Pantai Minajaya Surade Pilihan Tepat Untuk Bersantai Dipinggir Pantai

Suasana Pantai Minajaya yang berada di kabupaten Sukabumi Jawa Barat ketika sore menjelang, sebelum sunset menguning.

Pantai Minajaya surade pilihan tepat untuk bersantai dipinggir pantai menikmati sunset tatkala terbenam menjelang petang.

Bacaan Lainnya

Pantai Minajaya sendiri berjarak kurang lebih 126 KM dari pusat kota Sukabumi. Pantai Minajaya bisa ditempuh melalui 2 rute yang dilewati.

# Rute Kepantai Minajaya.

pantai minajaya surade

1. Rute Palabuhanratu

Apabila melalui rute palabuhanratu maka yang akan dilewati adalah trek Palabuhanratu itu sendiri, kemudian lewat Bagbagan, Loji, Puncak Darma, Pantai Palangpang, Ciracap, Surade. Dari Ciracap sendiri apabila ingin berkunjung ke pantai Ujung Genteng, maka pengunjung bisa melalui rute Ciracap-SMAN1Ciracap (Puncak Suji) – Cibuaya-Ujung Genteng baru kemudian kedestinasi pantai Minajaya dan pulangnya bisa lewat Surade-Panggeleseran-Sukabumi.

Kemudian apabila pengunjung ingin sekaligus mengunjungi beberapa tempat wisata atau pantai dalam satu kunjungan ke tempat-tempat wisata di kabupaten Sukabumi, maka rute Sukabumi-Palabuhanratu bisa menjadi pilihan, karena dengan jalur ini pengunjung sekaligus bisa menikmati hampir seluruh tempat wisata yang berada di kabupaten Sukabumi khususnya kawasan Geopark Ciletuh, dari mulai wisata yang berada di Palabuhanratu, Puncak Darma, Curug Cimarinjung, Curug Sodong, pantai Palangpang dan lain-lain.

2. Rute Sukabumi-Panggeleseran-Surade

Kemudian rute kedua bisa menjadi pilihan yaitu rute Sukabumi, Pasar Panggeleseran, Jampang Tengah Kiara Dua, Jampang Kulon, Cinagen, dan Surade. Ketika menggunakan rute ini maka pengunjung pada kebanyakan tujuannya adalah bisa langsung ke Pantai Minajaya, kemudian bisa juga dilanjutkan ke Pantai Ujung Genteng.

Setelah sampai di Desa Surade, Pantai Minajaya hanya berjarak sekitar 6 KM. Kemudian apabila melalui rute Ciracap Cibuaya yang saya sebutkan diatas, maka dari Pantai Ujung Genteng atau Cibuaya itu -+ 10 KM menuju Surade.

Apabila ingin berkunjung ke Pantai Minajaya, ini tentunya bisa dibilang sudah nyaman, baik itu dari segi kondisi jalan, kendaraan pengunjung bisa parkir dibibir pantai, sudah disediakan tempat-tempat atau lesehan persis menghadap pantai, untuk karcis sendiri tentunya cukup murah dengan dikelola oleh pemerintah setempat.

# Apa saja yang bisa dinikmati di pantai Minajaya oleh Pengunjung?

pantai minajaya surade

Tentunya suasana pantai, kemudian ketika air laut surut maka pengunjung bisa berjalan-jalan ketengah pantai yang lumayan jauh jaraknya dari bibir pantai, dan yang paling mengasikan adalah ketika sore tiba, pengunjung bisa menikmati sunset persis diupuk barat, serasa melihat matahari tenggelam langsung kedalam laut, ini bisa dinikmati dengan duduk manis dilesehan yang sudah disediakan oleh pengelola persis dibibir pantai. Pantai Minajaya sendiri masih banyak ditumbuhi pohon-pohon jadi cuacanya sendiri tidak terlalu panas.

# Sejarah Nama Pantai Minajaya

Dikutif dari jabarprov.go.id; Sejarah menyebutkan bahwa Pantai Minajaya sebelumnya adalah dengan sebutan pantai Kutamara pada sebelum 1964, kemudian dari 1964 berubah nama menjadi pantai Minajaya.

Disejarahkan ketika pada tahun 1964 pantai Kutamara (Minajaya sekarang) kedatangan sebuah kapal besar tepat pada tanggal 12 april 1964, kapal tersebut dikira oleh Masyarakat setempat pada waktu itu adalah kapal perang Malaysia yang akan menyerang wilayah selatan.

Kabar kedatangan kapal besar tersebut meluas di wilayah Surade, Ciracap sampai Jampangkulon. Uniknya ternyata kapal tersebut adalah kapal ikan yang kehabisan bahan bakar ditengah laut pada akhirnya terdampar di pesisir pantai Kutamara (Minajaya sekarang), kapal tersebut bertuliskan Minajaya 2.

Dengan adanya kabar kapal besar bertuliskan Minajaya 2 berlabuh “terdampar” di pesisir Kutamara, maka nama tersebut “Minajaya 2” menjadi populer dikalangan masyarakat dan pada akhirnya pantai yang dulunya bernama Kutamara tergantikan dengan pantai “Minajaya” sekarang, atas kepopuleran kapal yang kandas di pesisir pantai Kutamara pada saat itu jadilah pantai Minajaya sekarang.

Mungkin hanya segelintir orang yang mengetahui bahwa nama pantai Minajaya ini adalah sebelumnya Kutamara. Nama pantai Kutamara sendiri seakan tersisihkan hingga nama pantai Kutamara hanya tinggal sejarah bagi segelintir orang yang mengetahuinya.

Itulah pantai Minajaya yang sebelum ternyata pantai Kutamara, tempat asik buat santai menikmati suasana pantai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *