Pengertian Dedicated Server, Kelebihan, dan Kekurangannya

Diposting pada

Membuat website yang dipakai untuk bisnis atau jual-beli ternyata tidak mudah. Anda harus tahu pengertian dedicated server hosting atau jenis layanan hosting lain agar tidak salah memilih layanan.

Apalagi Anda sudah punya proyeksi jika jenis bisnis yang dijalankan ini skalanya besar. Jika memakai server atau hosting biasa bisa jebol karena traffic yang akan diterima sangat besar.

Pengertian Dedicated Server.

Pengertian Dedicated Server
Source image: Domainesia.com edited By. Siajun.com

Dedicated server adalah layanan server atau hosting yang tidak dibagi ruangnya dengan pengguna lain. Satu pengguna mendapatkan satu server individu dan bisa digunakan untuk kebutuhan bisnis atau pribadi.

Saat menggunakan dedicated server, komputer atau cloud yang digunakan dikhususkan atau dibuat secara custom untuk satu pengguna. Layanan ini juga  berbeda dengan VPS karena private server yang diberikan menjadi satu dengan user lain.

Kelebihan Dedicated Server.

Menggunakan dedicated server memberikan cukup banyak kelebihan. Berikut lima jenis kelebihan yang bisa didapatkan pengguna.

1. Tidak ada Pembagian Resource Server.

Saat menggunakan dedicates server, Anda tidak akan mengalami pembagian sumber daya yang dimiliki server. Mulai dari RAM, ruang penyimpan, sampai prosesor yang dipakai akan dikuasai sendiri.

Berbeda jika Anda menggunakan shared hosting, semua resource yang ada akan dibagi sesuai dengan jenis paket yang diambil. Saat server down, semua user yang menyewa akan terkena imbas.

2. Sistem Keamanan Tinggi.

Menggunakan hosting sendiri meski menyewa di provider akan melindungi segala bentuk aset yang ada di website. Apalagi sistem keamanan masing-masing server akan diawasi secara berkala.

Risiko mengalami masalah seperti mendapatkan serangan dari pihak tidak bertanggung jawab dan pembobolan tidak akan bisa terjadi.

3. Akses Situs Cepat.

Server yang disediakan sendiri oleh provider akan membuat loading time menjadi lebih cepat. Apalagi pengguna banyak menggunakan ponsel dan berasal dari daerah yang kecepatan internetnya rendah.

Dedicated server akan melakukan boosting sehingga loading tidak lama dan mencegah pengguna untuk pergi.

4. Mudah Melakukan Custom.

Kelebihan lain jika Anda menggunakan dedicated server adalah kemudahan untuk melakukan custom. Misal, Anda ingin server dengan spesifikasi RAM tertentu untuk memaksimalkan fungsi website.

Modifikasi di dalam server untuk membuat website jarang down dan mudah dioperasikan juga bisa dilakukan.

5. Terima Beres.

Mengambil layanan dedicated server hosting umumnya memudahkan tim IT perusahaan dalam bekerja. Meski pengawasan tetap dilakukan, umumnya semua layanan server akan ditangani oleh provider.

Jadi, mulai dari biaya untuk perawatan server dan juga maintenance tidak akan dibebankan lagi. Anda dan tim tinggal menghubungi provider jika terjadi masalah dan butuh segera ditangani.

Kekurangan Dedicated Server.

Kekurangan dari server yang dibuat secara khusus ini adalah harga sewa yang terbilang mahal. Apalagi Anda mengambil layanan yang lengkap mulai dari perawatan sampai keamanan. Namun, layanan ini cocok untuk bisnis skala besar.

Kekurangan lain dari dedicated server adalah rumitnya pengaturan di dalam server. Hanya orang ahli di bidangnya saja yang bisa melakukan modifikasi. Itulah kenapa, pekerjaan ini hanya dibuka untuk mereka yang sudah berpengalaman, bukan untuk pemula.

Kesimpulan.

Dari ulasan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian dedicated server adalah server yang dipakai untuk satu user saja. Baik itu fisik atau virtual, tidak ada pembagian ke user lain. Server jenis ini memberikan cukup banyak kelebihan, salah satunya adalah layanan yang terjamin, private, keamanan data terjaga, dan pengguna bebas melakukan modifikasi untuk memaksimalkan kinerja situsnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *