Maintenance Box Printer L1455 Eror: Penyebab, Cara Memperbaikinya

Diposting pada

Maintenance Box Printer L1455 Eror – Pengguna printer L1455 pasti pernah atau akan mengalami kode eror maintenance box is at the end of its service life > You need to replace it > maintenance box T611, awalnya ada notif gambar tinta dengan warna kuning diatas layar pannel control, printer masih bisa digunakan untuk scan, copy, print normal seperti biasa, selanjutnya bila status notifikasi sudah berwarna merah maka printer sudah tidak bisa digunakan untuk copy, print, untuk scan sendiri masih bisa dipungsikan dengan komputer.

Awal mula printer mengalami eror, sebelumnya printer baik-baik saja untuk copy dan print hitam putih, kemudian printer digunakan untuk print out warna hasilnya ternyata jelek dengan garis-garis dan warnanya tidak muncul selain hitam saja. Mengetahui hasilnya jelek printer dilakukan maintenance > power ink flushing > head cleaning, setelah maintenance munculah notif berwarna kuning bahwa box maintenance sudah mendekati batas pemakaian dan harus dilakukan penggantian, karena masih bisa digunakan printer tetap digunakan, minggu berikutnya karena mau digunakan print out warna maka saya cek print terlebih dahulu ternyata masih ada warna terputus lalu lakukan head cleaning, disinilah printer tidak bisa digunakan dengan notifikasi pada layar harus ganti maintenance box, notifikasi warna merah dan printer pun memberikan sinyal lampu status kedip kedip, bila lampu status sudah kedip-kedip dan notifikasi pada pannel layar sudah merah juga, maka printer tidak bisa digunakan untuk cetak atau print out sebelum dilakukan pengantian maintenance box, printer masih bisa digunakan dipungsikan dengan komputer untuk scanner seperti disebutkan diatas, dan bila ingin print out maka harus menggunakan printer lain.

Apa penyebab muncul eror?

Penyebab muncul eror ini adalah chip pada maintenance box sudah mendeteksi bahwa sudah mendekati habisnya masa pakai, untuk notif warna kuning, dan apabila notif sudah berubah warna merah maka masa pakainya sudah benar-benar habis dan harus diganti, printer pun tidak lagi bisa digunakan cetak dokumen atau yang lainnya, walaupun printer dalam keadaan hidup secara normal.

Bagi pengguna Epson L1455 tidak usah khawatir dengan keadaan ini, untuk printer epson L1455 memang semua akan mengalami hal ini setelah sampai batas maksimal pemakain yang ditentukan, maintenance box adalah wadah untuk pembuangan sisa tinta hasil pencetakan bila sudah penuh maka harus dilakukan penggantian.

Apa bisa dilakukan pembuangan atau pembersihan tinta pada maintenance bok tanpa menggantinya?

Bisa dibersihkan, namun tetap idak bisa digunakan” karena dalam paket maintenance sudah ada chip yang tentunya sudah diprogram sesuai masa pakainya, maintenance boxnya sendiri memang bisa dibersihkan dan dipasang kembali, tetapi masalahnya adalah pada chipnya.

Bila ingin mencoba membuang atau membersihkannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan obeng min kecil 2 buah, siapkan juga sarung tangan plastik bila tidak ingin kotori tangan dengan tinta.
  • Matikan printer terlebih dahulu, jangan cabut maintenance box saat printer menyala.
  • Silahkan buka penutup bagian belakang printer, seperti biasanya untuk mencabut kertas apabila kena macet.
  • Bisa terlihat ada seperti kotak persis disamping, posisinya seperti pada gambar dibawah.
  • Silahkan tarik keluar box secara perlahan.
maintenance box printer l1455
  • Setelah terlepas silahkan lakukan pembukaan penutup maintenance box dengan 2 obeng kecil yang sudah disiapkan, bisa dilihat pada gambar.
maintenance box printer l1455
  • Ingat posisi busa, lalu copot busa satu persatu, box atau chip jangan sampai terkena air, pembersihan bisa dilakukan dengan cara diperas, namun dengan cara ini akan membuat si busa menjadi tipis karena terperas, dan baiknya sebelum dimasukan kembali harus dalam posisi busa mengembang supaya penyerapan tinta lebih optimal.
  • Dengan cara membersihkannya dengan air sampai tinta bersih lalu keringkan sampai benar-benar kering.

Diatas kenapa saya bilang bisa, tentunya bisa box maintenance dibersihkan tapi setelah dilakukan pembersihan maintenance box printer epson, maka ada yang harus dilakukan selanjutnya, yaitu mereset chip pada maintenance box, untuk melakukannya harus ada part yang dibeli yaitu reseter, ini sama saja pengguna harus mengeluarkan uang untuk membeli reseter epson ini, harganya dikisaran hampir sama dengan harga maintenance box yang versi harga murah, jadi rekomedasinya adalah lakukan penggantian. Mungkin kelebihan dari membeli reseternya daripada maintenance boxnya adalah, kita beli satu kali untuk selamanya, ketika suatu saat maintenance box eror lagi maka reseter tinggal gunakan lagi tanpa harus beli, tapi kita harus melakukan pembersihan terlebih dahulu maintenance box dari tinta buangan.

Bila dilakukan penggantian, berapa harga untuk unit maintenance box epson L1455?

Untuk harga 1 unit maintenance box printer Epson L1455 sekitar 400rb sampai dengan 500rb di toko online, ini harga untuk unit originalnya, bagi yang mungkin terkendala harga bisa coba dengan versi harga murahnya sekitar 100rb sampai dengan 200rban, tentunya ini bukan originalnya.

Bagimana cara memperbaikinya?

Cara memperbaikinya yaitu tadi dengan cara mengganti maintenance box dengan yang baru, mungkin sementara waktu, bagi pengguna Epson L1455 apabila sudah mendapati notif kuning untuk ganti maintenance box baiknya jangan dilakukan head cleaning atau pun power ink flushing seperti sudah dijelaskan pada awal mula printer Epson L1455 yang saya gunakan mengalami hal ini, bahkan muncul notif maintenance box warna kuning pun setelah saya melakukan power ink flushing dan head cleaning, mungkin dengan melakukan power flushing atau head cleaning itu bisa mempercepat masa pakainya maintenance box ini, logikanya iya juga” bisa diprediksi apabila sering power flushing maka lebih banyak tinta yang dibuang dan masuk pada wadah pembuangan maintenance box ini.

Lakukan penggantian dengan yang baru, saya akan rekomendasikan toko untuk membelinya di toko online, barangnya sudah saya coba sendiri dan benar-benar cocok untuk printer epson L1455 yang saya miliki, printer epson L1455 saya kembali normal seperti semula, tidak ada notif kuning apalagi merah. Berikut model atau bentuk dari maintenance box yang saya beli dengan harga Rp.165.000,- ditoko online shopee ini, saat saya beli untuk pengiriman saya menggunakan promo gratis ongkir.

Bagian chip yang versi harga murah terlihat berbeda ukuran lebih panjang, tetapi jangan khawatir tetap sama, soket kompasibel dengan L1455.

maintenance box printer l1455

Apabila dilihat dari atas terlihat sama persis ukurannya, berbeda tidak ada merk epson dan juga untuk versi murahnya lebih terlihat ringkih, mungkin karena bahannya yang berbeda.

maintenance box printer l1455

Untuk printer L1455 memang sudah tidak diragukan lagi, printer ini memiliki masa garansi 2 tahun, untuk saya sendiri sudah hampir 3 tahun memakai printer ini, baru dalam 3 hari ini ada kendala, kendalanya pun bukan karena ada masalah pada printer yang tidak normal, namun masalahnya memang sudah di set dari sananya, maintenance box sudah habis masa pakainya dan mengaharuskan diganti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *