Pintasan Mouse Berikut Tingkatkan Efisiensi Kerja

  • Whatsapp

Pintasan Mouse Berikut Tingkatkan Efisiensi Kerja – Meskipun pada laptop telah tersedia touchpad untuk menggerakkan kursor, masih banyak orang yang menggunakan mouse pada laptopnya. Hal ini karena mereka dapat lebih leluasa menggerakkan kursornya dalam bekerja.

Kebanyakan orang hanya memanfaatkan mouse untuk scrolling, klik kiri, ataupun klik kanan untuk menggerakkan kursor komputer. Padahal, tak hanya scrolling, klik kiri atau klik kanan, mouse juga mempunyai berbagai fungsi yang jarang disadari.

Read More

Baca juga: Cara Mudah Percepat Kinerja Komputer atau Laptop

Trik Mouse Ini Jarang Diketahui

1.Maksimalkan Fungsi Roda Mouse

Tak sedikit orang menganggap bahwa mouse hanya mempunyai 2 tombol: untuk klik kanan dan klik kiri. Padahal antara klik kiri dan klik kanan, terdapat sebuah roda untuk scroll pada komputer. Tak hanya untuk menggulir, roda ini juga punya fungsi lain. Dengan menekan roda mouse tersebut, Anda dapat menggunakannya untuk membuka tautan pada browser di tab baru. Caranya dengan menekan roda mouse tepat di atas tautan dan tab baru akan otomatis terbuka dengan sendirinya pada browser.

2.Menggulir Lebih Cepat dan Zoom yang Mudah

Pintasan lain ialah dengan menekan roda pada sebuah halaman, baik itu browser maupun lembar kerja akan memungkinkan Anda untuk scrolling dengan cepat. Tak perlu memutar roda terus menerus. Anda hanya cukup menekan roda mouse pada sebuah halaman, lalu arahkan kursor ke atas atau bawah logo bulatan.

Kombinasi menkan Ctrl pada keyboard sambil menggulirkan roda mouse ke bawah dan ke atas akan membuat zoom in dan out tampilan pada halaman yang Anda buka.

3.Dobel Klik, Bahkan Tripel Klik

Dengan mengklik kiri dua kali pada sebuah kata Anda dapat memblok kata tersebut. Jika Anda ingin memblok seluruh paragraf, klik kanan tiga kali pada kata apa pun maka satu paragraf akan terblok.

Trik Pintasan Mouse yang Harus Diketahui

1.Shift + Pintasan Mouse

Tak jarang orang merasa kesulitan memblok seluruh teks paragraf yang sangat panjang menggunakan mouse apalagi jika ruang pada mouse Anda sempit.

Ternyata, ada pintasan mouse yang membantu Anda memblok paragraf teks panjang tanpa harus repot dengan ruang gerak mouse yang sempit.

Blok satu kata atau beberapa di awal bagian. Lalu, gulir ke bawah sampai akhir bagian yang diinginkan. Secara bersamaan, tekan tombol Shift pada keyboard dan klik kiri tempat dimana Anda ingin mengakhiri blok. Dengan pintasan ini paragraf yang panjang pun dapat diblok pada satu waktu dengan lebih efisien.

2.CTRL + Klik Pintasan

Jika Anda akan menyorot atau memblok bagian teks yang tidak berdekatan satu sama lain, Anda dapat menggunakan tombol Ctrl pada keyboard sambil mengklik kiri apa pun yang ingin Anda blok.

Blok bagian pertama teks atau kata dengan cara biasa. Kemudian, tekan Ctrl sambil memblok teks atau kata lain yang berjauhan. Trik ini sangat berguna untuk Anda saat mencoba untuk menyalin hanya sebagian teks atau kata.

3.Kelola Ukuran Jendela Dengan Mouse

Untuk maximize jendela yang terbuka di komputer, biasanya seseorang akan mengklik ikon tombol maximize di sudut kanan atas jendela.

Ternyata ada cara yang lebih cepat. Yakni dengan mengklik dua kali pada title bar atas dari jendela tersebut. Dengan cara ini, otomatis jendela akan ter-maximize atau minimize.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *