Pinjaman Online Bunga Rendah, Ketahui Dulu Biaya Adminnya


Sebelum meminjam uang di pinjaman online yang harus diketahui terlebih dahulu adalah biaya adminnya, dari itu ketahui dulu pinjaman online bunga rendah seperti apa? Karena dibalik itu ada biaya admin atau biaya layanan yang rata – rata 10% dipotong langsung pada saat pencairan.

Pinjaman online bunga rendah? Ya” sekarang banyak pinjaman online dengan iming – iming bunga rendah, untuk bunga rendahnya sih iya, namun dibalik itu mereka menetapkan biaya admin yang besar sehingga saya kira sama saja, apabila bunga tinggi biaya admin lebih rendah, dan ketika bunga rendah maka biaya admin lebih tinggi, jadi pada saat pengembalian apabila dihitung dengan cermat itu sama saja, mereka memberikan bunga rendah itu sedang promo, dan begitu pun ketika ada PINJOL yang memberikan biaya admin yang rendah.

Jangan tergoda dengan pinjaman online bunga rendah, perhatikan hal ini supaya paham

Pinjaman Online Bunga Rendah
Contoh: PINJOL Easycash dan Rupiahcepat

Pinjaman online (PINJOL) yang banyak digunakan sekarang ini adalah melalui aplikasi di smartphone, banyak aplikasi PINJOL yang sedang ngadain promo dengan iming – iming bunga didiskon hampir sampai 90% dari bunga normalnya. Boleh tergoda dengan iming – iming diskon bunga rendah, namun seperti disebutkan diatas perlu dipertanyakan bagaimana dengan biaya adminnya, misalkan pinjam 2.000.000 dengan tenor 2 priode 30 hari, itu total pengembaliannya hanya 2.016.000, coba bisa dihitung ini bunganya sangat murah sekali bukan, tetapi coba cek dana yang diterima oleh peminjam itu berapa? Dana yang diterima itu hanya 1.800.000.

Cara menghitung bunga aplikasi PINJOL.

Pinjaman Online Bunga Rendah
Contoh dana yang diterima setelah potongan biaya admin PINJOL.

Kita hitung pinjaman online bunga rendah ini, berapa total pengembalian dikurangi dana yang diterima, total dana pengembalian 2.016.000 dikurangi dana yang diterima 1.800.000 (2.016.000-1.800.000=216.000), jadi ketika meminjam 2.000.000 dua priode pinjaman 30 hari bunganya adalah 216.000, kita anggap ini bunga saja supaya tidak membingungkan.

Related Posts :  Aplikasi Ceria Produk Pinjaman Digital Online Dari Bank BRI

Satu contoh lagi pada aplikasi PINJOL yang berbeda, ketika meminjam 6.000.000 dengan tenor 2 priode 60 hari, itu pengembaliannya hanya 6.372.000, murahkan? Tetapi coba cek kembali dana yang diterima oleh peminjam itu berapa? Dana yang diterima oleh peminjam itu hanya Rp.5.400.000, karena dana yang diterima itu sudah dipotong biaya admin.

Kita hitung lagi yang katanya pinjaman online bunga rendah selanjutnya ini, total pengembalian 6.372.000 dikurangi dana yang diterima 5.400.000 (6.372.000-5.400.000=972.000), jadi ketika meminjam uang 6.000.000 bunga yang harus dibayarkan adalah 972.000 dalam waktu 2 bulan atau 60 hari, yaitu tadi ini saya anggap bunga saja, walau pun memang apabila dirinci seperti berikut: 600.000 itu biaya admin yang dipotong ketika pencairan dan 372 itu adalah bunganya.

Sebelum melakukan pengajuan pinjaman online seperti di aplikasi pinjaman online, sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu berapa biaya admin yang ditetapkan oleh perusahaan mereka, tetapi saya kira untuk beberapa perusahaan PINJOL tidak akan menjawab pertanyaan tersebut secara gamblang, saya sendiri punya pengalaman, saya bertanya berapa potongan biaya adminnya, mereka malah mengatakan ada rinciannya diaplikasi, padahal sudah jelas saya cari – cari tidak ada, selalu bilangnya begitu, padahal apa susahnya sih tinggal bilang 10% atau pun berapa.

Untuk mengetahui berapa biaya admin dari PINJOL yang kita pilih, coba saja cari di media sosial seperti Youtube maupun artikel dari blog – blog yang yang membahasnya, mereka biasanya membahasnya dari pengalaman mereka sendiri.

Untuk beberapa aplikasi PINJOL benar disitu ada rincian untuk biaya admin ini, namun biaya admin ini muncul setelah melakukan tanda tangan digital surat perjanjian, kalau seperti ini terkesannya untuk biaya admin atau mereka sebut biaya layanan ini ditutupi, tahu – tahunya pada saat pencairan langsung dipotong, bahkan punya pengalaman pada salah satu aplikasi PINJOL, pada saat pencairan tidak ada pembertahuan dana sudah dikirim apa belum, kalau rekeninnya sering menerima transferan bisa repot mana yang transferan dari PINJOL, apalagi apabila dari PINJOL tidak dijelaskan nominal pencairan yang ditransfer setelah potongan biaya admin.

Related Posts :  Review UCan Indosat Aplikasi Pinjaman Online Terintegrasi myIM3

Apabila mengalami hal ini ketika pinjam dari PINJOL, pada saat setelah tanda tangan perjanjian digital tidak ada pemberitahuan apakah dana sudah dikirim atau belum maka yang harus dilakukan adalah mengecek mutasi rekening, biasanya tidak sampai 15 menit setelah tanda tangan digital perjanjian dana langsung ditransfer, nominal dana yang dicairkan atau ditransfer cara menghitungnya adalah kurang lebih seperti diatas, total pengembalian di kurangi bunga pinjaman kemudian dikurangi 10% biaya admin dan layanan lainnya, maka sisanya itulah nominal yang akan ditransfer ke rekening atau diterima peminjam, rincian pinjaman yaitu tadi bisa ditemukan setelah pinjaman disetujui dan surat perjanjian di tanda tangani secara digital.

Itulah PINJOL dengan iming – iming pinjaman online bunga rendah, sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online baik itu melalui aplikasi PINJOL seperti contoh diatas, maupun website atau pun media lainnya disarankan ketahui dulu berapa biaya admin yang dibebankan kepada peminjam, jangan sampai ketika dana cair barulah tahu bahwa pinjamannya ada pemotongan biaya admin.

Tinggalkan komentar