Peralatan Untuk Usaha Percetakan Rumahan, 19 Alat Ini Harus Di Persiapkan


Anda berniat buka usaha percetakan kecil – kecilan di rumah? Peralatan – peralatan untuk usaha percetakan kecil – kecilan ini harus dipersiapkan sejak awal, apa sajakah itu?

Peralatan Untuk Usaha Percetakan Rumahan.

  1. Komputer atau Laptop, disarankan menggunakan PC komputer, tidak harus spek tinggi yang terpenting bisa buat cetak dan ketik saja sudah cukup, minimal memiliki RAM 2GB.
Peralatan Untuk Usaha Percetakan Rumahan
  1. Mesin printer, disarankan mesin printer yang ada scannernya, scanner berguna untuk scan dokumen dan juga bisa juga digunakan untuk fotokopi skala kecil.
  2. Meja secukupnya, untuk menempatkan mesin printer dan juga komputer dan lain – lain.
  3. Bangku, untuk duduk para konsumen.
  4. Colokan listrik dengan panjang kabel disesuaikan denga kebutuhan, ini seiring kali dilupakan padahal ini penting karena hampir semua alat menggunakan listrik.
Peralatan Untuk Usaha Percetakan
  1. Pemotong kertas, ukuran F4 juga sudah cukup, ini berguna untuk memotong kertas dengan mudah tanpa harus menggunakan kater atau pun gunting.
  2. Gunting dan kater juga harus disiapkan, gunanya sama seperti halnya pemotong kertas, ini berguna untuk pemotongan yang tidak bisa dipotong dengan alat pemotong kertas.
Peralatan Untuk Usaha Percetakan
  1. Steples No.10 berikut isinya, steples lebih besar misal No.3 berikut isinya, lebih besar juga boleh untuk digunakan penjilidan yang lebih tebal.
  2. Lakban hitam, lakban hitam sendiri berguna untuk melakukan penjilidan dokumen dan lain – lain.
Peralatan Untuk Usaha Percetakan
  1. Kertas HVS ukuran A4 dan F4, ini juga harus dipersiapkan dari awal, belinya dusan saja dengan isi 5 rim, beli dusan dihitung – hitung lebih murah, untuk diawal belinya satu dus satu dus saja, satu A4 satu F4, nanti akan ketahuan mana yang sering digunakan, apabila yang sering digunakan A4 maka kedepannya perbanyak saja beli yang A4.
  2. Kertas foto, kertas foto juga dibutuhkan untuk mencetak foto, pastikan membeli kertas foto yang sesuai dengan tinta pada mesin printer yang digunakan, apabila mesin printer hanya mampu maksimal ukuran A4 silahkan beli kertas yang ukuran A4 saja.
  3. Kertas jilid atau kertas karton, silahkan beli kertas jilid atau karton dengan ukuran F4 saja, biasanya dijual per pack dengan isi 100 lembar, selain untuk menjili kertas jilid ini bisa juga digunakan untuk print seperti kartu, kalau disaya sendiri misalkan kartu arisan dan lain – lain, karena kertas jilid ini lebih tebal tidak seperti HVS.
  4. Plastik warna atau bening juga ada, berguna untuk cover jilid depan ketika melakukan penjilidan dokumen, belilah yang ukuran F4.
Related Posts :  5 Template Undang Pernikahan Format Word / CDR / Photoshop
Peralatan Untuk Usaha Percetakan
  1. Mesin laminating, disarankan ada untuk melaminasi dokumen maupun foto.
  2. Plastik laminating, ukurannya sesuaikan dengan ukuran mesin laminating, untuk awal – awal beli 1 pack 100 lembar juga sudah cukup.
  3. Penggaris, penggaris ukuran 30 CM juga sudah cukup.
  4. Jaringan internet, ini berguna ketika ada pekerjaan yan membutuhkan internet, sekarang kan jamannya online, apa – apa online, mau fotocopi saja online, dokumennya dikirim terlebih dahulu di whatsapp barulah dicetak, inikan memerlukan internet, pokoknya internet wajib ada bukan hanya dipercetakan saja, kalau jaringan internet kabel baiknya langganan yang internet kabel saja, kalau belum ada internet kabel gunakan saja modem, rekomended gunakan modem orbit dari telkomsel.
  5. Media promosi, untuk yang baru buka sebaiknya media promosi dipersiapkan, bisa gunakan neon box kalau dana mencukupi, yang paling sederhana gunakan saja banner yang kecil harganya bisa disesuaikan dengan budget yang ada. Media promosi adalah alat yang ampuh untuk menarik para pelanggan, dengan media promosi sudah mewakili tanpa kita harus berbicara.
  6. Lain – lainnya, jika memang modalnya mencukupi lengkapi percetakan dengan berjualan peralatan ATK selengkap – lengkapnya.

Saya kira peralatan yang disebutkan diatas sudah cukup untuk mulai membuka usaha percetakan kecil -kecilan dirumah, apabila memang usaha sudah berkembang dan membutuhkan peralatan yang lebih besar tinggal menambah peralatan saja secara bertahap, pastikan peralatan yang dibeli adalah yang dibutuhkan, kalau bisa multiguna, satu alat bisa banyak kekgunaan.

Tinggalkan komentar