Mobil Agya Mati Mesin Tiba-Tiba (Pengalaman Pribadi Cara Atasinya)

Pengalaman pribadi mengalami mobil agya mati tiba-tiba mesin tidak bisa menyala sedangkan starter hidup. Pertama kali mengalami langsung panik karena kejadiannya pagi hari, sangkaan sudah jelek saja karena mobil diparkir diluar jangan-jangan part dalam mobile ada yang hilang. Di lihat-lihat pada bagian mesin ternyata tidak ada yang hilang. Pada akhirnya tanya pada teman. Teman menyarankan beberapa hal yang harus dicoba dilakukan.

Cara mengatasi mobil Agya mati mesin starter hidup;

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah mencoba memeriksa sekring kelistrikan siapa tahu ada yang kebakar atau putus
  2. Cek soket-soket kabel pada mesin coba di goyang-goyangkan, apabila paham bisa dicopot terlebih dahulu bersihkan dan kembali pasang
  3. Cek aki ditakutkan baut pada aki kendor, silahkan kencangkan
  4. Copot aki dan cek daya amper aki dengan alat amper meter jika ada (bila tidak memiliki alat amper meter, karena starter masih menyala coba pasang kembali aki)

Itulah cara yang disarankan oleh teman, kemudian dicoba satu persatu dan hasilnya yang berhasil membuat mesin mobil agya bisa menyala lagi adalah cara yang ke-4, yaitu dengan cara mencopot terlebih dahulu aki dan kemudian pasang lagi. Mesin mobil kembali bisa menyala dengan normal. Ketika mesin mobil bisa menyala kembali pastikan untuk mengatur ulang jam pada dasboard. Ketika aki dicopot maka otomatis jam mereset ulang.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Cara bongkar remot Agya tipe TRD S facelift 2020.

Untuk masalah mobil mati mesin tiba-tiba sedangkan starter hidup, apabila sudah dicek semua konektor terpasang dengan benar dan sekring tidak ada masalah, maka masalahnya diprediksi ada pada aki sudah mulai aus, untuk usia aki sendiri tidak bisa diprediksi, bila melihat garansi aki itu sendiri adalah 1 tahun, mobil agya saya sendiri sudah berumur 1 tahun, jadi mungkin ini memang sudah saatnya diganti.

mobil agya mati mesin

Kejadian mati mesin tiba-tiba seperti diatas bukan hanya satu kali, seminggu kemudian dialami kembali pada saat mobil mau dihidupkan setelah dua hari tidak dibawa jalan mesin mobilpun tidak mau hidup. Nah, untuk kali ini cara mengatasinya berbeda dengan yang sebelumnya, tidak cek sekring ataupun copot aki.

Baca juga: Jarak free pedal kopling standar Agya.

Cara lain tanpa cek sekring maupun bongkar aki;

Cara megatasinya untuk kali ini dengan cara berikut:

Apabila kontak dalam keadaan hidup matikan kontak, untuk mobile agya tipe TRD yang sudah menggunakan tombol start engine, silahkan tekan tombol 2x sampai lampu indikator semua mati. Biarkan beberapa saat bila perlu tutup semua pintu dan pastikan lampu tidak ada yang menyala. Coba kembali untuk start engine, untuk mobil agya tipe TRD yang sudah menggunakan tombol jangan langsung menghidupkan mesin. Silahkan tekan tombol start engine 1x sampai monitor menyala, kemudian tekan sekali lagi sampai indikator menyala semua, kemudian baru hidupkan mesin dengan injak kopling dan tekan tombol start engine secara bersamaan.

Hasilnya dengan cara ini mobil agya yang mati mesin tiba-tiba bisa menyala kembali dengan tanpa bongkar sekring dan juga aki. Bila sudah sering terjadi seperti ini sebaiknya segera cek bengkel untuk menghindari mobil benar-benar tidak bisa dinyalakan kembali dengan cara-cara diatas.

Jenis mobil yang mengalami masalah;

Mobil yang mengalami kasus ini adalah mobil Agya tipe TRD S Facelift tahun 2020 manual. Usia mobil sendiri menginjak ke 14 bulan, dengan kelistrikan standar digunakan tanpa tambahan asesoris, dan mobil sendiri jarang digunakan kebanyakan nongkrong diparkiran.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *