Masalah migrasi blogspot ke wordpress


Masalah migrasi blogspot ke wordpress dan cara mengatasinya.

Pengalaman pindah dari hosting gratis blogger.com milik Google ke hosting berbayar (sewa) dengan CMS WordPress.

Sebelum saya ulas cara pindah/migrasi blogspot ke wordpress dengan redirect link 301 alangkah baiknya kita pelajari dulu masalah dan cara mengatasinya terlebih dahulu, dengan tahu dulu masalah dari akibat migrasi blogspot ke wordpress ini kita akan lebih siap untuk menghadapinya.

Migrasi blogspot ke WP hal ini tentu bukan tanpa masalah yang akan dihadapi oleh para blogger yang awalnya menggunakan hosting blogger.com sebagai tempat ngeblog dan pada akhirnya setelah mungkin sudah mempunyai pendapatan dari blog itu sendiri banyak yang ingin berpindah ke hosting berbayar seperti sewa hosting dan domain berbayar namun tentunya ini sangat beresiko memiliki masalah.

Beberapa masalah yang paling umum akan dihadapi bila salah satu blogger ingin berpindah hosting dari blogger.com seperti yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini menggunakan WordPress adalah:

  1. Banyaknya link postingan yang eror not found 404, tentunya akan membuat repot bagi blogger dan pastinya banyak memakan waktu untuk memperbaiki satu persatu dari banyaknya postingan yang eror.
  2. Bukan hanya banyak url/link eror not found 404 saja tetapi kita juga harus memperbaiki atau merubah url/link yang disisipkan pada setiap postingan satu per satu
  3. Kehilangan trafik pengunjung untuk beberapa waktu ini sudah pasti
  4. Bagi yang baru mencoba WordPress akan merasakan kembali seperti pada awal-awal ngeblog dulu pada blogger.com

Masalah-masalah diatas akan dihadapi apabila perpindahan disertai memindahkan seluruh postingan blogger.com ke wordpres dan juga melakukan redirect 301 url/link dari blogger.com ke wordpress.

Lain halnya bila hanya memindahkan postingan saja tanpa redirect 301 tentu masalah nomor 1 diatas tidak akan dialami namun akan sama saja dengan kita membuat blog baru dari titik nol, yang berbeda mungkin kita tidak terlalu memikirkan apa yang akan diposting karena sudah ada pada blog lama tinggal dipindah saja.

Ada beberapa cara untuk meminimalisir dan atau mengatasi masalah-masalah diatas, disini akan saya coba ulas satu persatu:

Masalah nomor 1

Mengatasi masalah eror not found 404 pada wordpress dengan menggunakan plugin Redirection silahkan download dan aktifkan terlebih dahulu.

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan tidak perlu mahir koding hanya tinggal temukan url/link yang eror not found 404 pada blog baru dengan cara membuka atau mengcopy url/link satu persatu dari blog yang lama, berikut sekilas caranya:

Pada blogspot lakukan ini: Buka entri > Copy Url/Link postingan dengan cara seperti digambar,

redirect link
(Gambar 1)

Cara setting plugin redirection:

Buka Dasbor blog WordPress arahkan kursor pada Perkakas > Redirection

6i5LHlPTcUcjvRk0T9KPiynHTI1eJT09 7zAG1qqUqJUReDb7Z3e5abbiP7drb00ze62LCXCpWh2wkb8PXBSXfIpUNKulYqvtpwdpkkCe2Ha50DIvmyInINR fmt1XVk7k2qNF3rQsSHhDPBI1wKxHKKsc DT 5393YqjVopl ONiIZ4kyYFOD7AqIJY1rXPMk9wpdE2kpIt K4zaL7Gz1kzugn3TG COkyzZZCtxX 8uWZrrO2BPj1gtT0ohF82YK4FLASZsn54EU6qJaECUhtzrB4TYxI3NAueh0bd5dJwd4QPUdPskOWNn62Rx02932JppifimRLQXmNP47nvDXbQpRuflJLUJCn1yEShVe5wonv1e1UNqmccpg84u91LMxP10pMNaD3sWT5q9s0j2b EL1LTMuKMcEX0GpHNeVI8UJ5QfuvMKlsJDBW40QL60t2yHvPwOfjnW35K6M2rmKd42reG1lIag5MnayH8g1ZxIrGBloBNJnCsOVAbPOsLyl0IcgiZXZlzDk62VbOE0mtN rnZANuOSNkZ4MagO6Swqqf9GVOn4RdH8Z90fwK50H65oUzkxMfLR8xS H9ZZFeQ eehwt0R5iPJAzqTgWjduUL2 GVkd9lG7sZ0iASsP6Uzln0bNjvv4 cuAG6CvjB1t9WVUJyT=w876 h657 no
(Gambar 2)
  1. Masukan atau paste url/link yang sudah di copy tadi pada kolom 1 panah merah (Gambar 3 dibawah ini) > Ganti domain lama pada Url/Link dengan domain baru contoh: https://www.siajun.online/2017/01/cek-keanggotaan-bpjs-dengan-nomor-ktp-nik.html menjadi https://siajun.com/cek-keanggotaan-bpjs-dengan-nomor-ktp-nik-via-sms-online/
  2. Masukan url/link tujuan yang baru pada kolom 2 panah merah (Gambar 3 dibawah ini)
  3. Klik add redirect (Gambar 3 dibawah ini )
  4. Setelah semua Url/Link postingan pada blogspot blogger.com sudah dialihkan dengan benar langkah terakhir adalah memasukan kode javascript ini pada edit HTML templat blogspot blogger.com persis dibawah kode <head> dan pastikan nama domain pada kode javascript diganti dengan domain blog baru yang dituju
  5. Lakukan pengecekan dengan cara membuka Url/Link pada postingan blogspot blogger.com
  6. Pengalihan dengan redirect 301 sudah berhasil.
cara seting plugin redirection
(Gambar 3)

Dengan cara ini perlu kesabaran karena kita harus membuka link di blog lama satu persatu artikel yang sudah di posting untuk memastikan redirect sudah benar.

Masalah nomor 2

Masalah di nomor 2 ini tentunya semakin banyak postingan semakin banyak waktu yang diperlukan untuk memperbaikinya atau mengganti Url/Link yang ngelink ke blog lama karena memang harus di edit pada postingan satu persatu.

Masalah dinomor 2 ini sebenarnya bisa saja dibiarkan karena tentunya bila cara nomor 1 sudah dilakukan dengan benar, semua Url/Link akan dialihkan kembali ke Url/Link postingan blog baru, namun tidak disarankan dibiarkan selamanya.

Bila masalah nomor 2 ini dibiarkan selamanya maka bila terjadi masalah pada blog lama blog baru akan terkena imbasnya. Semisal blog lama dihapus tentunya ini akan menjadi mengarah ke Url/Link tidak valid, dan ini juga akan mejadi ketergantungan blog baru pada blog lama karena masih adanya Url/Link yang mengarah ke blog lama.

Sebaiknya postingan diperbaiki satu persatu bukan hanya pada link keluar saja tetapi juga bila menggunakan Theme khusus AMP seperti yang saya gunakan, ini menjadi wajib dilakukan karena nantinya situs menjadi tidak valid AMP yang terpengaruh oleh salah satunya adalah postingan gambar dan beberapa kode tidak sesuai AMP yang ikut ter-import dari blogspot atau blog lama .

Masalah nomor 3

Kehilangan trafik pengunjung sebetulnya ini sudah bisa disiasati dengan melakukan redirect link 301 seperti sudah dijelaskan diatas. Pengunjung akan tetap menemukan apa yan mereka cari pada blog baru walaupun memang penurunan trafik akan tetap dialami tetapi akan lebih baik daripada membuat blog baru tanpa redirect atau pengalihan dari blog lama yang sudah memiliki pengunjung.

Blog baru akan tetap blog baru yang akan diawali dari trafik nol pengunjung. Dan yang sudah memiliki trafik pengunjung adalah tetap blog yang lama yang dialihkan ke blog baru dengan harapan tentunya lama kelamaan dengan kesabaran dan terus berusaha blog baru akan mendapatkan trafik pengunjungnya sendiri tanpa bergantung pada blog yang lama.

Masalah nomor 4

Pada masalah nomor 4 tentunya hal yang wajar pada setiap sesuatu yang baru, namun seiring waktu dengan terus dipelajari dan dipelajari akan terbiasa dan menjadi bisa karena terbiasa.

Itulah beberapa masalah yang akan dihadapi oleh seorang blogger yang migrasi dari blogspot ke wordpress dan juga cara mengatasi masalah tersebut.

Setelah tahu masalah yang akan dihadapi tentunya banyak para blogger yang mungkin berpikir 2 kali sebelum melakukan hal ini dan menundanya sampai benar-benar yakin. Tetapi dengan adanya solusi yang saya berikan diatas yang terbilang mudah untuk dilakukan mungkin akan jadi pertimbangan juga bagi Anda yang berniat pindah tempat ngeblog.

Sekian terkait ulasan Masalah migrasi blogspot ke wordpress dan cara mengatasinya.


2 pemikiran pada “Masalah migrasi blogspot ke wordpress”

Tinggalkan komentar