini, tapi sebelumnya bisa pastikan pada layar hasil setting terlebih dahulu, untuk contoh langkah 8 dan 9 hasil dilayar harus seperti pada gambar berikut, dan settingan pada langkah 7 bisa dilihat pada gambar langkah 7.

Untuk copy bolak balik setelah melakukan settings kertas yang digunakan, Anda perlu kembali mengatur perihal fotocopy dokumen bolak-balik. Berikut sedikit tutorialnya yang bisa Anda ikuti.

  1. Klik tombol Functional Menu.
  2. Pilih opsi Duplex.
  3. Setelah itu, tunggu hingga tampilan mesin berubah menjadi beberapa pilihan gaya fotocopy. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Silahkan lakukan percobaan memfotocopy guna membuktikan bahwa settingan yang Anda lakukan telah berhasil.
  4. Agar memudahkan penggunaannya, Anda bisa menyimpan settingan ini dengan mengklik tombol Progam. Anda bisa memilih antara nomor 1 sampai 4, klik dan tahan tombol sampai tampilan layar berubah menjadi menu Overwrite dan Delete. Klik Overwrite lalu pilih opsi Yes.

Jika sudah selesai, Anda bisa menekan tombol Reset untuk kembali pada settingan awal mesin. Mesin ini memiliki dua bagian yang bisa digunakan yakni bagian atas dan bagian tengah berlandaskan kaca. Tidak hanya itu saja, mesin ini memiliki bagian Manual Tray yang biasa digunakan untuk fotocopy A4. Anda perlu mengubah beberapa pengaturannya dengan cara berikut ini.

  1. Klik tombol Function Menu.
  2. Pilih opsi Original Size kemudian ubah menjadi A4.
  3. Cek pengaturan dengan mempraktekkannya langsung. Tekan tombol Start untuk memulai prosesnya.
  4. Anda bisa menyimpan pengaturan ini dengan memilih tombol Progam kemudian menekan salah satu pilihan tombol yang sebelumnya belum digunakan pada settings lain. Tahan tombol kemudian pilih Yes pada layar.

Demikianlah rangkaian cara instalasi pertma kali pada mesin fotocopy Kyocera M2040DN. Mesin fotocopy canggih dan praktis ini bisa Anda gunakan untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *