Pembangunan PC, Rencanakan Secara Rinci Sebelumnya.

  • Whatsapp
Pembangunan PC

Pembangunan PC – Banyak orang berpikir membangun PC itu sulit. Tapi tahukah Anda bahwa process perencanaan adalah hal yang paling menantang dalam membangun PC. Orang awam mungkin berpikir membeli bagian PC itu mudah. Asal parts seperti motherboard, CPU, GPU, RAM dan hardisk tersedia, PC sudah bisa dirakit. Hal ini tentu tidak benar.

Mengapa perencanaan pembangunan PC Penting?

Pembangunan PC

Bagi Anda yang masih membayangkan perencanaan mudah, Anda harus tahu bahwa banyak factor bisa mempengaruhi pembangunan PC. Untuk memastikan Anda lebih mengerti, mari bahas point – point penting yang bisa dipengaruhi perencanaan di bawah ini:

Read More

Tips pembangunan PC yang pertama adalah memastikan peruntukannya.

Saat ingin bangun PC, pastikan dulu tujuannya. Apakah Anda ingin PC budget untuk gaming? Atau Premium PC untuk desain work dan video editing? Keperluan ini akan memerlukan fokus yang berbeda. Hal seperti ukuran PC juga bisa mempengaruhi bagaimana Anda membangunnya. Contoh saja Anda ingin PC high performace tapi dengan casing kecil, untuk hal ini, Anda harus beli model Mini-ITX sebagai motherboard.

Memilih Parts yang Cocok Satu Sama Lain

Setiap parts PC perlu di test kecocokannya. Hal seperti motherboard harus cocok dengan model RAM, kecepatan disk, GPU dan CPU. Jika tidak hal seperti bottleneck bisa terjadi. Bayangkan memiliki CPU dan GPU cepat, tapi karena tidak menggunakan SSD, kecepatan process tetap terhambat. Untuk high performance PC, hal ini bisa jadi masalah.

Ketersediaan Barang dan Budget

Dalam perencanaan membuat PC, Anda juga harus perhatikan budget. Di pasaran memang banyak tersedia pilihan parts dengan harga yang berbeda. Tapi hal ini tidak selalu reliable. Berbeda dengan di luar negeri, Indonesia terkadang memiliki stock pilihan parts lebih kecil. Jika ingin beli motherboard gaming premium misalnya, Anda mungkin harus impor dari luar jika tidak tersedia pilihan bagus di Indonesia.

Jangan Teledor Dalam Perencanaan

Saat ingin membangun PC, pastikan melakukan perencanaan yang baik. Selama proses planning ini lancar, langkah pembelian dan pembangunan PC menjadi lebih lancar. Anda bisa gunakan material seperti tutorial dan informasi build di internet sebagai arahan untuk keperluan PC Anda. Di Indonesia, tidak semua brand dan tipe parts PC tersedia. Hal seperti motherboard ada yang murah dan menarik dari info di internet. Tapi saat ingin dibeli, stock barang tidak tersedia. Tanpa persiapan baik, hal seperti ini bisa merusak pilihan parts yang Anda butuhkan untuk PC. Jadi, pastikan tidak meremehkan step perencanaan ini.

Related posts