Penyebab Indikator Bensin Vario Rusak Tidak Berhenti Berkedip

Diposting pada

Penyebab Indikator bensin vario rusak – Apakah Anda pernah mengalami indikator bensin rusak saat pakai Vario 125?  Bentuk eror pada indikator bensin bisa berbentuk banyak. Mulai dari berkedip tidak berhenti, tampak full padahal tidak full, selalu menampilkan isi pada level tertentu dan bahkan naik turun level penuh secara random.

Kerusakan seperti ini umumnya menyusahkan. Selain membuat bingung harus isi bensin atau tidak, tampilan indicator yang nyala mati bisa membuat risih. Karena itu, Anda harus segera perbaiki jika ada masalah ini.

Untuk memperbaiki, Anda bisa coba arahan yang diberikan Jangeby Channel. Dalam video-nya yang satu ini, bang Jangeby memberikan arahan akurat soal kerusakan. Mari bahas tentang kerusakan tersebut lebih dalam pada artikel ini!

Apa yang Menjadi Penyebab Kerusakan?

indikator bensin vario rusak

Penyebab bisa banyak, tapi umumnya disebabkan kerusakan pada pelampung bensin. Kerusakan pelampung bensin bisa karena sudah kendor pelampungnya, tersangkut hingga tidak bergerak ataupun karena sensornya yang mati.

Kebanyakan parts lama yang bermasalah, menunjukan ada area ujung kabel sensor yang tidak berfungsi. Biasanya ujung sensor tersebut sudah putus dan aus. Terkadang ujung – ujung sensor pecah bisa karena kotor, karat ataupun masalah umur.

Untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya Anda rajin merawat bagian ini. Selama Anda rajin membersihkan fuel pump 1 tahun sekali, umumnya kerusakan ini bisa dihindari atau dideteksi lebih dini.

Tantangan yang Bisa Dihadapi Untuk Proses Perbaikan;

Untuk masalah kerusakan pelampung, Anda cukup beli partnya. Tapia da beberapa halangan yang perlu diperhatikan Penggantian pelampung lebih irit dariapda mengganti satu set fuelpump tempat bensin. Tapi di sisi lain, Anda mungkin akan kesulitan mencari yang jual pelampung terpisah.

Kebanyakan penjual tidak akan memberi pelampung secara individu dan harus satu set fuel pump. Hal ini juga diperparah dengan kondisi parts Honda yang juga makin sulit didapat. Kemungkinan, Anda yang datang di bengkel motor disarankan ganti satu set dan harus bayar lebih mahal.

Proses Perbaikan;

Untuk proses perbaikan fuel pump full, Anda sebenarnya bisa cek video perbaikannya di fuelpump Jangeby Channel. Tapi untuk keperluan hanya mengganti pelampung, cukup ikuti instruksi berikut ini:

  • Buka penutup tangki fuel motor Anda. Biasanya di bagian atas tangki ada 4 batu dengan ukuran seragam. Pastikan lepas semua baut tersebut. Untuk membuka ini, Anda perlu seri mur 10 agar lebih mudah melakukannya.
  • Setelah semua buat lepas, fuel pump sudah bisa diangkat. Pastikan hati – hati mengambil fuelpump agar elektronik dan sensor tidak rusak. Lepas atribut seperti kabel yang ada di fuelpump agar aman diambil.
  • Setelah fuel pump lepas, cek kondisi. Jika kotor, bersihkan dulu bagian – bagiannya.
  • Setelah itu, cek area bagian pelampung. Di bagian tersebut, Anda akan melihat dua kabel yang menyambung ke bagian pelampung. Biasanya saat indikator bensin rusak di Vario 125, masalahnya pasti berhubungan dengan koneksi kabel itu.
  • Coba lepas bagian claps yang mengunci kabel. Untuk melepas, cukup cek area bawah parts untuk tonjolan – tonjolan. Tekan 3 tonjolan yang ada di situ untuk mendorong parts agar terpisah. Cukup dorong sampai ada bunyi klik atau sampai kendor.
  • Setelah terbuka, Anda bisa melihat koneksi kabel. Terkadang, kabel tidak bisa dicabut mudah.
  • Untuk memastikan kabel tidak rusak saat ditarik, buka kuncinya di bagian bawah. Area ini memiliki tonjolan di dalam kotak. Tekan tonjolan tersebut dengan alat pipih seperti ujung obeng minus.
  • Setelah melepas parts, pastikan beli parts pelampung yang pas. Untuk Honda Vario 125, kode parts yang digunakan adalah 37800-KZR. Anda bisa beli parts ini di Tokopedia langsung pada Jangeby Store.
  • Setelah mendapatkan barts baru, ganti saja seperti cara melepas tadi.
  • Pada parts baru, Anda akan dapatkan kabel baru. Cukup ikuti alur kabel lama, dan ikuti colokan warna yang sama dengan kabel sebelumnya. Rapikan kabel agar tidak menjalar dan bergelantungan tidak rapi.
  • Setelah itu, pasang kembali fuelpump dengan elektronik di motor. Hasilnya, indikator pasti kembali normal seperti biasa. Tes beberapa kali dengan mengubah posisi pelampung dan menyalakan motor berulang. Jika level bensin berubah sesuai posisi pelampung, artinya masalah sudah fix.

Sekian bahasan tentang tutorial penyebab indikator bensin rusak dan solusi perbaikannya di Vario 125. Mudah – mudahan bahasan ini bisa berguna bagi Anda para pecinta motor. Terima kasih sudah membaca artikel nya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *