Pembayaran Dan Transfer Anti Ribet? Pakai Brilink Solusinya

Bank BRI pada tahun 2012 merancang Branchless Banking yang mengandalkan layanan perbankan di kantor cabangnya. Perencanaan ini akhirnya melahirkan Program BRILink.

Program ini snagat menguntungkan, baik bagi pihak BRI maupun nasabah. Pasalnya BRILink mampu mencapai lokasi terpencil di seluruh Indonesia tanpa membuka kantor di area itu. Pelayanan BRILink sendiri dilakukan oleh seorang Agen BRILink yang sudah terdaftar.

Layanan-Layanan BRILink

BRILink bertindak layaknya pelayanan yang diberikan oleh kantor BRI. Di antaranya sebagai berikut.

  • Pelayanan pembayaran listrik pra bayar.
  • Pembayaran Finance BAF, FIF, OTO, dan WOM.
  • Layanan setor tunai.
  • Layanan tarik tunai dengan ATM.
  • Isi pulsa, dan masih banyak layanan pembayaran lainnya.

Pembayaran Dan Transfer Anti Ribet Dengan Layanan BRILink
Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, layanan BRILink memang ditujukan untuk mempermudah transaksi nasabah dimana pun dan kapan pun tanpa harus ke kantor BRI yang jauh. Seseorang yang sudah terdaftar menjadi Agen BRILink akan bertindak selayaknya seorang pegawai BRI.

Melayani transaksi transfer, pembayaran, dan penarikan tunai. Layanan BRILink ini bahkan bisa mencapai daerah-daerah terpencil sekalipun selama ada Agen BRILink di sana. Anda yang tidak memiliki rekening di BRI pun juga dapat melakukan transaksi pembayaran dan transfer menggunakan BRILink tanpa kendala apapun.

Jadi, Anda yang tidak memiliki kartu ATM atau memanfaatkan Brilink Mobile tidak perlu khawatir untuk transfer dan melakukan pembayaran. BRILink mampu memberikan pelayanan terbaik untuk semua kebutuhan transaksi Anda.

Mendaftar Dan Keuntungan Menjadi Agen BRILink

Untuk memenuhi kebutuhan nasabah di seluruh Indonesia, BRI sangat menyarankan untuk menjadi bagian dari Agen BRILink. Bukan hanya pihak BRI dan nasabah yang diuntungkan, Agen BRILink sendiri juga mendapatkan keuntungan yang menunjang usaha. Di antaranya:
Keuntungan pertama, mampu meningkatkan brand usaha. Saat Anda menjadi Agen BRILink, secara otomatis orang yang melakukan transaksi akan sering berkunjung ke toko Anda. Di mata pelanggan, brand toko Anda akan menjadi lebih popular. Sellau diingat sebagai toko yang menyediakan layanan transfer dan pembayaran yang mudah.

Keuntungan kedua, mendapatkan komisi/fee. Fee setiap transaksi tidaklah sama. Untuk transaksi transfer sesama BRI, fee sebesar Rp 1500, antar bank Rp 6000-8500, PLN Post Rp 1350, Isi Pulsa 675-2115 pertransaksi. Selain itu, ada juga komisi tambahan yang ditetapkan agen kepada nasabah atau yang kita kenal dengan biaya adminstrasi. Besarannya disesuaikan oleh Agen itu sendiri sesuai dengan lokasi dimana Agen berada, biaya yang paling umum adalah kisaran Rp 5ribu sampai dengan 10ribu untuk transfer sesama bank BRI, Rp 5ribu sampai dengan 10ribu untuk antar bank, dan biasanya Agen juga memperhitungkan biaya yang dibebankan kepada Nasabah pada setiap kelipatannya.

Jika dihitung-hitung, keuntungan menjadi Agen BRILink adalah dari komisi tambahan tersebut. Jika hanya mengandalkan komisi share fee dari BRI saja mungkin tidak akan menguntungkan, apalagi jika transaksi sedikit.

Syarat-Syarat Menjadi Agen BRILink

Agen Brilink Mobile atau sebutan individu yang menjalankan BRILink adalah masyarakat biasa/bukan pegawai BRI. Berikut ini adakah persyaratan pendaftaran Agen BRILink.

  1. Nasabah BRI dengan kewarganegaraan Indonesia. 
  2. Berdomisili sama dengan Kantor Wilayah yang akan diajukan. Misalnya, mengajukan menjadi Agen BRILink Makassar maka individu tersebut juga harus mendaftar di Kantor BRI di Makassar.
  3. Seorang pengusaha dengan minimal waktu usaha 1 tahun tetapi pada realisasinya ditemukan hal ini tidak disyaratkan.
  4. Status tempat usaha Milik Sendiri. Atau jika menyewa ruko/toko, harus minimal waktu sewa satu tahun dan ada ditemukan terkadang dibeberapa tempat/unit ada yang tidak memerlukan hal ini. Dilengkapi dengan Surat Pepanjangan Sewa jika sewa toko belum mencapai satu tahun.
  5. Melampirkan Surat Izin Usaha.
  6. Memiliki Rekening BRI dengan saldo yang cukup untuk melakukan transaksi-transaksi.
  7. Mengisi Formulir permohonan dan menandatangi Surat Perjanjian dengan BRI.

Secara umum, hampir semua transaksi BRI bisa dilakukan jika sudah terdaftar menjadi Agen BRILink. Transaksi-transaksi dilakukan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) atau ATM Mini. Namun, saat ini transaksi-transaksi Agen BRILink bisa menggunakan aplikasi BRI Moblie yang lebih mudah.

Itulah tadi beberapa kemudahan yang diberikan BRILink untuk nasabah ataupun masyarakat yang jauh dari kantor BRI. Menjadi Agen BRILink bisa menjadi pilihan sebagai bisnis sampingan yang sangat berpotensi menguntungkan. Begitu juga nasabah, dapat melakukan pembayaran dan transfer anti ribet, Brilink Mobile lah solusinya.

Gravatar Image
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *