Merubah Foto Hitam Putih Photoshop, Awalnya Warna Background Merah

Diposting pada

Cara merubah foto hitam putih – Foto hitam putih salah satunya digunakan untuk ijazah, biasanya foto ijazah kalau enggak hitam putih sekarang menggunakan foto berwarna dengan background merah. Pada beberapa sekolah masih menggunakan foto ijazahnya dengan warna hitam putih.

Bagi percetakan, karena sudah hampir semua Orang memiliki kamera baik itu kamera smartphone maupun kamera DSLR atau sejenisnya, yang biasanya percetakan menerima pemotretan berikut cetak maka sekarang kebanyakan hanya untuk mencetak saja karena Mereka foto sendiri.

Prosesnya, percetakan tidak perlu memotret cukup menerima file gambar dari Pelanggan, masuk proses editing dan berikutnnya proses pencetakan.

Pada proses editing bisa dilihat kualitas gambar yang akan dicetak seperti apa, kalau untuk ijazah sendiri tidak memerlukan resolusi tinggi karena dicetak dengan ukuran kecil (3×4), yang diperlukan adalah warna dan juga pencahayaan yang baik.

Apabila file gambar yang diberikan adalah berwarna sedangkan pihak sekolah mintanya adalah foto ijazah hitam putih, maka editing harus dilakukan pada warna menjadikannya foto hitam putih.

Bagimana cara merubah foto warna menjadi hitam putih?

Cara merubah foto berwarna menjadi hitam putih sangat mudah sekali bagi yang sudah tahu caranya, tapi bagi pemula tentunya harus mencari cara terlebih dahulu, cara yang paling mudah adalah dengan merubah pengaturan pada saat pencetakan menjadikannya Grayscale, namun cara ini mungkin tidak sesuai keinginan, warna tidak seutuhnya hitam putih bisa dilihat pada hasilnya bisa dilihat pada contoh gambar dibawah;

merubah foto hitam putih

Untuk hasil yang seutuhnya foto hitam putih bisa dicoba dengan cara berikut, cara ini digunakan pada foto berwarna dengan background merah:

Cara mengubah foto menjadi hitam putih di adobe photoshop

merubah foto hitam putih
File gambar asli setelah dilakukan penyesuaian
  • Pastikan terinstal photoshop pada komputer, dan silahkan edit foto dengan photoshop
    • Pada Image>Adjustments>Balack & White
    • Pada Preset pilih Infrared
    • Lihat hasilnya lalu tekan Ok.
    • Simpan atau langsung cetak foto sesuai ukuran yang diinginkan.
merubah foto hitam putih
Proses merubah warna ke hitam putih dengan photoshop

Karena foto sudah hitam putih pada saat mencetak tidak perlu merubah pengaturan warna, cukup mengatur pengaturan print Paper tipe dan Qualty saja.

Saya sendiri menggunakan printer epson L1800 dengan tinta pigment dan kertas merk SUN professional silk photo paper pearl texture bukan glossy, hasilnya bisa dilihat pada contoh gambar dibawah;

merubah foto hitam putih
Hasil cetak foto ukuran ijazah (3×4) hitam putih dengan SUN silk photo pearl texture

Cara edit foto hitam putih di adobe photoshop diatas sangat simpel sekali, kita tinggal gunakan tool Image dan tinggal pilih Black & White. Sesuai nama tool-nya, dengan tool ini kita bisa melakukan pengaturan terhadap warna menjadi hitam putih, apabila menggunakan default-nya pada pengaturan tool Black & White ini maka hasilnya tidak seutuhnya hitam putih seperti bisa dilihat pada gambar pertama diatas, maka lakukan perubahan pada preset dengan memilih infrared.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *