penyebab oli cepat habis

Penyebab Oli cepat habis, padahal tidak netes dan tidak ngebul

Diposting pada

Heran bila melihat oli cepat habis padahal tidak netes apalagi ngebul, mungkin ini penyebab oli cepat habis yang harus segera dicek dan diperbaiki, karena penyebab-penyebab oli habis ini tidak bisa terdeteksi secara tidak ada ole netes dan juga kenalpot tidak mengeluarkan asap saat mesin dihidupkan.

Sebelum kita lanjut ke cara memperbaiki atau apa yang harus diperbaiki, baiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab oli cepat habis tapi ole tidak netes atau kenalpot tidak ngebul, ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi penyebab pada kasus seperti ini, berikut:

Kenapa oli motor cepat habis tapi tidak netes dan tidal ngebul?

penyebab oli cepat habis

Jawaban pada kasus ini namun tidak terdeteksi seperti ngebul dan netes, disini yang saya maksud adalah jenis motor roda 2 matic:

Lebih jelasnya silahkan bisa dilihat pada vidio pada Jangeby Channel

Oli habis diakibatkan penguapan.

Oli bisa saja habis penyebabnya tanpa adanya tanda-tanda seperti ngebul ataupun netes pada mesin, kasus ini bisa terjadi karena oli mengalami penguapan yang tidak biasa, seperti diakibatkan mesin motor terus digunakan seharian tanpa adanya pendinginan atau diistirahatkan yang cukup, diakibatkan panas secara otomatis oli menguap dan mengakibatkan oli akan cepat habis atau berkurang, ini normal terjadi pada kendaraan yang memang pemakaiannya terus menerus, bisa dicontohkan pada tukang ojek atau pada saat melakukan perjalanan jauh sampai misalkan satu hari satu malam tanpa istirahat, sekalipun istirahat tidak sampai mesin dingin sudah dibawa berjalan lagi. Bila kasusnya persis seperti ini, ini tentu hal yang wajar tidak perlu terlalu dikhawatirkan, lebih seringlah mengecek oli atau bila diperlukan lebih baik seringlah ganti oli.

Oli habis tidak terdeteksi akibat kotoran atau debu.

Penyebab mengapa sering cepat habis padahal tidak netes dan juga tidak ngebul, kemana oli larinya kalau tidak netes dan tidak ngebul, selain disebabkan penguapan seperti dijelaskan diatas? Nah, ini jawaban kedua yang mungkin bisa terjadi pada sebuah kendaraan yang mengalami kasus ini. Sebenarnya oli mesin itu bocornya dari oring seal magnet namun karena menumpuknya kotoran sehingga oli tidak sempat netes, debu atau kotoran yang menumpuk pada sekitar seal magnet menyebabkan oli yang menetes menjadi kering, juga karena adanya kipas oli yang bocor tidak lagi sempat menetes.

Baca juga: Tutorial otomotif lainnya.

Dengan dua penjelasan penyebab oli cepat habis padahal tidak adanya kebocoran yang diindikasikan dengan tetesan oli maupu ngebulnya kenalpot diatas, bisa disimpulkan bahwa rajin-rajinlah mengecek oli mesin sekalipun tidak ada indikasi kebocoran seperti ngebul dan menetesnya oli mesin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *