Modal Usaha Percetakan Rumahan, Bisa Di Mulai Modal Segini


Berapa modal usaha percetakan rumahan (Home Industri)?

Dengan 5 sampai 10 juta rupiah sudah bisa memulai usaha percetakan rumahan, bahkan saya sendiri memulainya dengan hanya modal kurang dari 5 juta rupiah di tahun 2014.

Namun tentunya dengan modal yang minimal banyak sekali yang harus diperhatikan supaya usaha bisa tetap berjalan dan berkembang kedepannya, terutama ketika membeli peralatan atau bahan percetakan harus benar-benar dipertimbangkan efisiensi peralatan yang akan dibeli tersebut.

Berapa modal usaha percetakan rumahan?

Modal Usaha Percetakan Rumahan

Diatas disebutkan dengan modal 5-10 juta rupiah sudah bisa buka usaha percetakan rumahan, apa benar bisa? Ya” tentunya bisa.

Bagaimana cara menghitungnya bukannya peralatan atau mesin percetakan itu mahal-mahal harganya?

Benar sekali alat-alat atau mesin percetakan harganya mahal, namun ketika akan memulai usaha percetakan rumahan dengan sekala kecil yang tentunya target pasarnya juga kecil, maka kita bisa membeli alat-alat percetakan yang harganya lebih murah, sekarang sudah banyak sekali pilihan mesin-mesin percetakan dengan harga terjangkau.

Besarnya modal usaha percetakan rumahan yang harus disiapkan itu kembali kepada jasa percetakan apa yang akan dikerjakan, apabila misalkan jasa percetakan kecil misalakan seperti usaha percetakan rumahan yang saya jalani:

  • Jasa cetak foto
  • Jasa print dokumen
  • Jasa pengetikan
  • Jasa laminating
  • Jasa cetak undangan
  • Jasa fotokopi

Apabila jasa-jasa diatas yang dikerjakan itu masih bisa dengan modal 5-10 juta, bahkan apabila pintar-pintar mengelolanya kurang dari 5 juta pun usaha percetakan bisa berjalan.

Alat-alat yang harus dipersiapkan

Modal yang paling besar adalah pembelian peralatan, dengan jasa-jasa yang disebutkan diatas maka kita memerlukan peralatan berikut:

Related Posts :  Cara Cepat Download Video Tanpa Aplikasi

Mesin printer

Modal Usaha Percetakan Rumahan

Belilah mesin printer yang gunanya multipungsi seperti merk Epson L3210, disamping bisa mencetak warna seperti cetak foto, print dokumen atau cetak undangan, bisa juga untuk digunakan sebagai mesin fotokopi, ketika membeli satu printer ini maka jasa cetak foto, print dokumen, cetak undangan dan fotokopi sudah bisa terlayani.

Mesin laminating

Mesin laminating diperlukan dan saya kira wajib ada disebuah usaha percetakan, setiap orang sudah tahu bahwa jasa laminating adanya di percetakan, jadi ketika seseorang berniat melaminating dokumennya maka kepercetakanlah mereka perginya.

Komputer

Komputer menjadi hal wajib ada dalam sebuah usaha percetakan, banyak sekali pekerjaan yang bisa dikerjakan denngan komputer, seperti jasa pengetikan itu yang diperlukan adalah sebuah komputer, bukan hanya itu, untuk melakukan print out dokumen juga yang dibutuhkan adalah sebuah komputer, komputer menurut saya memiliki banyak pungsi didalam sebuah usaha percetakan.

Bahan

Bahan percetakan adalah sebagai bahan pokok dalam sebuah percetakan, pilih-pilih bahan yang akan diersiapkan sesuai pasar yang ada, lakukan pembelian bahan skala kecil namun lengkap untuk jasa-jasa yang disebutkan diatas, seperti bahan kertas HVS, kertas foto, plastik laminating, blanko undangan jika akan membuka jasa pencetakan undangan, belilah blanko untuk sampel terlebih dahulu, kemudian apabila sudah ada yang order barulah membeli blanko sesuai jumlah orderan.

Setelah kita merinci alat-alat yang kita beli dan pungsinya, lanjut kita kolasikan estimasi harga alat-alat tersebut, disini akan ketemu berapa jumlah modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha percetakan rumahan tersebut.

  • Harga mesin printer L3210 Rp2.357.880 – Rp2.587.880
  • Harga mesin laminating joyko LM01 LM 01 F4 folio Rp265.720
  • Harga 1 unit komputer Intel Core I5 Ram 8gb HDD 500gb LED 19 Rp2.950.000
Related Posts :  User Id Internet Banking BRI Sedang Digunakan " Jangan Panik "

Kita totalkan harga pembelian alat-alat diatas: Rp2.587.880+Rp265.720+Rp2.950.000=Rp5.803.600, total ini belum termasuk pebelian bahan, apabila modal yang disiapkan adalah maksimal 10 juta rupiah maka sisanya bisa dibelikan bahan dan kebutuhan lainnya.

Setelah menghitung-hitung dan ketemu jumlah diatas, maka terjawab sudah pertanyaan berapa modal usaha percetakan rumahan? Jawabannya adalah 5-10 juta sudah bisa memulai usaha jasa percetakan rumahan, dengan catatan jasa yang bisa dilayani adalah kurang lebih seperti disebutkan diatas.

Semua harga yang disebutkan diatas tentunya bisa berubah sewaktu-waktu, harga yang disebutkan diatas adalah harga estimasi, harga bisa naik namun tidak menutup kemungkinan bisa turun.

Itulah modal awal usaha percetakan rumahan bisa dengan 5-10 juta saja usaha sudah bisa dijalankan, namun diatas saya tidak memasukan biaya upah untuk operator, karena saya sendiri membuka usaha percetakan ini semua dikerjakan sendiri.

Tinggalkan komentar