Penyebab Vario 125 Brebet, Nggak Selalu Parah, Bisa Jadi Karena Ini

Diposting pada

Penyebab Vario 125 brebet – Salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada pengguna Vario 125 ataupun motor matic lainnya adalah brebet atau ngempos. Brebet pada motor matic bisa terjadi pada tarikan awal ataupun saat sedang jalan. Penyebab Vario 125 brebet sangatlah bervariatif, jadi kamu harus melakukan pengecekan secara rinci. 

Kondisi motor brebet atau ngempos sering kali jadi masalah saat berkendara. Umumnya motor yang brebet kecepatannya nggak akan naik meskipun gas ditarik. Masalah seperti ini banyak terjadi pada motor yang memasuki usia 2 sampai 3 tahunan. 

Nggak heran kalau kebanyakan orang menyangka penyebabnya karena kerusakan parah. Padahal, motor brebet bisa disebabkan oleh hal-hal sepele juga. Supaya makin paham, simak ulasan berikut ini sampai tuntas ya. 

Cara Meminimalkan Risiko Brebet Pada Vario 125

Sebelum membahas penyebab Vario 125 brebet, kamu perlu tahu cara meminimalkannya. Untuk menurunkan risiko brebet pada motor Vario 125, kamu perlu melakukan servis secara berkala. Dengan service, komponen-komponen motor akan lebih terawat. 

Hal ini akan membuat kondisi motor Vario lebih prima. Sebab pengecekan dilakukan secara berkesinambungan. Meski begitu, brebet pada motor matic terkadang nggak bisa kamu prediksi. 

penyebab Vario 125 brebet

Penyebab Motor Vario Mengalami Brebet

Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa ada beberapa faktor yang jadi penyebab motor Vario ngempos. Berikut ini ulasan lengkapnya. 

  • Pengapian yang bermasalah

Faktor pertama yang bisa menyebabkn Vario 125 ataupun matic lainnya ngempos adalah kondisi pengapian yang bermasalah. Salah satu sistem pengapian yang perlu kamu periksa adalah busi motor. 

Busi yang bermasalah seringkali menyebabkan motor brebet. Masalah yang sering terjadi pada bagian ini adalah busi yang nggak sesuai spesifikasi mesin. Selain bisa bikin brebet, busi yang nggak sesuai spesifikasi juga bikin bensin nggak terbakar sempurna. 

Selain itu, bagian kepala busi yang berkarat dan kerak juga bisa jadi penyebab Vario 125 brebet. Baik saat tarikan awal maupun saat dipakai jalan. Solusinya adalah mengganti kepala busi dengan yang baru. 

  • Bensin yang kurang lancar ke ruang bakar

Penyebab kedua adalah bensin yang kurang lancar ke ruang bakar. Kalau pasokan bensin nggak lancar, otomatis tenaga motor kamu pun berkurang. Sebab itulah, saat gas kamu tarik motor jadi brebet. 

Selain itu, brebet pada motor matic juga bisa terjadi karena bahan bakar tidak sesuai dengan anjuran pabrikan. Umumnya, setiap jenis motor punya anjuran bahan bakar sendiri-sendiri. Supaya kondisinya tetap prima, pakailah bahan bakar yang sesuai. 

  • Angin tidak lancar ke ruang bakar

Faktor ketika yang jadi penyebab Vario 125 brebet adalah angin yang tidak lancar ke ruang bakar. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah bagian filter yang kotor. Untuk mengatasinya, kamu perlu membersihkannya agar angin lebih lancar. 

Cara Mengatasi Brebet Pada Vario 125

Kalau penyebab brebet pada motor Vario 125 karena beberapa hal di atas, kamu nggak perlu khawatir. Karena penyebabnya bisa dibilang nggak terlalu parah. Beda lagi kalau brebet pada motor karena TPS rusak.

Brebet yang terjadi karena angin tidak lancar bis kamu atasi dengan membersihkan bagian atas CVT. Kamu bisa melakukan pembersihan sendiri dengan menggunakan obeng plus atau obeng kembang untuk membuka bagian filter. 

Sedangkan untuk penyebab Vario 125 brebet karena kepala busi yang berkarat, kamu hanya perlu menggantinya dengan yang baru. 

Kesimpulan

Pada dasarnya ada banyak penyebab Vario 125 brebet. Mulai dari kerusakan TPS, angin yang tidak lancar, busi yang bermasalah, kepala busi berkarat, hingga pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai. 

Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi, maka kamu nggak perlu panik duluan ketika motor mengalami brebet. Kamu bisa membawanya ke bengkel resmi ataupun bengkel terpercaya supaya dilakukan pengecekan. 

Biaya servicenya pun sangat beragam tergantung pada tingkat kerusakannya. Untuk masalah yang ringan, maka biaya yang kamu butuhkan pun nggak terlalu mahal. Begitu pun sebaliknya. 

Satu hal yang perlu kamu ingat, nggak perlu melakukan reset dulu karena penyebab Vario 125 brebet belum tentu karena kerusakan parah, silahkan cek di vidio, ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar.

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *