Meraup Pendapatan Dari Blog, Apakah Mungkin?

Diposting pada

Menjadi seorang blogger, mengapa tidak? Blog menjadi sebuah tempat dimana segala informasi terpampang ketika sedang mencari sebuah informasi di laman pencari. Bahkan blog juga menjadi sarana aspirasi bagi para penulisnya, baik hanya sekedar berbagi cerita, maupun hal-hal lainnya yang bisa ditulis selama konteks penulisannya masih dalam tahap yang wajar.

Sebuah blog hendaknya mampu memberikan informasi sejelas-jelasnya tanpa dibuat-buat sehingga para pencari informasi akan terus mengandalkan blog tersebut untuk mendapatkan informasi.

Apakah Blog dapat menghasilkan pendapatan yang cukup?

Namun pernah terbesit apakah hanya dengan blog bisa menghasilkan pendapatan yang cukup, atau bahkan lebih dari perkiraan. Jika melihat perkembangan dunia blog saat ini, jawabannya adalah benar.

Memang benar sebuah blog bisa menjadi yang sesuatu yang menghasilkan. Tetapi perlu digaris bawahi bahwa untuk memiliki sebuah blog dengan penghasilan yang mencukupi atau lebih, terdapat sebuah perjuangan yang membuat blog itu bisa menghasilkan bagi para penggunanya.

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk bisa membuat sebuah blog menjadi sesuatu yang menghasilkan adalah, jangan pernah terpaku dengan uang ketika masuk ke dalam dunia blog.

Pada dasarnya seorang blogger akan menulis sesuatu yang ingin sekali disampaikan dan fokus dengan satu hal. Anggap saja menulis di blog menjadi sebuah hobi baru. Dengan demikian, perlahan-lahan pembaca akan terus mendatangi blog yang Anda tulis dan terus menunggu karya tulis Anda berikutnya.

Beberapa cara untuk memonetisasi blog

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memonetisasi blog Anda sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog Anda. Meskipun begitu, anggaplah penghasilan yang didapat merupakan penghasilan sampingan atau bonus dari apa yang Anda tulis.

RELATED :  Tutorial Blog Agar Diterima Daftar Adsense

Konten Bersponsor

Secara tidak langsung, tidak hanya pembaca setia yang mengenal isi blog Anda, perusahaan perusahaan tertentu juga akan mengandalkan Anda untuk mempromosikan sebuah produk yang mereka miliki, tentunya produk tersebut terkait dengan apa yang Anda tulis sebelumnya.

Display Ads

Salah satu perusahaan penyedia display ads yang sering dipakai adalah Google Adsense dimana iklan-iklan perusahaan akan menggunakan Google (termasuk blogger dan YouTube) untuk mempromosikan produknya. Nantinya iklan tersebut akan tampil di halaman blog atau video di YouTube serta dihitung dan dibagi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Konsepnya sama seperti display ads, namun yang membedakannya perusahaan-perusahaan akan langsung menghubungi Anda untuk menayangkan iklan di halaman blog Anda. Penghasilan dari banner ads akan langsung diberikan untuk Anda sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Mengikuti kompetisi blog

Biasanya beberapa perusahaan akan mengadakan lomba-lomba menulis dengan hadiah yang cukup menarik. Ini juga sekaligus bisa menjadi portofolio (hasil karya) Anda karena apa yang Anda tulis mampu membuat para juri terpukau dengan hasil karya Anda. Semakin Anda dikenal karena memenangkan lomba blog, semakin Anda akan dipercaya untuk bekerja sama dengan perusahaan lainnya (poin nomor 1).

Menjadi Content Writer

Karena karya tulisan yang Anda buat, beberapa perusahaan akan langsung mencoba merekrut Anda untuk menulis di web mereka. Mereka melihat bahwa blogger memiliki pengalaman menulis yang baik dan mampu menarik para pembaca untuk melihat isinya. Tentunya Anda tidak boleh lupa untuk terus menulis di blog karena blog menjadi sarana Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Menjadi narasumber

Jika Anda menguasai bidang tertentu, maka secara langsung Anda akan diundang untuk menjadi pembicara dan berbagi ilmu secara langsung.

RELATED :  Cara membuat blog di blogger terbaru untuk pemula

Sangat menarik bukan? Tetapi sekali lagi perlu diingat, mulailah karena Anda menyenangi dunia ini, maka perlahan-lahan rejeki akan datang dengan sendirinya berkat ketekunan dan kegigihan Anda.

Gambar Gravatar
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *