Memperbaiki Tombol Keyboard Tidak Berpungsi Sebagian, Terbukti Pengalaman Pribadi


Berikut ini adalah cara memperbaiki tombol keyboard tidak berpungsi sebagian, pada kasus kali ini adalah terjadi pada tombol shift keyboard laptop merek Lenovo, tombol shift seperti tertekan sehingga ketika mengetikan semisal kita ingin mengetik garis miring maka yang keluar adalah tanda tanya.

Memperbaiki Tombol Keyboard Tidak Berpungsi Sebagian

Setelah dilakukan pengecekan dengan tool online Keyboard Checker ditemukan ini dikarenakan dari kedua tombol shiftnya ini yang bermasalah.

Setelah ditemukan masalahnya selanjutnya dilakukan pengecekan dan coba dilakukan pembersihan dan perbaikan terlebih dahulu, tombol tidak berpungsi sebagian bisa saja tombol tersebut hanya mengalami masalah saja bukan mati, seperti halnya tombol shift pada laptop lenovo yang diperbaiki kali ini.

Ketika tombol keyboard laptop ada yang tidak berpungsi, jangan terburu – buru untuk mengganti dengan membeli keyboard baru, kecuali Anda banyak uang ganti saja dengan laptopnya sekalian, bisa saja tombol tersebut hanya mengalami sedikit masalah saja, seperti dikarenakan kotoran yang menempel atau hal lainnya, seperti pada laptop Lenovo yang dibahas kali ini, masalahnya bisa terselesaikan dengan mebersihkan tombol yang eror dengan cara hanya membuka tombol yang bermasalah saja.

Cara memperbaiki tombol keyboard tidak berpungsi sebagian.

Memperbaiki Tombol Keyboard Tidak Berpungsi Sebagian

Memperbaiki tombol keyboard tidak berpungsi sebagian dilakukan setelah pengecekan terlebih dahulu seperti disebutkan diatas dengan tool online keyboard checker lebih simpel, kalau mau dengan tool keyboard cheker versi instal juga boleh, namun tentunya tool tersebut harus diinstalasi di laptop terlebih dahulu, rada repot sih, tapi kembali kepada pilihan Anda yang terpenting tool tersebut memiliki fitur yang sama, sama – sama berpungsi untuk mengecek tombol – tombol keyboard satu persatu.

Untuk memperbaiki tombol keyboard tidak berpungsi sebagian, pertama – tama harus dilakukan adalah menekan – nekan tombol yang bermasalah secara berulang – ulang dengan sedikit mengetuk – ngetuk secara perlahan agar tombol bagian dalamnya ikut sedikit tergerakan harapannya apabila ada material yang menempel bisa terlepas, setelah ini dilakukan silahkan cek kembali keyboard dengan tool keyboard cheker.

Related Posts :  Skrining kesehatan online gratis dari BPJS

Ketika cara diatas sudah dilakukan dan keyboard masih tetap bermasalah maka coba cara selanjutnya ini, silahkan bersihkan keyboard dengan menggunakan vacum mini khusus keyboard, atau bisa juga ditiup saja dan sambil diketuk – ketuk tombol bermasalah tersebut, cek lagi keyboard untuk memastikan apakah keyboard sudah berhasil dilerbaiki.

Apabila masih juga tombol tersebut bermasalah setelah 2 cara diatas dilakukan, maka selanjutnya tombol keyboard tersebut harus dilakukan pembersihan lebih kedalam – dalamnya, dengan begitu tidak cara lain selain harus dilakukan pembongkaran satu – persatu dari tombol bermasalah tersebut.

Seperti contoh kasus kali ini yang bermasalah adalah keyboard pada tombol shift, tombol shift pada keyboard itu terdiri dari dua buah, maka pembongkaran harus dilakukan pada kedua – duanya, untuk cara membongkarnya cukup dengan membuka tombolnya saja, cara membuka tombol pada keyboard cukup mudah, hanya perlu ketelitian dan kehati – hatian dan mengetahui titik dimana titik pengunci tombol. Pengunci tombol sendiri biasanya letaknya adanya dibagian sisi tombol, namun tentunya penguncinya tidak terlihat karena ada dibagian bawah tombol.

Saran saya membuka pengunci tombol keyboard yang sebelah atasnya (silahkan bisa dilihat pada vidio diatas), untuk memastikan posisi pengunci tombol silahkan bisa dilihat dengan cara angkat perlahan bagian samping tombol keyboard, ketika melihat posisi kawat pengunci, lihat kawat pengunci tersebut arahnya kemana, apabila posisinya mengunci kebawah maka yang Anda tarik adalah tombol sebelah atasnya, karena membuka pengunci satu titik dengan penguncian kawat ditakutkan pengunci kawat tersebut akan cengah tetarik, pengunci tombol memang sedikit keras namun tidak masalah ditarik keatas apabila memang sipengunci kawat ada disebelah bawahnya.

Apabila tombol sudah terlepas akan terlihat dalaman tombol seperti apa, silahkan bersihkan dengan kuas, kemudian setelah dilakukan pembersihan silahkan lakukan pengecekan kembali, apakah tombol sudah berpungsi kembali, apabila belum berpungsi maka cara diatas mungkin sudah gagal untuk bisa memperbaiki masalah keyboard tersebut.

Terakhir, apabila cara – cara diatas sudah dilakukan namun masih gagal, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah berikut ini, saya lakukan pada tombol keyboard laptop Lenovo yang bermasalah tombol shift seperti tertekan terus:

Related Posts :  Cara Download Software Windows Gratis, Legal Terjamin Keamanannya

Pada setiap tombol keyboard didalamnya terdapat tombol seperti jel, itulah yang berpungsi sebagai titik dimana apabila ditekan akan mengeluarkan huruf atau angka maupun simbol sesuai perintah yang tertera pada tombol.

Silahkan tekan jel tersebut secara perlahan dan goyang berputar dengan posisi tetap ditahan (lihat vidionya ada diatas) ulang beberapa kali dan kemudian cek lagi dengan keyboard cheker apakah keyboard yang bermasalah sudah normal kembali, untuk saya sendiri pada laptop Lenovo dengan cara ini berhasil membuat keyboard kembali normal, keseluruhan tombol berpungsi kembali termasuk tombol shift yang seperti tertekan terus tadi.

Itulah cara memperbaiki tombol keyboard tidak berpungsi sebagian, contoh diatas adalah pada tombol shift yang seperti tertekan terus, sehingga ketika ingin misalkan mengetik garis miring atau huruf kecil menjadi tidak sesuai, ketik garing yang keluar tanda tanya, begitupun ketika mengetik huruf kecil maka yang keluar huruf besar semua.

Memang tidak semua masalah keyboard bisa diatasi dengan cara – cara diatas, namun tentunya semua harus dicoba sebelum dilakukan penggantian secara keseluruhan keyboard dengan yang baru, apabila memang sudah tidak bisa diperbaiki sendiri, silahkan laptop diserahkan ke ahlinya untuk diperiksa dan diperbaiki, nanti setelah dilakukan pengecekan maka bengkel akan memberitahukan apakah keyboard perlu dilakukan penggantian atau tidak.

Tips memperbaiki tombol keyboard tidak berpungsi sebagian

Tipsnya adalah, ketika bengkel bilang keyboard misalkan bisa diperbaiki, tanya terlebih dahulu berapa biayanya, kemudian silahkan cari harga keyboard baru dan ori, lalu bandingkan dengan biaya perbaikan keyboard, apabila terpaut harga sedikit ya baiknya beli baru saja, tetapi apabila terpaut jauh dan bengkel memberikan garansi maka pilihannya diperbaiki saja dulu.

Keyboard memang adalah salahsatu komponen yang memang vital, bagaimana tidak, keyboard sebagai papan ketik dimana pengguna bisa menghasilkan tulisan yang nantinya bisa dicetak maupun dipublish kemedia lainnya. Ingat keyboard harus selalu dijaga terutama kebersihannya, saya rasa untuk menjaga kebersihannya tidak terlalu sulit untuk dilakukan oleh penggunanya, malas jangan dijadikan alasan kalau enggak mau terjadi kerusakan yan lebih fatal.

Tinggalkan komentar