Mobil Travel Surade (Travel Jakarta Jampang Surade)

mobil travel surade

Mobil travel Surade, bagi yang ingin memulai atau menambah usaha di wilayah Jampangkulon Surade Sukabumi, ini adalah ide bisnis diprediksi dimasa depan akan banyak dicari, sebenarnya bukan dimasa depan namun dimasa sekarang pun sudah banyak dicari para pelancong atau para pekerja yang akan berangkat ke kota dengan bermacam tujuan seperti:

Bacaan Lainnya
  • Kota Sukabumi yang menjadi kota terdekat satu kabupaten dengan Jampangkulon Surade,
  • Jakarta,
  • Bandung,
  • Depok,
  • Bekasi,
  • dan sekitarnya,

bahkan untuk sekedar hanya untuk jalan-jalan.

Makin banyaknya pekerja atau yang sedang mencari kerja ke kota-kota besar tentunya membuat kebutuhan transportasi semakin meningkat. Banyak sekali pekerja dari daerah yang tidak memiliki atau malas bawa kendaraan sendiri, sehingga membutuhkan alat transportasi yang mudah cepat aman dan murah.

Bukan hanya mudah cepat aman dan murah namun yang sering menjadi pertimbangan dalam memilih alat transportasi adalah bisa diantar sampai tujuan tanpa gonta-ganti kendaraan, tentunya dengan kondisi ini sewa travel menjadi pilihan.

Dengan menggunakan kendaraan travel atau rental biasanya pengguna bisa diantar benar-benar sampai tujuannnya bila perlu sampai depan pintu rumah. Berbeda dengan mobil umum konvensional sering kali apabila ingin menuju satu tujuan itu harus turun naik atau gonta-ganti kendaraan, apalagi jam padat dan macet membikin malas naik angkutan umum.

# Inilah Kota Surade

Kota Surade adalah salah satu kota kecil di kabupaten Sukabumi bagian dari Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, lokasinya berada tepat di selatan kota Sukabumi, jarak kota Sukabumi dan Surade itu terbilang jauh kurang lebih 70KM, apalagi dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok naik turun perbukitan.

Apabila ditempuh dengan kendaraan bisa sampai kurang lebih 4 jam terkandung pengendaranya. Itu jarak ke kota Sukabumi, kemudian berapa jarak ke kota-kota besar lainnya seperti Jakarta dan Bandung? Tentunya bisa beberapa kali lipat jarak dari Surade ke Sukabumi.

# Jarak Surade ke Jakarta

Apabila dari Surade ke Jakarta ditempuh misalkan dengan kendaraan umum, maka akan memakan waktu lebih lama lagi, dari pengalaman penulis sendiri bisa sampai seharian, berangkat jam 7 pagi sampai Jakarta itu sekitar jam 5 sore, dengan beberapa kali naik turun kendaraan, bahkan bisa lebih ketika tertinggal bus karena masih terbatasnya kendaraan.

Namun waktu tersebut bisa dipangkas dengan banyaknya pilihan alat transportasi sekarang, seperti menggunakan kendaraan roda dua (motor), dengan roda dua sendiri bisa ditempuh dengan waktu tempuh kurang lebih 5 jam dalam keadaan jalanan lancar, penulis sendiri sering melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surade, berangkat jam 2 pagi dari Jakarta (Pulogadung) dan sampai Surade sekitar jam 7 pagi. Pada saat itu sekitar tahun 2014 belum banyaknya travel seperti sekarang ini, mungkin jika menggunakan mobil travel akan lebih cepat karena melalui jalan tol, apalagi sekarang sudah ada tol bocimi (Sukabumi-Ciawi).

# Potensi Bisnis Rental Mobil atau Travel di Surade

Melihat potensi bisnis mobil travel ini begitu sangat menjanjikan di Surade, kenapa tidak? Dengan masih sedikitnya yang berbisnis mobil travel ini tentunya menjadi peluang baik, sebelum banyaknya pesaing-pesaing lainnya bermunculan.

Beberapa sudah menjalani bisnis mobil travel ini, didaerah penulis sendiri mungkin sudah mulai banyak yang menyewakan mobil pribadinya sebagai mobil travel, namun untuk yang benar-benar fokus dengan bisnis travel ini masih terbilang sedikit.

# Memulai Usaha Rental Mobil Atau Travel Di Surade

Salah satu yang penulis ketahui ada teman/tetangga satu desa menggeluti bisnis travel ini, Beliau melayani antar jemput baik dari luar kota maupun dalam kota. Selain antar jemput, kendaraan bisa disewakan dengan sistem lepas kunci bagi penyewa yang memenuhi syarat karena dengan sistem lepas kunci ini sangat berisiko, dan apabila membutuhkan supir juga sudah disiapkan.

# Hubungi Kontak Travel Surade

Bagi yang membutuhkan jasa antar jemput mobil travel silahkan bisa kontak 0816752136 melalui whatsapp.

Bila melihat dari bisnis travel yang digelutinya, teman saya ini sudah bisa terlihat hasilnya, dari bisa membangun rumah membuka usaha yang lain, dan juga bisa nambah beberapa kendaraan, ini tentunya hal yang baik untuk kedepannya.

# Kendala Memulai Bisnis Travel

Untuk usaha travel didaerah sendiri, memang ada beberapa kendala yang memang membuat usaha tidak bisa berjalan, dimana harga menjadi patokan bagi penggunanya, memberikan harga diatas rata-rata maka akibatnya membuat pengguna akan berfikir dua kali untuk menggunakan jasa kita, meskipun itu sudah disesuaikan dengan layanan.

Kedua sistem bayar nanti atau berhutang dulu, ini yang menjadi yang bisa saja memberatkan bagi pemilik jasa dimana pemilik jasa harus memiliki modal berlipat, ketika modal pertama tidak berjalan maka modal kedua digunakan, begitu seterusnya.

Namun itu semua adalah kembali kepada yang Kuasa (Allah SWT). Tentunya segala usaha ada resikonya , seperti usaha travel dan rental mobil yang dimiliki teman saya ini bisa berjalan sampai sekarang, dimana Beliau tidak mematok harga untuk jasa rental mobilnya.

# Kenapa Memilih Usaha Jasa Rental dan Travel

Melihat potensinya masih besar kedepannya, bisnis rental mobil atau mobil travel bisa menjadi pilihan bisnis untuk didaerah pedesaan. Bagaimana tidak, apalagi dimusim penghujan kendaraan mobil menjadi pilihan alat transportasi yang ideal.

Jika diperhitungkan dengan biaya transportasi lainnya, misalkan naik angkutan umum, ketika angkutan umum memberikan harga ongkos misal perkilometer sekian ribu rupiah, dengan tentunya naik angkutan umum itu tidak bisa seenak sendiri.

Ketika menggunakan mobil travel semisal ada 7 orang, maka harga tersebut apabila diperhitungkan akan sama dengan harga ongkos naik angkutan umum, dengan kenyamanan yang bisa didapatkan.

Bukan hanya itu, dengan menggunakan mobil travel atau rental mobil maka waktu perjalanan akan lebih cepat, karena dengan mobil travel akan sama halnya dengan menggunakan mobil pribadi. Tidak ada naik-turunkan penumpang, tidak ngetem dulu nunggu penumpang dan yang lainnya.

Begitupun ketika naik motor atau roda dua, bisa dibayangkan apabila 7 orang yang akan berangkat dengan tujuan yang sama, maka akan dibutuhkan setidaknya 4 motor dengan resiko dan bahan bakar masing-masing tentunya ini tidak efisien.

Bagimana, apa sudah tertarik dengan bisnis travel atau rental mobil?

Tentunya pasti tertarik, namun ketertarikan pada bisnis ini tentunya harus ada pendukung utamanya, bukan hanya ketertarikan pada bisnisnya saja namun harus didukung finansial yang memadai.

Saya kira apabila benar-benar tertarik dan sudah bulat dan mampu untuk menjalaninya, bisnis ini bisa berjalan dengan bantuan finansial dari jasa pembiayaan. Kendaraan bisa kredit, modal operasional pun bisa kredit, ini bisa dilakukan sementara sebelum bisnis berjalan, karena menjalankan suatu bisnis itu membutuhkan waktu untuk berkembang.

# Perhitungan Modal Awal Usaha Rental Mobile Dan Travel

mobil travel surade

Berapa modal awal untuk membuka usaha relatal mobil atau travel?

  1. Apabila unit mobil kredit, modal awal yang harus disiapkan untuk bisa membuka usaha ini adalah seharga DP mobil sebagai unit kendaraan yang dibutuhkan
  2. Apabila unit mobil dibeli secara cash, maka modal awalnya adalah seharga unit mobil yang akan dibeli
  3. Ketika ingin memberikan layanan lebih maksimal, maka yang harus dilakukan adalah membeli unit kendaraan lebih dari satu, maka modal awal yang harus disiapkan tinggal dikalikan saja, rencana unit yang akan disiapkan dikali harga mobil per unitnya, atau DP mobil apabila membeli secara kredit
  4. Kemudian jangan lupakan hal lainnya yang perlu disiapkan, seperti biaya perijinan, tempat untuk menyimpan kendaraan (garasi) ketika kendaraan tidak dijalankan.
  5. Untuk unit lebih dari satu maka dibutuhkan juga supir yang tentunya harus digaji, baik itu gaji bulanan atau digaji harian ketika menjalankan kendaraan saja.
  6. Biaya lainnya.

Perhitungan modal yang harus disiapkan adalah 1 sampai 6 diatas dijumlahkan, maka akan ketemu berapa modal yang harus disiapkan ketika akan membuka rental mobil atau travel.

Untuk membuka usaha travel didaerah seperti daerah pedesaan bukan dikota-kota besar, tentunya modal tidak sebesar buka usaha dikota besar yang sudah ketat tentang peraturannya. Bagi pemula, didaerah hanya membutuhkan modal 1 sampai 3 diatas, membuka usaha travel didaerah sendiri konsumen tidak seperti diperkotaan. Pada kebanyakan yang menjalani bisnis travel didaerah ini adalah menggunakan mobil pribadi, supirnya pun pemilik itu sendiri.

Itulah jenis usaha yang potensial didaerah pedesaan, bisnis travel atau rental mobil menjadi pilihan. Diawal-awal bisa gunakan satu unit kendaraan dan dengan driver sendiri saja untuk mencari pelanggan, setelah memiliki pelanggan dan dirasa mulai kewalahan dalam melayani barulah siapkan rencana nambah unit kendaraan selanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *