Penyebab Kartu ATM Disable, kartu ATM BRI

Photo of author

Pernahkah anda mengalami kartu ATM Disable? Tentu hal ini sangat menggangu dan merepotkan karena anda tidak akan bisa menggunakannya. Agar masalah tersebut tidak mendatangi anda, ketahui beberapa penyebab kartu ATM disable yang akan kami bahas kali ini.

Dalam melakukan disable ini pihak bank bisa melakukannya secara sepihak, atau memang karena permintaan dari nasabah untuk melakukan disable tersebut. Hanya saja masalah paling umum adalah dilakukan disable sepihak oleh pihak bank karena ada masalah.

Biasanya pihak bank melakukan disable kartu ATM karena mereka merasa ada tindakan yang mencurigakan, sehingga malakukan langkah disable ini merupakan bentuk pengamanan. Atau bisa juga karena ada kesalahan dalam memasukkan PIN dalam batas waktu yang telah ditentukan.

Selain itu ada juga karena keinginan dari pemilik rekening bank itu sendiri atas beberapa alasan. Apapun penyebab kartu ATM disable ini, yang pasti jika kondisi ini terjadi maka kartu ATM anda tidak akan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Penyebab Kartu ATM Disable

Diatas sudah sedikit kami singgung mengenai penyebab kartu ATM disableyang beraneka macam. Nah untuk memudahkan anda memahaminya, maka berikut ini akan kami bagikan rangkumannya agar nanti bisa anda jadikan bahan petimbangan agar tidak melakukan kesalahan tersebut.

Nah berikut ini sejumlah penyebab kartu ATM bisa mengalami disable yang sebaiknya anda hindari, diantaranya :

  • Nasabah melakukan kesalahan dalam input PIN ATM saat ini melakukan transaksi. Dalam sebuah layanan perbankan, jika anda tiga kali melakukan kesalahan input PIN secara 3x berturut-turut.
  • PIN Kartu ATM sudah lama tidak diganti, sehingga pihak Bank melakukan disable sebagai bentuk antisipasi pada keamanan rekening nasabah
  • Adanya indikasi pembobolan tabungan dari nasabah yang tidak disadari

Dari beberapa penyebab kartu ATM disable di atas tadi, yang paling sering terjadi atau dialami oleh nasabah adalah pada poin pertama. Karena terkadang ketika orang sedang capek, mereka gagal fokus sehingga memasukkan PIN yang salah.

Ciri-ciri Kartu ATM Terkena Disable

Lantas bagaimana ciri-ciri atau indikasi jika kartu ATM ini terkena disable oleh pihak bank? Cara paling mudahnya adalah dengan anda pergi ke mesin ATM terdekat, dan cobalah untuk melakukan transaksi apapun. 

Berikut ini sejumlah ciri-ciri kartu ATM anda kena Disable yang perlu diketahui :

  • Anda tidak diizinkan untuk menjalankan berbagai aktifitas transaksi dengan memakai ATM tersebut, baik itu untuk transfer maupun tarik tunai
  • Layar pada mesin ATM bakal memberikan notifikasi berupa penolakan layanan, dan terdapat keterangan jika kartu ATM anda statusnya disable

Cara Aktifkan Lagi Kartu ATM Disable

Setelah tahu tentang penyebab kartu ATM disable beserta dengan ciri-cirinya, maka anda juga perlu tahu gimana cara mengaktifkan kembali kartu tersebut. Nah dalam cara kali ini kami akan menjelaskan untuk anda nasabah dari bank BRI, caranya berikut ini :

Aktifkan Kartu ATM Melalui BRImo

  • Langkah pertama silahkan download dan installa aplikasi BRImo di smartphone
  • Buka aplikasi tersebut, lalu tap opsi “Rekening Lain”
  • Tap nomor rekening yang mengalami disable tadi untuk di Enable
  • Tap opsi “Status Kartu”
  • Selanjutnya pilih opsi Enable atau Disable kartu

Aktifkan Kembali Kartu ATM Melalui Internet Banking

  • Silahkan login terlebih dahulu pada Internet Banking BRI anda
  • Setelah itu tap opsi “Layanan Nasabah”
  • Selanjutnya tap menu “Layanan Lainnya”
  • Pilih Enable atau Disable kartu.

Cukup sekian ulasan kali ini tentang penyebab kartu ATM disable beserta ciri-cirinya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar