Perbedaan Kartu ATM Debit GPN Dan Visa

GPN dan Visa dari kedua jenis kartu ini sama-sama memiliki masa aktif 5 tahun, sama-sama bisa digunakan untuk tarik dan transfer di mesin ATM. Apasih perbedaan kartu ATM debit GPN dan kartu debit Visa?. Simak sedikit ulasannya berikut ini:

Terkadang jangankan bukan pengguna yang jadi penggunanya pun jarang jarang yang tahu apa perbedaan dari jenis GPN dan Visa ini, bagi pengguna yang penting bisa digunakan untuk transaksi di mesin ATM dan tempat lain yang sudah bekerjasama.

Bacaan Lainnya

Dari kedua jenis kartu ini memang memiliki perbedaan, namun karena sekarang mesin ATM, merchant dan gerai-gerai lainnya sudah mendukung semua jenis kartu termasuk Visa dan GPN ini jadi nasabah tidak pernah memperhatikannya.

Lain halnya kalau seandainya mesin ATM atau tempat kita melakukan transaksi hanya support satu jenis kartu misal Visa, sedang kartu yang kita gunakan adalah jenis GPN tentunya transaksi tidak bisa dilakukan karena beda jaringan, begitupun sebaliknya.

Sekarang ini yang menjadi semakin mudahnya melakukan transaksi dengan bermacam jenis kartu yaitu tadi, sudah hampir semua kartu ATM sudah support disemua jaringan dan begitu pun juga mesinnya itu sendiri sudah support untuk semua jaringan yang ada, jadi dimanapun dan dengan kartu apapun bisa digunakan hampir disemua meisn ATM.

Sebagai contoh untuk membedakan dari keduanya, kita ambil contoh jenis kartu ATM bank Mandiri GPN dan Mandiri Visa:

Kartu ATM debit GPN

Kartu ATM GPN sendiri dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu Silver, Gold, Platinum. Dari ketiga jenis kartu ini sama satu jaringan GPN namun menjadi pembeda adalah pada fitur dan manfaat yang didapatkan seperti limit penarikan atau transfer yang berbeda.

Kartu ATM debit Visa

Pembeda dari tampilan

Sama halnya GPN, Visa pun dibagi menjadi tiga jenis seperti Gold, Platinum dan Garuda. Berbagai manfaat berbeda dari ketiga jenis Visa ini yang tentunya bisa bermanfaat bagi pemegangnya. Perlu diketahui nama-nama jenis kartu dari setiap bank itu berbeda-beda, diatas adalah adalah dari bank Mandiri sebagai contoh saja.

Secara umum kartu GPN bisa diketahui dengan melihat ada tidaknya logo GPN pada kartu, begitupun dengan Visa bisa dilihat ada logo Visanya atau tidak, dari logo inilah bisa dijadikan sebagi pembeda dari kedua jenis kartu ini.

Namun sekarang ini bank telah mengeluarkan baik itu jenis kartu GPN maupun jenis Visa itu dalam satu kartu, nasabah tidak lagi memiliki banyak jenis kartu secara terpisah cukup bawa satu kartu saja sudah bisa digunakan diberbagai jaringan, tinggal dilihat saja pada kartunya setiap kali mau transaksi, misal dimesin ATM ada logo GPN silahkan lihat di kartu ATM yang dipegang apakah ada logo GPNnya, kartu Visa pun begitu.

Pembeda dari penggunaan

Perbedaan kartu ATM debit GPN dan Visa dari segi penggunaan yang signifikan adalah: GPN sendiri hanya bisa digunakan di Indonesia, sedangkan kartu jenis Visa ini memiliki manfaat bisa digunakan di Indonesia dan diluar negeri dengan jaringan Visa internasional. Untuk bisa melakukan transaksi di Indonesia sendiri dari kedua kartu ini bisa ditransaksikan di mesin ATM, mesin EDC, Merchant yang berlogo GPN dan Visa. Ketika diluar negeri maka hanya di jaringan Visa dan dengan kartu berlogo Visa saja.

Simpelnya untuk membedakan dari kedua jenis kartu ini adalah bisa dilihat pada logo pada kartu. Kemudian untuk penggunaan sendiri untuk jenis GPN haya bisa digunakan untuk domestik saja, sedangkan untuk jenis kartu Visa bisa digunakan didalam dan luar negeri.

Apabila pada kartu memiliki logo dari keduanya GPN dan Visa maka kartu tersebut bisa digunakan untuk bertransaksi di jaringan GPN dan juga Visa, misal di mesin EDC atau pun mesin ATM berlogo GPN maupun Visa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *