Penyebab Oli Masuk Ke filter Udara Motor” Simak Ulasannya Berikut!

  • Whatsapp

Apa Penyebab Oli Masuk Filter Udara?

Masalah oli bocor tentu sudah sering dihadapi. Motor lawas atau yang tidak terawat, bisa mengalami hal ini. Tapi bagaimana jika oli masuk filter udara karena bocor? Apakah Anda pernah mengalami hal ini.

Bacaan Lainnya

Penyebab oli bisa masuk filter udara lebih special dan bisa memaksa Anda membongkar full motor. Jika kondisi penyebabnya parah, Anda bahkan harus ganti piston dan blok mesin. Hal ini tentu tidak murah dan harus diperhatikan.

Untuk penyebab oli bisa naik ke filter udara, biasanya ada 4 hal. Mari bahas penyebabnya tersebut pada artikel ini!

Oli Masuk Filter Udara

Oli Diisi Terlalu Penuh

Bagi Anda yang isi oli sendiri, pastikan jangan menuang terlalu banyak. Oli yang terlalu penuh akan masuk ke lubang tempat aliran udara. Bada bagian ini sudah ada sekat – sekat yang sebenarnya menghalangi oli untuk naik ke filter. Tapi jika diisi penuh, tentu filter ini tidak bisa berbuat banyak.

Oli yang terlalu diisi penuh akan terhisap lubang udara. Lubang udara ini sebenarnya adalah tempat filter memberikan udara ke mesin yang dikompresi. Tapi karena terhambat oli, akhirnya oli malah mengalir terbalik dan masuk ke filter.

Ring Kepala Piston Pecah atau Rusak

Masalah pada piston juga bisa berpengaruh pada hal ini. Saat piston ada bagian yang retak atau pecah, pasti kompresi tidak bisa berjalan baik. Kompresi ini akan membuat udara malah mengalir ke belakang dan tidak terdorong ke knalpot.

Masalah ini bisa sebabkan oli yang ada di sekitar piston terdorong ke belakang dan malah masuk ke area lubang hawa udara. Lubang hawa ini merupakan bagian dari block yang terhubung ke filter udara. Jika tertutup oleh oli, udara yang mengalir malah berbalik terhisap ke filter.

Saat proses ini berulang – ulang terjadi pada piston, oli bisa terpompa terus masuk ke filter udara. Oli masuk filter udara bisa menyebabkan kebocoran yang parah. Jika sudah begini, Anda akan lihat oli mengalir deras di bawah mesin motor Anda.

Bagian Filter Udara Tersumbat

Penyebab yang ketiga adalah chamber filter udara tersumbat. Sepertinya yang Anda tahu, mesin membutuhkan pompa udara agar bisa melakukan kompresi dan pembakaran. Tapi saat filter tersumbat, penarikan udara jadi bermasalah.

Udara yang tidak bisa diambil dari luar membuat tekanan tidak normal. Tekanan ini akhirnya harus diisi dari udara lain. Di mana udara yang bisa dihisap? Jawabannya adalah chamber mesin yang menjadi tempat oli.

Oli tentu tidak boleh diisi terlalu banyak. Karena itu, pasti ada udara di dalamnya. Karena tersedot tekanan, oli juga ikut bergerak. Hal ini membuat oli naik dari lubang hawa udara mesin masuk ke area filter.

Udara baru tidak masuk dan oli membuat filter makin penuh. Akhirnya tekanan kembali menumpuk dan oli kembali dipompa naik. Hal ini bisa menyebabkan oli di mesin naik semua ke area filter. Tapi karena chamber filter memompa udara ke ruang bakar, oli bisa juga masuk ke situ.

Oli di ruang bakar bisa menyebabkan kerusakan mesin yang parah. Banyak mesin harus diganti karena oli banyak masuk ke bagian sensitif motor yang satu ini.

Masalah Kompresi Pada Mesin

Masalah kompresi pada mesin juga bisa menjadi penyebab hal ini. Saat piston bekerja dan menjadi panas, chamber kompresi bisa bermasalah. Pada video yang post Jangeby Channel, sudah dijelaskan tentang hal ini.

Pada kasus si bapak pemilik motor sering menempuh jarak lebih dari 100 km per harinya. Hal ini memberi beban pada mesin yang cukup besar. Ditambah lagi si bapak ternyata melakukan modifikasi pada blok mesin dan juga piston dome.

Awalnya ingin tarikan motor lebih mantap, tapi ternyata kondisi penggunaan harian membuat kerusakan parah. Suhu yang tinggi menyebabkan kerusakan pada piston dan akhirnya mendorong oli sampai ke bagian filter.

Hal ini bisa jadi cikal bakal penyebab seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tapi berbeda dengan kondisi hanya kepala piston yang rusak, si bapak harus mengganti satu block. Karena kondisi penggunaan keras menyebabkan modifikasi yang dilakukan harus diubah menjadi bentuk basic.

Dari kasus ini, Anda harus hati melakukan modifikasi pada mesin. Jika salah sedikit saja, oli bisa bocor karena penggunaan motor yang berat. Pastikan konsultasi pada montir jika ingin melakukan modifikasi seperti ini agar tahu konsekuensinya.

Bagaimana apakah sudah jelas tentang 4 hal penyebab oli masuk filter udara? Mudah – mudahan bahasan ini bisa membuat Anda lebih hati – hati dan menghindari kebocoran oli yang parah. Terima kasih sudah baca artikel ini!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *