Pasang Wifi Di Rumah Internetan Makin Lancar Dan Stabil

Diposting pada

Pasang wifi di rumah pada zaman sekarang adalah kebutuhan yang wajib dilakukan ketika akan membuat rumah. Hal ini bertujuan untuk menunjang kehidupan sehari-hari yang segala sesuatunya sekarang serba digital atau dunia maya. Media informasipun juga demikian, penyebaran informasi lewat dunia internet akan lebih cepat tersampaikan kepada pembaca.

Karena menjadi semacam kebutuhan primer ketersediaan wifi menjadi hal yang harus diadakan, selain di rumah banyak sekarang di beberapa tempat umum juga sudah ada wifinya. Seperti di taman kota, tempat-tempat ibadah, rest area dan lainnya. Itu semua untuk memanjakan para pengguna internet, para pengguna yang menggunakan untuk hal positif tentunya.

Teknologi wifi adalah sebuah teknologi jaringan internet di area lokal. Prosesnya wifi menggunakan teknologi radio dalam menyebarkan jaringan internetnya. Jika Anda memasang wifi disebuah ruangan, maka orang yang ada diruangan tersebut bisa menggunakan wifi untuk kemudian berselancar sepuasnya.

Teknologi wifi ini sedikit demi sedikit akan menggeser layanan jaringan internet dari jasa jaringan seluler yang sudah berkembang. Banyak masyarakat yang beralih ke wifi, karena selain murah juga bisa digunakan oleh banyak orang. Tentu Anda harus bijak dalam menggunakan wifi ini, jangan digunakan untuk hal kenakalan.

Keunggulan Menggunakan Wifi

Bagi Anda yang belum tahu wifi maka bisa datang ke warung kopi, sekarang setiap warung kopi sudah banyak yang pasang wifi. Cara kerja wifi yang simpel dan praktis serta murah membuat pemilik warung kopi rela membayar untuk layanan ini. Banyak sekali remaja yang bermain datang ke warung untuk bermain wifi.

Kelebihan pertama jika Anda menggunakan wifi adalah proses instalasinya yang cepat dan mudah. Anda tidak perlu menggunakan alat seperti memasang jaringan kabel jika menggunakan wifi. Perlu Anda ketahui pada jaringan kabel membutuhkan banyak kabel UTP sebagai media transfernya, dan kabel yang dibutuhkan biasanya panjang-panjang sehingga menyulitkan.

Kelebihan kedua adalah wifi bisa digunakan dimana saja dan tidak selalu berpusat di satu titik saja. Sebagai pengguna maka Anda tidak perlu repot-repot berpindah-pindah tempat untuk menikmati wifi. Menggunakan wifi bisa sedikit lebih bebas dari pada jaringan kabel yang mengharuskan pada satu titik saja.

Jangkauan luas adalah kelebihan wifi yang selanjutnya. Menggunakan wifi bisa lebih leluasa dan lebih luas jaringannya, sehingga Anda bisa menikmatinya dengan santai dan nyaman. Tapi walau begitu jaringan wifi tidaklah bisa Anda gunakan dalam jangkauan yang sangat luas. Hal ini karena tetap ada batasannya, jadi jangan menganggap jangkauan luas dengan seluas-luasnya.

Kelebihan selanjutnya adalah bisa dipasangkan dengan segala jenis perangkat. Menggunakan wifi tidak harus misal memiliki hp merek apa atau laptop merek apa. Wifi bisa digunakan dalam setiap perangkat, asal perangkat tersebut memiliki aplikasi untuk memasang wifi diperangkatnya. Jika sudah bisa maka berselancarlah di dunia maya.

Kekurangan Jika Menggunakan Wifi

Sebelum berbicara kekurangan mari membahas sedikit kelebihan yang belum sempat kami sampaikan di atas. Kelebihan menggunakan wifi adalah mudah mengkoneksikannya dengan perangkat yang Anda gunakan, cukup dengan satu klik saja. Setelah itu, Anda sudah bisa menggunakan wifi, pergunakanlah dengan bijak dan cerdas. Atau untuk gamers pergunakanlah sewajarnya jangan lupa istirahat.

Menggunakan wifi memang kurang aman dari menjaga privasi Anda. Mungkin bisa aman jika wifi yang digunakan adalah wifi rumahan, tapi untuk di warung-warung kopi agak sedikit berbahaya. Pengguna yang nakal akan cenderung melakukan hal jail ketika menggunakan wifi, termasuk mencuri data-data Anda. Maka berhati-hatilah agar data-data Anda tetap aman.

Jika lokasi adalah alam terbuka dan dalam kondisi mendung sama halnya dengan jaringan seluler apabila sinyal wifi terganggu misalkan oleh hujan maka bisa saja jaringan wifi Anda mengalami gangguan, dan cenderung lemot untuk digunakan. Berbeda dengan menggunakan kabel selama kabel terkoneksi keperangkat maka internet tidak akan terganggu yang namanya cuaca.

Wifi adalah sarana atau alat penghubung internet atau provider kebeberapa perangat yang tersambung, untuk tersambung ke internet tentunya tetap memerlukan jaringan internet yang terhubung dengan provider atau penyedia layanan jaringan internet seperti perusahaan Telkom dan yang lainnya, bagi yang didaerahnya sudah masuk jaringan seperti perusahaan telkom sepertinya pemasangan wifi menjadi pilihan untuk akses internet tanpa kabel dirumah maupun di warung-warung kopi atau tempat lainnya seperti disebutkan diatas.

Bagaimana bagi yang belum terjangkau jaringan penyedia layanan internet kabel seperti Telkom?

Bagi yang sudah terjangkau jaringan seluler tetap bisa mengunakan wifi, yang diperlukan adalah membeli modem yang memang support untuk berbagi dengan jaringan wifi, untuk tersambung ke jaringan internetnya cukup menggunakan kartu seluler layaknya internet di HP, untuk datanya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

pasang wifi di rumah

Memasang wifi didaerah yang belum terjangkau penyedia layanan internet kabel dengan memanfaatkan jaringan seluler sebenarnya sudah cukup kalau hanya untuk internet rumahan, kalau dihitung-hitung biaya bulanannya pun terbilang lebih murah, palingan biaya yang besarnya dikeluarkan pertama saja untuk membeli modemnya sekitaran 1 juta sampai 2 juta tergantung merk dan kualitas, sebagai contoh untuk saya sendiri menggunakan merk Huawai sudah hampir 4 tahun masih tetap berpungsi dengan baik, untuk tipenya bisa dilihat pada gambar diatas.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan wifi atau ingin memasang wifi. Berselancar di dunia maya memang mengasikkan apa lagi di tambah dengan wifi yang lancar dan koneksinya yang cepat. Sangat mudah jika Anda ingin memiliki wifi, karena saat ini sudah banyak jasa yang menawarkan layanan wifi dengan beragam pilihan paket internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *